Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam dan Penjelasan Strukturnya

Ghina Aulia
12 Oktober 2022, 14:00
Contoh teks eksplanasi fenomena alam
pexels/Pawel Fijalkowski
ilustrasi pelangi

Teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi penjelasan tentang suatu hal. Salah satu pembahasan yang paling umum adalah fenomena alam.

Sifatnya ilmiah dan sudah jelas kebenarannya. Meski begitu, tulisan jenis ini juga bisa membahas tentang fenomena sosial dan budaya dan bersifat dinamis.

Namun kali ini kami akan lebih banyak membahas tentang penjelasan dan contoh teks eksplanasi fenomena alam. Sebelum ke situ, di bawah ini akan menjelaskan secara singkat mengenai apa itu teks eksplanasi dan hal yang berkaitan.

Menurut Knapp dan Watkins (2005), teks eksplanasi adalah tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu hal terjadi. Penjelasan tersebut termuat dalam bukunya yang berjudul Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing.

Sedangkan Kosasih (2014) juga memiliki pandangan yang hampir serupa. Ia menyatakan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan peristiwa tentang asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena.

Di samping itu, Anderson (2008) mengemukakan bahwa teks jenis ini menyajikan penjelasan mengenai peristiwa. Meliputi proses dan latar belakangnya. Mengenai bagaimana dan mengapa peristiwa bisa terjadi secara logis.

Tak hanya itu, Anderson juga menyebutkan tiga unsur yang umumnya membangun sebuah teks eksplanasi. Di antaranya adalah pernyataan pengantar, pernyataan serangkaian penjelasan dan pernyataan kesimpulan dari.

Meski begitu, umumnya struktur teks eksplanasi yang kita ketahui memiliki istilah yang berbeda. Namun penjelasannya hampir serupa. Berikut ini adalah strukturnya:

1. Pernyataan Umum

Biasanya berisi gambaran atau asumsi umum terkait peristiwa atau fenomena yang sedang dibahas. Paragraf ini sangat berpengaruh terhadap pandangan pembaca setelahnya.

2. Eksplanasi

Bagian ini adalah tidak lain penjelasan mengenai peristiwa. Bagaimana dan mengapa bisa terbentuk atau terjadi.

3. Interpretasi

Tidak semua teks eksplanasi memuat interpretasi, bagian ini berisi tentang kesimpulan dari pandangan sang penulis.

Contoh Teks

Setelah membahas mengenai definisi dan struktur, di bawah ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam yang dapat Anda jadikan rujukan. Merangkum dari situs Sonora dan Ruang Guru, berikut ini adalah contoh-contohnya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement