Musim adalah Pembagian Waktu dalam Setahun, Berikut Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 23:44
Musim adalah waktu tertentu yang dipengaruhi oleh iklim
www.nickleelectrical.com
Ilustrasi musim gugur

Iklim yang ada di bumi dibagi menjadi dua yaitu iklim subtropis dan tropis. Musim yang ada di bumi ini bermanfaat untuk menstabilkan suhu. Sehingga manusia dan makhluk hidup dapat bertahan hidup.

Setiap musim di suatu wilayah berperan dalam kebutuhan. Contohnya saja ketika musim dingin, hewan melakukan hibernasi (tidur) selama satu musim. Ketika musim semi beberapa hewan mencari makan.

Iklim subtropis dibagi menjadi empat musim yaitu musim dingin, musim gugur, musim semi, dan musim panas. Sementara iklim tropis dibagi menjadi dua yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Pengertian Musim 

Musim adalah waktu tertentu yang berkaitan dengan iklim. Musim ditentukan oleh durasi sinar matahari, ekologi, geografis, dan perubahan cuaca.  Menurut nationalgeographic.org, musim adalah waktu dalam setahun yang dibedakan kondisi iklim. Menurut para ahli, iklim mengakibatkan terjadinya musim dalam setahun.

Pengertian iklim yaitu rata-rata cuaca di atmosfer dalam waktu lama dan kawasan luas. Mengutip dari Ilmugeografi.com, musim adalah interval waktu dengan cuaca yang memiliki gejala ekstrim. Musim disebut juga variasi pada kondisi cuaca tertentu.

Beberapa wilayah memiliki musim yang berbeda. Penyebab perbedaan musim karena bumi berotasi dengan posisi miring di porosnya. Bumi mengitari matahari sesuai garis lintasan.

Sehingga terjadi perbedaan intensitas cahaya matahari. Contohnya saja wilayah yang mendapat garis khatulistiwa mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Selain itu terdapat perbedaan musim di garis khatulistiwa, belahan bumi utara, dan selatan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...