Contoh Iklan Komersial Disertai Jenis dan Cirinya

Ghina Aulia
13 Oktober 2022, 15:41
Contoh iklan komersial
pexels
ilustrasi billboard

Iklan adalah salah satu media untuk memasarkan produk atau jasa. Salah satu metode promosi ini, biasanya dikemas semenarik mungkin agar mencapai tujuannya. Dalam membuat iklan juga membutuhkan konten yang sesuai target pasar, serta lengkap dengan berbagai informasi penting.

Contoh iklan komersial yang baik dapat membuat konten yang sesuai dengan targetnya, lengkap dengan informasi yang ingin disampaikan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui lebih jauh definisi dan karakteristik iklan yang patut diketahui.

Sesuai dengan namanya, iklan komersial bertujuan untuk meraup keuntungan, dan umumnya dibuat berdasarkan permintaan perusahaan penyedia produk atau jasa. Dengan begitu, bisa dikatakan iklan komersial menjadi salah satu iklan yang banyak ditemui, dengan orientasi adalah pemasaran.

Iklan Menurut Ahli 

Sebelum mengetahui contoh iklan komersial, akan lebih baik untuk mengenal lebih dulu definisi iklan. Menurut Jefkin (2011), iklan adalah sesuatu yang bertujuan untuk membuat kita mengetahui apa yang ingin kita jual atau kita beli.

Sedangkan Eva Arif (2010), menyebutkan iklan adalah hasil kreativitas dan bentuk promosi atau sarana komunikasi yang menyampaikan pesan dari produsen kepada konsumen.

Dari beberapa pendapat ahli tersebut, bisa disimpulkan bahwa, meski tak selalu bersifat komersial, iklan akan selalu berkaitan erat dengan unsur promosi, jual beli, produsen dan konsumen. Dengan begitu, iklan relatif merujuk pada promosi barang maupun layanan yang dibuat produsen. Adapun tujuan dari iklan komersial adalah untuk memengaruhi dan menggaet konsumen.

Sedangkan menurut Agus Hermawan (2012), tujuan dibuatnya iklan adalah meminimalkan kelemahan dan memaksimalkan kekuatan, bukan menipu atau membohongi konsumen. Untuk itu, iklan sebaiknya dibuat secara realistis, dengan menonjolkan keunggulan produk tanpa mengada-ngada.

Kembali pada pembahasan awal dan melansir laman Imaji.co, iklan komersial adalah iklan yang bertujuan menyampaikan pesan tentang suatu produk atau layanan jasa kepada audiens. Tidak lain adalah untuk menarik minat masyarakat.

Eva Arifin (2010) berpendapat bahwa iklan komersial adalah iklan yang dibuat untuk menciptakan suatu pesan hasil produk dari produsen kepada konsumen. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendorong daya beli publik terhadap produk tertentu atas citra kualitas produk itu sendiri.

Jika ada iklan komersial, tentu juga ada yang namanya iklan non komersial. Tujuan pembuatannya berkebalikan dengan komersial. Jenis ini juga dikenal dengan nama iklan layanan masyarakat.

Masih menurut Eva Arifin (2010), iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan sebagai bentuk penyampaian program sosial kebutuhan publik untuk menggalang atensi dan kepedulian. Umumnya menampilkan keadaan sosial.

Ciri dan Jenis Iklan Komersial

Melansir dari situs Imaji.co, iklan komersial memiliki beberapa ciri, di antaranya adalah:

  1. Menggunakan pemilihan diksi yang mudah dipahami dan menarik bagi audiens
  2. Menggunakan kata atau kalimat yang memiliki sifat persuasif
  3. Menjelaskan dan menawarkan produk atau layanan jasa dari sebuah perusahaan tertentu

Dari segi fungsi juga cukup spesifik. Tidak lain adalah untuk mendorong dan meyakinkan untuk membeli produk. Selain itu, juga memberi informasi terkait produk atau jasa. Secara tidak langsung dapat menaikan brand awareness.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement