Cara Menghubungkan Laptop ke TV serta Perangkat Pendukungnya

Ghina Aulia
5 Oktober 2022, 10:17
Cara menghubungkan laptop ke TV
pexels/cottonbro
ilustrasi dua orang menonton TV

Keterbatasan tayangan di televisi berhasil mendorong perkembangan teknologi alternatif untuk menonton. Salah satunya dengan merefleksikan tampilan layar laptop ke layara televisi. 

Untuk mengetahui cara menghubungkan laptop ke TV, terdapat beberapa ketentuan, mulai dari cara dan tahapan, hingga perangkat yang dibutuhkan. 

Tak hanya untuk menyaksikan hiburan, laptop yang terkoneksi dengan televisi umumnya bisa digunakan untuk presentasi. Adapun proses koneksi tersebut memerlukan media berupa kabel HDMI atau High-Definition Multimedia Interface.

Melansir situs Tech Target, HDMI adalah spesifikasi yang dapat menggabungkan video dan audio yang diputar menggunakan teknologi digital versatile disc, pemutar televisi digital, decoder dan perangkat audiovisual lainnya.

Diketahui bahwa HDMI menggunakan teknologi High Bandwidth Digital Content Protection (HDCP) dan Digital Visual Interface (DVI). Itu semua berguna untuk menjaga konten yang ditransmisikan, tertangkap oleh layar tujuan secara akurat.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara menghubungkan laptop ke TV, berikut beberapa perangkat yang bisa Anda gunakan beserta penjelasannya, sebagaimana dilansir dari KompasTekno:

Kabel HDMI

Melalui kabel HDMI, tampilan pada laptop akan terefleksi secara real-time pada televisi. Menariknya, teknologi ini tidak hanya dapat diterapkan pada televisi saja, melainkan juga untuk kebutuhan transfer audio dan visual yang lebih akurat. Berikut cara lengkapnya:

  1. Pastikan laptop dan TV dalam keadaan menyala
  2. Colok kabel HDMI port laptop
  3. Sambungkan ke port di TV
  4. Setting pada TV dengan menggunakan remote
  5. Jika sudah selesai, tampilan di laptop akan terlihat di TV

Pada pengaturan televisi tertentu, tampilan akan otomatis muncul tanpa harus di-setting. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan resolusi sesuai dengan keinginan. Perlu diketahui juga bahwa menggunakan kabel HDMI ini umumnya berlaku pada HDTV atau Smart TV.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...