Contoh Iklan Komersial Disertai Jenis dan Cirinya

Contoh iklan komersial akan Anda butuhkan sebelum membuat iklan. Dengan begitu, produk yang dipasarkan dapat dengan mudah dikenal.
Image title
13 Oktober 2022, 15:41
Contoh iklan komersial
pexels
ilustrasi billboard

Iklan adalah salah satu media untuk memasarkan produk atau jasa. Salah satu metode promosi ini, biasanya dikemas semenarik mungkin agar mencapai tujuannya. Dalam membuat iklan juga membutuhkan konten yang sesuai target pasar, serta lengkap dengan berbagai informasi penting.

Contoh iklan komersial yang baik dapat membuat konten yang sesuai dengan targetnya, lengkap dengan informasi yang ingin disampaikan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui lebih jauh definisi dan karakteristik iklan yang patut diketahui.

Sesuai dengan namanya, iklan komersial bertujuan untuk meraup keuntungan, dan umumnya dibuat berdasarkan permintaan perusahaan penyedia produk atau jasa. Dengan begitu, bisa dikatakan iklan komersial menjadi salah satu iklan yang banyak ditemui, dengan orientasi adalah pemasaran.

Iklan Menurut Ahli 

Sebelum mengetahui contoh iklan komersial, akan lebih baik untuk mengenal lebih dulu definisi iklan. Menurut Jefkin (2011), iklan adalah sesuatu yang bertujuan untuk membuat kita mengetahui apa yang ingin kita jual atau kita beli.

Advertisement

Sedangkan Eva Arif (2010), menyebutkan iklan adalah hasil kreativitas dan bentuk promosi atau sarana komunikasi yang menyampaikan pesan dari produsen kepada konsumen.

Dari beberapa pendapat ahli tersebut, bisa disimpulkan bahwa, meski tak selalu bersifat komersial, iklan akan selalu berkaitan erat dengan unsur promosi, jual beli, produsen dan konsumen. Dengan begitu, iklan relatif merujuk pada promosi barang maupun layanan yang dibuat produsen. Adapun tujuan dari iklan komersial adalah untuk memengaruhi dan menggaet konsumen.

Sedangkan menurut Agus Hermawan (2012), tujuan dibuatnya iklan adalah meminimalkan kelemahan dan memaksimalkan kekuatan, bukan menipu atau membohongi konsumen. Untuk itu, iklan sebaiknya dibuat secara realistis, dengan menonjolkan keunggulan produk tanpa mengada-ngada.

Kembali pada pembahasan awal dan melansir laman Imaji.co, iklan komersial adalah iklan yang bertujuan menyampaikan pesan tentang suatu produk atau layanan jasa kepada audiens. Tidak lain adalah untuk menarik minat masyarakat.

Eva Arifin (2010) berpendapat bahwa iklan komersial adalah iklan yang dibuat untuk menciptakan suatu pesan hasil produk dari produsen kepada konsumen. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendorong daya beli publik terhadap produk tertentu atas citra kualitas produk itu sendiri.

Jika ada iklan komersial, tentu juga ada yang namanya iklan non komersial. Tujuan pembuatannya berkebalikan dengan komersial. Jenis ini juga dikenal dengan nama iklan layanan masyarakat.

Masih menurut Eva Arifin (2010), iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan sebagai bentuk penyampaian program sosial kebutuhan publik untuk menggalang atensi dan kepedulian. Umumnya menampilkan keadaan sosial.

Ciri dan Jenis Iklan Komersial

Melansir dari situs Imaji.co, iklan komersial memiliki beberapa ciri, di antaranya adalah:

  1. Menggunakan pemilihan diksi yang mudah dipahami dan menarik bagi audiens
  2. Menggunakan kata atau kalimat yang memiliki sifat persuasif
  3. Menjelaskan dan menawarkan produk atau layanan jasa dari sebuah perusahaan tertentu

Dari segi fungsi juga cukup spesifik. Tidak lain adalah untuk mendorong dan meyakinkan untuk membeli produk. Selain itu, juga memberi informasi terkait produk atau jasa. Secara tidak langsung dapat menaikan brand awareness.

Iklan komersial biasanya dibuat sedemikian rupa agar menarik. Dengan begitu, audiens dapat menangkap pesan dengan baik. Tujuan akhirnya untuk meningkatkan penjualan.

Tak heran ketika pembuatan iklan juga memerlukan proses yang panjang. Karena sangat berpengaruh terhadap hasilnya nanti.

Biasanya melalui proses brainstorming dan akan dikerjakan setelahnya. Selain itu, wadah publikasinya juga perlu diperhatikan. Harus sesuai dengan audiens yang disasar. Pasalnya media sekarang sangat berperan penting.

Mengutip dari situs Wisegeek, berikut ini adalah ciri spesifik dari iklan komersial:

  1. Menggunakan pemilihan diksi yang mudah dipahami dan menarik
  2. Menggunakan kata atau kalimat yang bersifat persuasif
  3. Menjelaskan dan menawarkan produk jasa dari sebuah perusahaan

Menariknya, iklan komersial memiliki beberapa jenis dengan tujuannya masing-masing. Berikut penjelasannya:

1. Iklan komersial strategi

Iklan komersial strategi berupaya membangun sebuah merek atau brand dengan menonjolkan keunggulan suatu produk. Iklan ini bertujuan untuk mempertahankan konsumen hingga masa mendatang.

2. Iklan komersial taktis

Iklan komersial taktis adalah iklan yang mendesak konsumen agar segera melakukan kontak dan membeli produk. Menawarkan produk dengan promosi menarik dalam waktu singkat agar konsumen segera memberi respon.

Contoh Iklan Komersial 

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan contoh iklan komersial agar Anda lebih mudah memahaminya. Beberapa contoh berasal dari merek terkenal yang banyak akrab dengan masyarakat. 

1. Sprite

IKLAN SPRITE
IKLAN SPRITE (Sprite)


Merupakan salah satu merek minuman yang paling terkenal di Indonesia, Sprite menjadi salah satu yang rutin mempublikasikan iklan komersial. Biasanya muncul di televisi dan sosial media.

2. Uniqlo

IKLAN UNIQLO
IKLAN UNIQLO (Uniqlo)


Uniqlo merupakan brand fashion internasional yang memiliki cabang di berbagai negara. Sebagai bentuk promosi, mereka juga kerap membuat iklan komersial.

3. Grab

IKLAN GRAB
IKLAN GRAB (Grab)


Salah satu start-up yang bergerak di bidang transportasi online, Grab juga melakukan iklan promosi secara berkala.

Demikian penjelasan singkat terkai contoh iklan komersial beserta ciri-ciri dan jenisnyaa. 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait