6 Manfaat Minum Air Garam dan Cara Membuatnya

Image title
24 Oktober 2022, 05:59
Ilustrasi, seorang wanita minum air garam. Manfaat minum air garam antara lain meningkatkan kualitas tidur, mencegah dehidrasi, mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi otot, dan membantu fungsi saraf.
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, seorang wanita minum air garam

Natrium dalam garam merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Natrium merupakan mineral alami yang didapatkan dalam buah-buahan dan sayuran. Selain itu, natrium hadir dalam bentuk garam yang digunakan untuk memasak.

Garam bermanfaat untuk transmisi impuls saraf, fungsi otot yang tepat dan dalam mengatur tekanan darah, menurut American Heart Association. Namun, terlalu banyak konsumsi garam menyebabkan kelebihan air ditarik ke dalam aliran darah, sehingga terjadi peningkatan tekanan darah. Hal ini dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Meski demikian, tubuh tidak boleh kekurangan garam. Pada kasus yang parah, kekurangan garam dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, mual, muntah, dan pusing. Agar asupan harian terpenuhi, Anda dapat mencoba minum air garam.

Melansir WebMD dan ahli diet Natalie Allen dalam Nike.com, berikut manfaat minum air garam.

Manfaat Minum Air Garam

Manfaat minum air garam meliputi:

1. Kualitas tidur yang meningkat

Manfaat minum air garam terlihat dari meningkatnya kualitas tidur. Ini disebabkan karena asupan garam yang sehat dapat meningkatkan pola tidur. Sebuah studi dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa diet rendah sodium berkontribusi pada gangguan tidur. Artinya, tingkat asupan garam yang lebih tinggi dapat memperbaiki pola tidur secara umum.

2. Mencegah dehidrasi

Manfaat minum air garam mencakup pencegahan dehidrasi. Garam membantu tubuh menyerap air untuk hidrasi optimal, serta membantu tubuh tetap terhidrasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Garam mengandung dua elektrolit, yaitu natrium dan klorida, yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Natrium adalah elektrolit penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang membantu meningkatkan hidrasi.

Natrium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh melalui proses yang disebut osmosis. Proses ini penting untuk fungsi otot dan saraf. Setiap hari, tubuh kehilangan natrium melalui keringat serta saat mengalami sakit, seperti sakit perut atau flu.

Menambahkan sedikit garam dalam air membantu meningkatkan retensi air sehingga tubuh benar-benar dapat menyerap semua air serta mineral yang bermanfaat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...