Beragam Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami dan Medis

Tifani
Oleh Tifani
21 Oktober 2022, 13:03
cara mengatasi cegukan
pixabay.com
Ilustrasi, Cegukan

Cegukan adalah suatu kondisi yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini muncul saat seseorang makan atau minum terlalu cepat dan banyak.

Penyebab cegukan terjadi karena kontraksi spontan atau kejang pada otot diafragma yang tiba-tiba. Ketika otot kejang, pita suara akan menutup, dan menghasilkan suara cegukan.

Dilansir dari laman Alodokter.com, cegukan rupanya juga memiliki fungsi bagi tubuh, yakni untuk menghilangkan jumlah udara di dalam perut. Pasalnya, setiap kontraksi di dada mampu menghisap udara dalam rongga perut.

Cara Mengatasi Cegukan

Umumnya cegukan dapat hilang atau berhenti sendiri dalam beberapa waktu. Namun, cegukan yang terjadi lebih dari 48 jam dapat menjadi tanda kerusakan saraf atau iritasi di sekitar leher. Ada beberapa cara mengatasi cegukan, berikut diantaranya.

1. Pernapasan terukur

Lakukan pernapasan dengan terukur. Tarik napas dengan perlahan selama lima hitungan dan keluarkan dengan lima hitungan.

Tarik napas dalam dan tahan napas selama 10 detik, lalu tarik napas perlahan. Ulangi tiga kali, empat kali, atau seperlunya.

2. Bernapas di Kantong Kertas

Tarik napas ke dalam kantong kertas. Tempatkan mulut dan hidung ke kantong kertas yang sudah mengembang.

Perlahan-lahan bernapas sampai kantong kertas kembang kempis. Ingat, jangan pernah gunakan kantong plastik.

3. Minum Air

Selain menahan napas, minum air juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan yang mudah dilakukan. Agar efektif, disarankan untuk menelan banyak air dalam sekali tegukan.

4. Menutup kedua telinga

Cara mengatasi cegukan berikutnya yaitu menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

5. Menelan Gula Pasir

Menelan satu sendok teh gula pasir kering juga dinilai cukup ampuh meredakan cegukan. Gula dianggap dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan.

6. Pijat Bagian Arteri Leher

Cara mengobati cegukan selanjutnya ialah dengan memijat arteri leher. Arteri leher dapat ditemukan dengan merasakan denyut nadi dia kanan dan kiri leher.

Memijat dengan lembut kedua bagian ini dipercaya dapat menghilangkan cegukan. Tidak perlu memberi pijatan yang berlebihan, cukup letakkan kedua tangan pada arteri karotis leher lalu putar kepala dengan berlawanan jarum jam. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik hingga cegukan reda dan hilang.

7. Menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah keluar dapat membantu menstimulasi saraf vagus dan mengurangi kejang diafragma penyebab cegukan, sekaligus membantu menghindari refleks muntah. Karena ini akan terlihat aneh, kamu bisa melakukannya di dalam ruangan saat tidak ada orang lain yang melihat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...