6 Cara Mengatasi Bad Mood Menurut Para Pakar

Image title
19 Oktober 2022, 06:03
Ilustrasi, seorang wanita yang mengalami bad mood. Beberapa cara mengatasi bad mood dilakukan dengan memberi jeda dari aktivitas sehari-hari, fokus melakukan pernapasan, mengalihkan perhatian, dan menyelidiki penyebab bad mood.
Pexels/Valeria Ushakova
Ilustrasi, seorang wanita yang mengalami bad mood

Bad mood atau suasana hati yang buruk dapat terjadi pada siapa saja. Situasi ini tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi secara tiba-tiba. Mengalami bad mood merupakan bagian tak terpisahkan dari hidup manusia. Hal ini sangat normal terjadi, sehingga tak perlu menyalahkan diri sendiri saat mengalami bad mood.

Berdasarkan penjelasan para pakar dalam situs Psychology Today, Forbes, and Harvard Business Review, mengatasi bad mood dilakukan dengan banyak cara. Berikut cara mengatasi bad mood menurut para pakar.

1. Berikan jeda dari aktivitas sehari-hari

Cara mengatasi bad mood yang paling sederhana dilakukan dengan memberi jeda dari aktivitas sehari-hari. Pastikan untuk tidak berpikir negatif dan menyalahkan diri sendiri karena pemikiran itu tidak akan menghasilkan apa-apa selain memperburuk keadaan.

Jadi, daripada menyalahkan diri sendiri, cobalah bersikap baik-baik saja. Biarkan diri merasakan sepenuhnya suasana hati yang buruk. Kondisi ini merupakan salah satu dari berbagai emosi yang dialami setiap orang dalam hidup.

Saat merasa bad mood, perlakukan diri dengan penuh pengertian dan kebaikan. Lihat apakah ada cara untuk meredakan perasaan buruk yang dirasakan. Mengalihkan perhatian sementara dapat membantu mengatasi bad mood, seperti menonton film favorit atau mandi air hangat.

2. Fokus melakukan pernapasan

Fokus melakukan pernapasan dapat menjadi cara mengatasi bad mood. Pernapasan membantu tubuh mencapai kondisi fisiologis yang disebut koherensi. Kondisi ini mengarah pada peningkatan kejernihan mental, fokus, stabilitas emosional, dan pengambilan keputusan.

Selama koherensi, cabang simpatik dan parasimpatis dari sistem saraf otonom bekerja secara timbal balik. Ketika aktivitas itu terjadi, detak jantung tubuh mengikuti pola yang sama, yakni meningkat kemudian melambat.

Pernapasan yang lebih lambat dan lebih dalam dengan kecepatan konstan dapat membantu mendorong koherensi tersebut dan pada akhirnya membantu mengatasi bad mood. Selain itu, fokus melakukan pernapasan dapat memberi ruang dalam otak untuk berpikir jernih dan membuat keputusan dengan lebih cepat.

3. Alihkan perhatian

Mengalihkan perhatian dapat dilakukan untuk mengatasi bad mood. Distraksi termasuk teknik menenangkan diri dan dapat berkontribusi untuk mengubah suasana hati dengan mengalihkan pikiran dari sesuatu yang membuat Anda merasa negatif.

Cara mengatasi bad mood ini efektif karena memaksa Anda keluar dari pikiran dan menjauh dari perilaku yang tidak sehat. Dengan mengalihkan perhatian untuk sementara, Anda dapat memberikan waktu untuk meredakan suasana hati yang buruk, sehingga lebih mudah untuk dikelola.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...