8 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Direkomendasikan Ahli

Image title
1 November 2022, 11:35
Ilustrasi, penggunaan clay mask sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah
Pexels/KoolShooters
Ilustrasi, penggunaan clay mask sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah merupakan bagian normal dari kulit manusia. Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang melepaskan minyak dan keringat dari kelenjar. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat.

Pori-pori tersumbat sering terjadi pada area wajah. Namun, hal tersebut dapat terjadi d area tubuh lainnya, termasuk kulit kepala, leher, punggung, bahu, dan dada. Ukuran pori-pori tergantung dari genetika seseorang.

Mengutip Cleveland Clinic, pori-pori tidak dapat dikecilkan secara permanen. Namun, Anda dapat meminimalkan penampilannya dengan membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran serta meningkatkan kolagen dan elastin kulit.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Berdasarkan penjelasan ahli dalam Medical News Today, berikut cara mengecilkan pori-pori wajah.

1. Memilih produk perawatan berbahan dasar air

Cara mengecilkan pori-pori wajah dimulai dengan memilih produk perawatan berbahan dasar air dan menghindari produk yang mengandung minyak. Hal ini direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology (AAD).

Produk berbahan minyak mengandung petrolatum, minyak kelapa, dan jenis minyak lainnya. Bahan-bahan ini melembabkan kulit, tetapi mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar. Minyak berlebih yang terkumpul di kulit bisa membuat pori-pori tampak lebih besar.

Orang dengan kulit berminyak akan mendapat manfaat dari produk yang berbahan dasar air karena mengandung humektan tinggi daripada minyak. Contoh humektan antara lain yaitu madu dan urea.

2. Cuci muka di pagi dan malam hari

Mencuci wajah di pagi dan malam, termasuk perawatan kulit dasar yang dapat mengecilkan pori-pori wajah. AAD merekomendasikan hal berikut:

  • Mencuci muka hingga dua kali sehari. Cuci muka bisa dilakukan lebih dari dua kali jika melakukan aktivitas berkeringat atau berolahraga.
  • Menggunakan air hangat lalu secara lembut mengoleskan pembersih
  • Memilih pembersih lembut yang non abrasif (mengikis kulit) dan tidak mengandung alkohol.
  • Jangan menggosok kulit terlalu keras.
  • Menepuk-nepuk wajah hingga kering dengan handuk bersih.

Mencuci wajah setiap pagi dan sore hari membantu membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori, sehingga mampu mengecilkannya.

3. Memilih pembersih wajah berbasis gel

Pembersih wajah berbasis gel cocok untuk orang dengan kulit berminyak yang ingin mengecilkan pori-pori wajah. Sebaiknya hindari pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol karena dapat mengiritasi kulit.

Selain itu, pembersih wajah berbasis gel membantu membersihkan minyak dari pori-pori sehingga cocok dijadikan cara mengecilkan pori-pori wajah.

4. Rutin eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Ini bertujuan untuk menghilangkan partikel yang dapat menyumbat pori-pori, seperti:

  • Kotoran.
  • Sel kulit mati.
  • Minyak berlebih.

Beberapa produk eksfoliasi yang baik mengandung:

  • Asam beta hidroksi, seperti asam salisilat.
  • Asam polihidroksi, seperti asam laktobionat dan glukonolakton yang membantu memperkuat fungsi penghalang kulit.
  • Asam mandelic untuk kulit sensitif.

Produk yang dijual di pasaran biasanya mengandung 7-10% bahan aktif tersebut. Persentase yang terlalu tinggi dapat memperburuk kulit. Meski demikian, dokter kulit berhak meresepkan formulasi yang lebih kuat daripada produk yang dijual bebas.

Jangan melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu karena dapat menyebabkan kulit kering. Pori-pori bisa terlihat lebih besar jika kulit terlalu kering.

5. Gunakan pelembap setiap hari

Pilih pelembap bebas minyak dan gunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Pelembap bebas minyak dapat membantu mengurangi pembesaran pori-pori.

Selain itu, pelembap berbahan dasar air dan bebas minyak bersifat non-komedogenik. Artinya, produk ini diformulasikan untuk meresap jauh ke dalam kulit tanpa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Sebelum menggunakan pelembap, cuci wajah dan keringkan kulit. Oleskan pelembab dengan lembut untuk membantu menghidrasi dan melembutkan kulit. Pelembap membantu minyak dari kelenjar sebaceous untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit sehingga tidak tertinggal di pori-pori permukaan.

Dengan cara ini, pelembab mencegah pori-pori tersumbat dengan minyak dan mengecilkannya.

6. Pakai clay mask

Menggunakan clay mask sekali atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori. Ini karena clay mask mampu menyerap sebum alias minyak dari kulit wajah.

Menghilangkan minyak tersebut dapat membantu mencegah pori-pori membesar dan mengecilkannya. Dianjurkan untuk tidak menggunakan clay mask bersama dengan waktu eksfoliasi karena dapat menyebabkan iritasi.

Iritasi dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar dan dapat menyebabkan bercak pada kulit.

7. Selalu hapus riasan sebelum tidur

Sangat penting untuk selalu menghapus riasan sebelum tidur. Jika Anda tidur dengan riasan semalaman, pori-pori akan tersumbat karena penumpukan produk, minyak, dan bakteri. Gunakan micellar water atau carilah cleansing balm yang diformulasikan tanpa minyak mineral, seperti petroleum.

8. Memakai tabir surya

Sangat penting untuk merawat kulit saat berada di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat mengeringkan kulit, sehingga membuat pori-pori tampak lebih besar. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Menjaga kulit terlindung dari sinar matahari membuatnya tetap sehat. Selain itu, hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi atau berteduh.

Penyebab Pori-Pori Membesar

Adapun penyebab pori-pori membesar menurut publikasi Cleveland Clinic yaitu:

  • Produksi minyak: Pori-pori tampak lebih besar karena lebih banyak kelenjar sebaceous yang melepaskan minyak.
  • Penuaan: Kolagen dan elastin adalah protein yang memberikan dukungan struktural untuk pori-pori. Tubuh kehilangan kolagen dan elastin di kulit seiring bertambahnya usia sehingga menyebabkan pori-pori membesar.
  • Kerusakan akibat sinar matahari: Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan merusak kolagen dan elastin. Ini mengurangi kekencangan kulit dan menjadikan pori-pori membesar.
  • Perubahan hormonal: Pori-pori terlihat membesar karena kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak akibat perubahan hormon.

Demikian penjelasan cara mengecilkan pori-pori wajah.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...