Contoh Iklan Baris Beserta Fungsi dan Jenisnya

Ghina Aulia
6 Oktober 2022, 21:25
Contoh iklan baris
pexels/Nappy
ilustrasi orang memegang koran

Perkembangan media massa meliputi banyak hal, mulai dari perangkat, arah komunikasi, distribusi dan berbagai hal penting lainnya. Tak terkecuali metode promosi yang erat kaitannya dengan media, di mana keduanya saling bersinggungan.

Salah satu media promosi yang kerap digunakan adalah iklan baris. Kehadiran media promosi satu ini terbilang sudah cukup lama dan cukup ampuh mengenalkan produk kepada masyarakat. Contoh iklan baris umumnya bisa Anda temukan pada media cetak seperti koran. 

Advertisement

Pengertian Iklan

Mengutip laman Adjust.com, iklan adalah sarana komunikasi untuk memasarkan produk, merek atau jasa agar diminati masyarakat sehingga mendorong angka penjualan produk. Iklan merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pemasaran produk barang ataupun jasa.

Metode tersebut mampu menjangkau audiens dengan baik. Kehadiran iklan akan memberikan dampak pada kelangsungan bisnis perusahaan. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan.

Terdapat banyak cara untuk menyebarluaskan iklan dengan berbagai strategi menarik. Sangat berguna untuk pengenalan brand atau perusahaan, iklan umumnya dikonsep secara matang sebelum dikenalkan kepada masyarakat. 

Adapun mengutip laman Merriam Webster, iklan baris diartikan sebagai sarana komunikasi yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Contoh iklan baris biasanya muncul di bawah judul kategori, di bagian publikasi dan terdiri dari daftar deskriptif dalam jenis teks.

Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan baris adalah iklan kecil yang terdiri dari beberapa baris yang muncul di sebuah kolom. Di mana, iklan baris umumnya dimuat dalam surat kabar atau koran. 

Iklan baris juga memiliki beberapa karakteristik khas yang menjadi keunggulan dan kelemahannya. Meski begitu, tetap saja media komunikasi satu ini sempat menjadi salah satu metode paling efektif pada zamannya.

Salah satu keunggulan dari iklan baris adalah biayanya yang murah. Tarif dapat dihitung dari jumlah baris, kalimat dan atau karakter yang dimuat dalam konten promosi tersebut. Cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan barang, layanan atau butuh jasa tertentu tanpa harus berbelit-belit.

Karakteristik Iklan Baris

Melansir laman Gramedia Literasi, berikut ini adalah karakteristik iklan baris yang perlu diketahui:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement