13 Manfaat Jintan Hitam untuk Kecantikan hingga Kesuburan Pria

Image title
20 Oktober 2022, 22:59
Jintan hitam
pixabay.com/AmatusSamiTahera

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu oleh beberapa peradaban kuno di dunia. Jintan hitam atau disebut Habbatussauda, merupakan obat herbal yang sangat dianjurkan karena khasiatnya.

Jintan hitam (Nigella sativa) adalah tanaman herbal yang berasal dari kawasan Eropa Timur Asia Selatan dan Asia Barat. Secara umum, ekstraknya diolah menjadi minyak yang berguna untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit.

Bagi umat Islam, jintan hitam menjadi salah satu obat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Menurut beberapa literatur, manfaat jintan hitam telah diteliti sejak beberapa abad lalu oleh tokoh ilmuwan muslim bernama Ibnu Sina, sosok yang juga sangat berpengaruh dalam dunia medis.

Lantas apa saja manfaat jintan hitam untuk kesehatan? Dirangkum dari Medical News Today dan sumber lainnya, simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Sciencebiology.org, manfaat jintan hitam terbukti secara ilmiah mampu menjaga tekanan darah serta menurunkan kadar glukosa dan asam urat. 

Selain itu, minyak jintan hitam diketahui mengandung fitokimia thymoquinone, yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya dalam tubuh yang disebut radikal bebas.

Minyak jintan hitam bersifat antiinflamasi, yang juga memiliki sifat mengurangi tumor. Minyak habbatussauda berkualitas tinggi juga cocok untuk digunakan dalam memasak, memanggang, dan minuman.

Adapun manfaat jintan hitam untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kebugaran dan Daya Tahan Tubuh

Jintan hitam menyediakan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, dan beberapa vitamin B. Kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga badan tetap dalam kondisi bugar serta kuat.

2. Menurunkan Berat Badan

Hasil riset sebuah studi dari National Institutes of Health, konsumsi suplemen jintan hitam secara teratur membantu menurunkan indeks massa tubuh sekaligus mengurangi lingkar pinggang seseorang.

Manfaat jintan hitam ini berasal dari kandungan yang ada di dalamnya. Ditambah lagi, minyak jintan hitam berpotensi menurunkan berat badan dan resistensi insulin.

3. Melindungi Organ Hati

Jintan hitam merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang mudah dijumpai. Senyawa ini juga diketahui dapat melindungi beberapa fungsi organ, misalnya seperti organ hati.

Dalam prosesnya senyawa thymoquinone pada jintan hitam, dianggap dapat mengurangi tingkat stres oksidatif, yang merupakan ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

4. Baik untuk Kecantikan

Manfaat jintan hitam berikutnya yaitu bisa memberikan khasiat yang baik untuk kecantikan. Sejumlah studi menyimpulkan, kandungan di dalamnya mungkin saja efektif menghilangkan masalah kulit seperti eksim (dermatitis) hingga jerawat.

5. Merawat Kesehatan Rambut

Sama halnya dengan minyak esensial lainnya, jintan hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut di kulit kepala. 

Pemakaian minyak habbatussauda secara rutin bisa menghidrasi rambut, melembutkan kulit, dan bertindak sebagai pelembab.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...