Patung Termasuk Karya Seni Tiga Dimensi, Ini Penjelasannya

Ghina Aulia
30 November 2022, 15:58
Patung termasuk karya seni
pexels
Ilustrasi patung.

Istilah seni biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu objek yang memiliki nilai estetika dan keindahan. Seni juga mampu menunjukkan ekspresi diri, salah contohnya patung termasuk karya seni.

Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Indonesia memiliki definisinya sendiri dalam mengartikan seni. Menurutnya, seni adalah hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Maka dari itu, tindakan manusia mampu mempengaruhi dan menyebabkan keindahan perasaan seni.

Selain itu, Shihab (1996) menerangkan bahwa seni adalah keindahan. Baginya, seni merupakan ekspresi ruh dan budaya manusia yang mengandung serta mengungkapkan keindahan dan lahir dari sisi terdalam manusia. Didorong oleh kecenderungan seniman kepada yang indah, apapun jenis keindahan itu.

Lebih lanjut, Koentjaraningrat (1993) berpendapat bahwa seni adalah suatu ide atau gagasan yang timbul dari manusia yang kemudian diwujudkan atau direalisasikan dalam bentuk sebuah benda yang akhirnya disebut sebagai karya seni. Benda-benda itu memiliki ide, gagasan, nilai, norma, dan aturan terpola dari diri manusia dalam bermasyarakat.

Sementara itu, Hogman dalam Sutrisno (1993), menguraikan tiga poin penting terdapat dalam seni. Di antaranya adalah Ideas, yaitu wujud seni sebagai suatu yang kompleks dari ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya. Kemudian, Activities yang merupakan suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam berkesenian. Adapun yang terakhir adalah Artifact, yakni sebagai wujud seni melalui hasil karya yang dihasilkan oleh manusia.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa seni digambarkan sebagai ciptaan yang terbatas. Dapat dibuat oleh siapa saja dan mengandung makna tertentu. Terlepas dari makna tersirat, penikmat karya seni juga bebas untuk mempresentasikannya.

Mengenal Seni Patung

Kali ini, Katadata.co.id akan membahas tentang salah satu karya seni tiga dimensi yang cukup populer, yakni seni patung.

Susanto (2011) menjelaskan bahwa seni patung adalah sebuah jenis karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak).

Myers (1958) mendefinisikan seni patung sebagai karya seni tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apapun atau bidang manapun pada suatu bangunan.

Lebih lanjut, Soedarso (dalam Kartadinata, 2009) menerangkan bahwa seni patung adalah seni yang merupakan pernyataan artistik lewat bentuk-bentuk tiga dimensional, walaupun ada pula yang bersifat seni pakai tetapi pada dasarnya seni patung adalah seni murni.

Patung termasuk karya seni tiga dimensi karena memiliki bentuk konkrit, volume dan ruang. Hal ini berkaitan dengan penjelasan Soenarso dan Soeroto (1996) yang mengartikan seni patung sebagai semua karya dalam bentuk meruang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...