Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP Lengkap dengan Syarat dan Fasilitasnya

Ghina Aulia
18 November 2022, 16:42
Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP
pexels
Ilustrasi orang wisuda.

Program beasiswa LPDP masih menjadi idola di kalangan mahasiswa Indonesia. Pelamar biasanya menyasar perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri.

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang menyediakan program beasiswa dan dinaungi langsung oleh Kementerian Keuangan. Tepatnya di bidang yang mengelola biaya pendidikan dan memiliki badan pelayanannya sendiri.

Perlu diketahui bahwa beasiswa LPDP hanya diberikan untuk program magister (S2) dan doktor (S3). Maka dari itu, program ini penting untuk Anda yang sedang menempuh atau baru saja lulus dari S1.
Dalam misinya, LPDP menekankan beberapa poin. Di antaranya adalah:

1. Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi penerus melalui pengelolaan dana abadi pendidikan secara optimal
2. Mempersiapkan pemimpin profesional masa depan Indonesia melalui pendanaan pendidikan
3. Mempromosikan penelitian strategis dan/atau penelitian inovatif, bernilai tambah dan praktis melalui pendanaan penelitian.

Perlu diketahui bahwa ‘dana abadi’ yang dimaksud akan dikelola secara berkesinambungan untuk menjamin keberlanjutan program yang diadakan. Hal itu juga erat kaitannya dengan pendidikan antargenerasi.

LPDP memiliki fokus untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang. Adapun prioritasnya adalah sains, hukum, ekonomi, kedokteran, teknik, keuangan, keagamaan dan sosial budaya.

Terkait dengan itu, kali ini Katadata.co.id akan menjelaskan mengenai cara mendapatkan beasiswa LPDP. Namun untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi LPDP yang sudah memuat banyak informasi serta testimoni dari para alumnus.

Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

1. Mendaftar secara online di situs Pendaftaran Beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
2. Lengkapi dan unggah dokumen yang menjadi persyaratan
3. Pastikan sudah men-submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode pendaftaran.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...