Memahami Tujuan Lompat Tinggi dan Peraturannya

Image title
17 Oktober 2022, 11:55
tujuan lompat tinggi,
ANTARA FOTO/REUTERS/Pawel Kopczynski/wsj
Athletics - World Athletics Championships - Women's High Jump - Final - Hayward Field, Eugene, Oregon, U.S. - July 19, 2022Australia's Eleanor Patterson in action during the women's high jump final

Olahraga lompat tinggi mengharuskan para atletnya untuk memiliki dasar keterampilan yang baik. Sebab, tujuan lompat tinggi adalah melompat setinggi-tingginya.

Sekilas lompat tinggi terlihat mudah dilakukan. Akan tetapi pada prakteknya tidak segampang yang dibayangkan.

Diperlukan latihan yang teratur agar atlet bisa meraih hasil maksimal dalam kejuaraan yang diikutinya. Sehingga tujuan lompat tinggi adalah untuk melewati mistar dapat tercapai.

Dalam perlombaan multicabang seperti Olimpiade, terdapat aturan khusus yang harus diikuti para peserta. Misalnya, mistar yang dipasang pada ketinggian tertentu tidak boleh jatuh saat mereka melakukan lompatan.

Tujuan lompat tinggi adalah untuk melintasi mistar dengan mengangkat tubuh ke atas depan. Dibutuhkan daya tolakan yang kuat agar penghalang tersebut tidak jatuh ke tanah.

Lantas bagaimana cara menghasilkan tinggi lompatan yang benar? Berikut penjelasannya.

Tujuan Lompat Tinggi

Dikutip dari buku Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional, pengertian lompat tinggi adalah cabang olahraga (cabor) yang memperlombakan kemampuan atlet dalam melewati mistar yang dipasang di tiang.

Gerakan lompat tinggi diawali dengan melakukan lari di lintasan, kemudian pelompat akan mendorong tubuhnya agar mengudara. Berbeda dengan lompat galah, tujuan lompat tinggi adalah upaya melewati mistar tanpa bantuan alat apapun.

Ketika melayang di udara dalam waktu cepat, pelompat harus mengoptimalkan gerakan badannya sehingga tidak menjatuhkan mistar.

Berdasarkan definisinya, tujuan lompat tinggi adalah bisa dibagi seperti ini:

  • Menghasilkan lompatan setinggi-tingginya
  • Tidak mengenai mistar yang di pasang pada tiang
  • Melatih kemampuan atlet secara berkala
  • Meraih prestasi terbaik

Dalam bukunya Analisis Teknik-teknik Atletik, Soedarminto menjelaskan tujuan lompat tinggi adalah mengangkat badan setinggi mungkin agar dapat melewati mistar. 

Menurutnya, tinggi lompatan sangat bergantung pada tiga faktor. Adapun ketiga faktor yang mempengaruhi tujuan lompat tinggi adalah sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan Daya Angkat

Atlet perlu mengembangkan daya angkat sebanyak mungkin, sehingga mereka dapat melemparkan tubuh ke udara dengan kecepatan setinggi mungkin.

Ketinggian yang dicapai oleh tubuh harus sesuai kecepatannya saat meninggalkan tanah. Dengan begitu, tujuan lompat tinggi adalah agar melewati mistar bisa tercapai.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...