12 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Jenisnya

Image title
12 Oktober 2022, 06:11
Ilustrasi, contoh iklan layanan masyarakat
kwbcsulbagtara.beacukai.go.id
Ilustrasi, contoh iklan layanan masyarakat

Iklan sering ditampilkan di berbagai media. Aturan mengenai iklan tercantum dalam Undang-undang (UU) No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Dalam peraturan tersebut, siaran iklan adalah siaran informasi yang bersifat komersial dan layanan masyarakat tentang tersedianya jasa, barang, dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak dengan atau tanpa imbalan kepada lembaga penyiaran yang bersangkutan.

Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya iklan layanan masyarakat. Berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002, iklan layanan masyarakat adalah siaran iklan non komersial yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan gagasan, cita-cita, anjuran, dan/atau pesan-pesan lainnya kepada masyarakat untuk mempengaruhi khalayak agar berbuat dan/atau bertingkah laku sesuai dengan pesan iklan tersebut.

Iklan layanan masyarakat dapat berisi perintah pada masyarakat berupa suruhan, larangan, imbauan, dan saran. Biasanya, iklan ini ditampilkan menggunakan sarana gambar dan tulisan. Iklan layanan masyarakat disebut juga dengan istilah Public Service Announcement (PSA).

Mengutip buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster (2020), terdapat beberapa kriteria iklan layanan masyarakat, yaitu:

  • Tidak bersifat komersil.
  • Bersifat umum.
  • Diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat.
  • Diajukan oleh organisasi yang diterima atau diakui.
  • Memiliki dampak dan kepentingan tinggi.

Berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002, Lembaga Penyiaran wajib menyediakan waktu untuk siaran iklan layanan masyarakat. Waktu siaran iklan layanan masyarakat untuk Lembaga Penyiaran Swasta paling sedikit 10% dari siaran iklan niaga. Sementara Lembaga Penyiaran Publik menyediakan paling sedikit 30% dari siaran iklannya.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat antara lain iklan keluarga berencana, bahaya merokok, narkoba, hemat energi, hemat air, hemat listrik, dan sebagainya. Adapun contoh iklan layanan masyarakat dapat dipahami sebagai berikut.

1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Covid-19

(bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id)

2. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan Pungli

(bappeda.cilacapkab.go.id)

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Memakai Gadget Berlebihan

(kemenppa.go.id)

4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Campak dan Rubella

(dinkes.acehprov.go.id)

5. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang New Normal

(kominfo.cilacapkab.go.id)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...