10 Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh

Image title
11 Oktober 2022, 16:31
manfaat senam lantai
Pexels.com

Senam lantai merupakan salah satu bagian senam artistik. Olahraga ini mengandalkan seluruh badan, sehingga manfaat senam lantai bagi tubuh dapat menjaga kekuatan dan kelenturan tulang.

Disebut senam lantai karena semua gerakan pada olahraga ini, dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras. Senam lantai dijalankan oleh individu maupun beregu.  

Advertisement

Gerakan senam lantai bisa dilakukan dengan kombinasi terpadu. Pada pertandingan resmi, para atlet diharuskan untuk mempraktekan gerakan bebas dan wajib.

Biasanya pesenam profesional sudah hafal betul teknik dari gerakan senam lantai. Saat bertanding, dia akan menunjukan keterampilan yang bertumpu pada keseimbangan, kekuatan, lompatan, salto dan lain sebagainya.

Senam lantai sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga pola hidup sehat. Pasalnya, manfaat senam lantai bagi tubuh sangat berguna untuk menjaga kebugaran fisik.

Bila konsisten menjalankannya, manfaat senam lantai bagi tubuh bakal langsung terasa.

Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh 

Senam lantai  dapat diartikan sebagai bentuk latihan fisik dengan menerapkan gerakan tertentu. Tujuan utama dari olahraga ini untuk meningkatkan daya tahan hingga koordinasi tubuh.

Selain itu, manfaat senam lantai bagi tubuh bakal memberikan bentuk badan ideal serta memelihara kesehatan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini merupakan contoh dari manfaat senam lantai bagi tubuh jika Anda rutin melakukannya:

1. Membangun Otot

Memiliki massa otot yang ideal merupakan dambaan bagi sebagian besar pria. Mengingat hal ini sangat berperan besar pada penampilannya.

Untuk memperoleh bentuk fisik yang bagus, beberapa gerakan dasar senam lantai mampu mengembangkan massa otot dengan baik. Meski efeknya tidak begitu signifikan.

Pada waktu luang, Anda dapat mencoba beberapa latihan paling dasar seperti push up dan crunch. Gerakan ini berguna membangun serta mengencangkan otot di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Mengutip buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, tujuan utama senam yaitu untuk meningkatkan kekuatan serta kelenturan fisik. Dengan kata lain, manfaat senam lantai bagi tubuh salah satunya adalah melatih fleksibilitas badan Anda.

Gerakan peregangan statis pada senam lantai, bisa meningkatkan jangkauan di berbagai bagian tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement