Cara Menulis Essay LPDP Lengkap dengan Tips Awardee 2020

Ghina Aulia
18 November 2022, 17:03
Cara Menulis Essay LPDP
pexels
Ilustrasi orang menulis.

LPDP menjadi program beasiswa yang banyak diminati oleh masyarakat untuk Indonesia. Khususnya untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan magister atau doktor.

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah program beasiswa pendidikan yang dipionir oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. LPDP memiliki visi sebagai pengelola dana pendidikan yang berfokus pada pembekalan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang dapat bersaing secara global.

Beasiswa LPDP diberikan dalam bentuk gratis biaya pendidikan sampai masa pendidikan yang ditentukan. Biasanya mereka yang mendaftar menyasar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Namun tak sedikit juga yang memilih kampus kenamaan di luar negeri.

Perlu diketahui bahwa LPDP hanya dibuka untuk program S2 dan S3. Maka dari itu, track record di masa S1 sangat diperlukan, termasuk prestasi akademik dan non akademik.

Ketika angkat peminatnya sangat tinggi, proses seleksi juga sangat ketat. Banyak tahapan yang harus dilewati dan semuanya memiliki kaitan dengan kemampuan akademik.

Salah satu yang paling krusial adalah essay dan personal statement. Perekrut akan dapat menilai kualitas diri Anda dari karya tulis yang dibuat. Maka dari itu, penting untuk membuatnya dengan sebaik mungkin.

Kali ini, Katadata.co.id akan memberikan infomasi terkait cara menulis essay LPDP versi peserta yang lolos, yakni Imam Mahfudin. Dia berhasi menerima beasiswa LPDP pada 2020. Dilansir dari situs Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Membuat Essay LPDP

1. Perhatikan ketentuan penulisan

Imam Mahfudin menyampaikan bahwa ketentuan karakter penulisan adalah 1.500-2.000 kata dengan total 5-6 halaman dengan spasi 1,5. Ia juga memberikan saran untuk menulis essay di Microsoft Word terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke laman yang sudah ditentukan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kesalahan.

2. Menggunakan kata formal

Membuat essay dengan topik yang serius, sudah selayaknya sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Anda harus memakai kata-kata formal. Tak hanya itu, Beliau juga memberitahu bahwa unsur subjek dan objeknya harus jelas.

3. Jelaskan diri Anda

Poin ini akan menjelaskan sisi unik dan menarik dari diri Anda. Maka dari itu, penting untuk menulisnya sebaik mungkin agar berbeda dari yang lain. Anda harus menekankan idealisme dan gagasan yang dimiliki.

4. Tuliskan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia

Anda harus menjelaskan masalah genting apa yang sebenarnya sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa memposisikan diri dan dapat menganalisis bagaimana cara mengatasinya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...