5 Jenis Jamur Beracun Paling Mematikan di Dunia

Image title
5 Oktober 2022, 13:27
Jenis jamur beracun
unspalsh.com
Jenis jamur beracun

Banyak sekali orang yang memperdebatkan apakah jamur tergolong tumbuhan atau bukan. Meski begitu, organisme ini sangat unik dan juga beberapa spesiesnya merupakan jenis jamur beracun.

Jamur merupakan organisme yang memperoleh makanannya dengan bergantung pada mahluk hidup lain. Hal ini karena jamur tidak bisa melakukan fotosintesis layaknya tumbuhan pada umumnya. 

Advertisement

Berdasarkan manfaatnya, jamur dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok. Pertama yaitu jamur edibel (semua jenis jamur yang bisa dimakan), kedua adalah jamur obat, serta ketiga merupakan jenis jamur beracun.

Uniknya dalam beberapa kasus, jenis jamur beracun dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Misalnya seperti lingzhi, maitake, dan enokitake. Jenis jamur beracun tersebut harus diolah dengan metode tertentu, sehingga aman dikonsumsi manusia.

Untuk mengenal seperti apa jenis jamur beracun, simak ciri-ciri dari jenis jamur beracun berikut ini:

Ciri-ciri Jenis Jamur Beracun

Ilustrasi Jamur dan Lumut
Ilustrasi Jamur dan Lumut (pixabay.com/ Heiko Stein)

 

Dikutip dari laman BBPP Kupang, berikut ini merupakan enam ciri fisik yang paling umum dimiliki jenis jamur beracun:

  • Jenis jamur beracun akan tumbuh di tempat kotor.
  • Memiliki aroma busuk atau amonia.
  • Warna tubuh buah sangat bervariasi. Misalnya berwarna merah, kuning terang, putih, hitam legam, hingga jingga.
  • Di bagian pangkal batang biasanya terdapat cincin atau cawan.
  • Akan meninggalkan noda hitam atau biru saat dipotong dengan pisau stainless steel.
  • Mengalami perubahan warna ketika dimasak.

Jamur sudah sejak lama menjadi bahan pangan alternatif untuk dikonsumsi. Sebab, wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia merupakan habitat alami yang sangat cocok bagi pertumbuhan jamur.

Sayangnya, tidak semua jamur aman dikonsumsi. Hanya ada beberapa jenis jamur yang bisa dimakan.

Guna menghindari salah pilih jamur, sebaiknya jangan pernah mencoba untuk mengidentifikasi jamur secara mandiri tanpa didampingi oleh ahlinya. 

Jenis jamur beracun memiliki ciri yang cukup mencolok. Bukan saja dari segi warna, mereka punya bintik-bintik di bagian tudungnya. Jika diraba atau dipotong, biasanya jamur tersebut akan mudah hancur serta  mengeluarkan getah.

Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia

Adegan seseorang memakan sebuah jamur, kemudian mengalami keracunan merupakan scene yang umum ditampilkan pada film-film bergenre adventure. Salah satunya, adegan saat tersesat di alam liar, seseorang membutuhkan asupan makanan ketika perbekalannya habis. 

Situasi genting seperti itu, membuat tumbuhan dan organisme yang ada di hutan menjadi makanan alternatif. Namun, jangan pernah sekali-sekali Anda mengonsumsi jenis jamur beracun, karena akan memberikan efek buruk kepada orang yang memakannya. Bahkan, pada beberapa kasus akan menyebabkan kematian.

Mengutip Britannica dan sumber lainnya, berikut lima jamur paling mematikan di dunia. 

1. Jenis Jamur Beracun Death Cap atau Amanita phalloides

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan di BC Medical Journal, Death Cap merupakan jenis jamur paling beracun di dunia. Alasannya karena Amanita phalloides bertanggungjawab atas 90% kematian terkait jamur di dunia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement