4 Manfaat Lari di Siang Hari, Diklaim Ampuh Kurangi Stres

Image title
19 Oktober 2022, 10:42
manfaat lari di siang hari
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Seorang peserta meminum air mineral saat mengikuti ajang Jakarta Marathon 2022 melintas di depan Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (16/10/2022). Sebanyak 15.300 pelari termasuk 864 pelari dari 25 negara mengikuti Jakarta Marathon 2022 itu dengan terbagi dalam empat kategori yakni marathon yang diikuti 1.648 pelari, kategori half marathon diikuti 3.109 pelari, kategori lari 10 kilometer diikuti 3.973 pelari, dan kategori lari lima kilometer diikuti 5.455 pelari.

Manfaat lari di siang hari diklaim cukup efektif untuk membakar kalori di dalam tubuh. Meski begitu, olahraga yang dijalankan di tengah teriknya sinar matahari berpotensi menimbulkan beberapa efek samping.

Berdasarkan satu penelitian yang dipublikasikan di laman Springer Link,  menyimpulkan bahwa olahraga saat kondisi suhu tinggi berdampak pada kinerja sel otot, yaitu bagian mitokondria.

Advertisement

Penelitian tersebut juga menyatakan, kegiatan olahraga saat cuaca panas dapat membatasi efektivitas latihan aerobik dalam meningkatkan daya aerobik

Lari atau jogging biasanya dilakukan di pagi hari. Hal ini karena kondisi udaranya masih segar dan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Akan tetapi, karena keterbatasan waktu sebagian orang memilih melakukan jogging di siang hari. Kendati suhu udara sedang panas, mereka tetap melaksanakannya.

Walaupun kurang direkomendasikan, beberapa orang menganggap manfaat lari di siang hari sangat berguna untuk meningkatkan stamina.

Selain itu, apa saja manfaat lari di siang hari? Berikut ulasan ringkasnya.

Manfaat Lari di Siang Hari

Menurut sebuah studi dari Journal of Strength and Conditioning Research, waktu terbaik untuk berlari adalah saat suhu tubuh berada pada titik tertinggi dan otot paling lentur, yaitu di pertengahan hingga sore hari atau di pagi hari.

Dari penelitian tersebut, singkatnya kita perlu mengetahui kondisi tubuh sebelum berolahraga. Dengan begitu, manfaat lari di siang hari maupun pagi hari dapat dirasakan oleh tubuh.

Jika Anda hanya memiliki waktu luang di siang hingga sore hari, maka waktu yang dianjurkan yaitu dari mulai pukul 12.30 sampai 19.00, 

Dilansir dari SehatQ dan sumber lainnya, berikut ini merupakan contoh dari manfaat lari di siang hari:

1. Membantu Melatih Daya Tahan Tubuh

Manfaat lari di siang hari salah satunya yaitu bagus untuk melatih daya tahan tubuh. Apalagi lari adalah olahraga yang memiliki efek aerobik tinggi.

Walaupun gerakannya sederhana, aktivitas lari terutama di waktu yang tepat akan membantu menjaga kebugaran tubuh. Ditambah lagi, lari bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga mengurangi gangguan kesehatan karena masalah sirkulasi darah. Misalnya seperti tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah serta serangan jantung.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement