4 Rekomendasi Novel Remaja Ini Menarik untuk Dibaca

Ghina Aulia
21 Oktober 2022, 09:55
Rekomendasi novel remaja
Unsplash
ilustrasi novel

Novel menjadi salah satu karya tulis yang diminati banyak pembaca. Tulisan naratif di dalamnya dapat memanjakan imajinasi banyak orang.

Di samping itu, aliran ceritanya juga beragam dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jadi tidak ada batasan untuk pembaca dalam memilih apa yang ingin dibaca.

Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi novel remaja. Meski umumnya cerita yang disajikan cenderung berbau romansa, perlu diketahui juga terdapat banyak pelajaran di dalamnya.

Karena umumnya sebuah karangan tidak semata-mata dibuat untuk menghibur. Namun juga untuk memberikan pesan yang berarti untuk pembacanya.

Mengenal Novel

Sebelum banyak membahas tentang rekomendasi novel remaja, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa sebenarnya mengenai jenis karangan ini. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Istilah novel sendiri berasal dari bahasa Italia, yaitu novella. Sedangkan dalam bahasa Jerman adalah novelle. Kata tersebut merujuk pada arti sebuah barang baru yang kecil. Dalam Nurgiyantoro (2010), makananya diartikan sebagai cerita pendek yang berbentuk prosa.

Selain itu, Nurgiyantoro juga menjelaskan bahwa novel diartikan sebagai karangan berbentuk prosa yang berisi rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Dari penjelasan di atas, terdapat beberapa hal yang bisa digaris bawahi. Pertama, novel berisi tulisan yang berisi suatu cerita dari kehidupan seseorang. Benar saja, karangan ini termasuk ke dalam teks naratif yang sifat paling umumnya adalah runtut dan kronologis.

Lalu yang kedua adalah penonjolan suatu aspek pada rangkaian cerita. Di antaranya watak dan sifat tokoh. Diketahui bahwa dua hal tersebut adalah beberapa dari unsur pembangun sebuah cerita.

Tarigan (2011) juga turut menyampaikan pandangannya. Menurutnya, novel adalah suatu cerita dengan alur yang cukup panjang mengisi satu buku atau lebih yang menggarap kehidupan pria dan wanita yang bersifat imajinatif.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...