6 Rekomendasi Motor Listrik Buatan Indonesia, Termurah Rp 8 Juta

Annisa Fianni Sisma
30 November 2022, 18:26
MOTOR LISTRIK BUATAN INDONESIA
unitedmotor.co.id
Ilustrasi Motor Listrik

Meningkatnya harga Bahan Bakar Minyak atau BBM membuat banyak orang yang mulai melirik motor listrik. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik untuk membahas motor listrik buatan Indonesia.

Seperti namanya, motor listrik ini merupakan motor yang dayanya berasal dari listrik. Untuk mengisi daya, pengguna cukup mencolokkan charger agar baterai motor terisi penuh.

Pengisian baterai motor listrik memakan waktu cukup lama. Namun, penggunaannya dinilai lebih hemat daripada menggunakan motor dengan BBM.

Jika tertarik untuk mulai beralih ke motor listrik, berikut ini enam motor listrik buatan Indonesia yang dapat menjadi pilihan beserta penjelasannya.

1. United T1800

Motor listrik buatan Indonesia yang pertama yakni United T1800. Motor ini menjadi inovasi dalam berkendara agar lebih ramah lingkungan.

Melansir laman Unitedmotor.co.id, warna yang dihadirkan cukup bervariasi. United T1800 hadir dengan warna hitam, blue matte, pearl white, grey matte, milano red, electric blue, sapphire black. Motor listrik United T1800 menyediakan baterai 60V 28Ah.

Hal menarik dari motor listrik ini adalah LED Lampnya dan desainnya yang modern. Keccepatan United T1800 ini tersedia dengan tiga level kecepatan, yakni 55 km/jam, 65 km/jam, dan 70 km/jam.

Keunggulan lain milik motor ini adalah bagasinya yang luas, Multi Information Display Digital yang detail dan lengkap, pengisian baterai yang mudah, menggunakan teknologi Motor BOSCH dan front/rear disc brake. Selain itu, motor ini juga dilengkapi Built-in Bluetooth Speaker, USB Port, FM Radio & Racing Sound Mode.

United T1800 dijual mulai harga Rp 28,5 juta untuk Jakarta, hingga Rp 29,5 juta di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau Bodetabek.

2. Selis

Motor listrik buatan Indonesia selanjutnya yakni Motor listrik Selis tipe E-Max – Baterai SLA – Off The Road. Melansir dari website resminya, harga motor listrik ini adalah Rp 11,5 juta dan beberapa produk lainnya dijual dengan harga Rp 23 juta.

Motor ini dilengkapi dengan baterai 60 V 25Ah Lithium Iron Phosphate dengan durasi charge maksimal lima jam. Kecepatan maksimal 50 km/h dengan jarak tempuh hingga 120 km untuk dua pack baterai.

Terdapat masa garansi hingga lima tahun untuk frame, satu tahun dinamo, tiga bulan charger dan controller, dan dua tahun baterai. Seri lainnya dari motor listrik satu ini adalah Selis tipe E-Max yang dibanderol seharga Rp 11,4 juta, sedangkan Selis tipe E-Max dengan Baterai Lithium Single seharga Rp 16,9 juta, dan lain-lain.

3. ECGO

ECGO mungkin menjadi motor listrik buatan Indonesia yang menarik dan ceria. Pasalnya, warna yang disediakan sangat unik dan cocok untuk anak muda.

ECGO diproduksi oleh PT Green Traffic yang menggunakan speedometer digital untuk memberikan informasi terkait baterai dan odometer. Hal ini membuat ECGO semakin menarik.

Terdapat berbagai varian warna yang disediakan yakni ECGO 2 dengan warna glossy orange squash, titanium grey, glossy snow white, glossy green tea dan glossy blue ocean. Warna cerah dan menyenangkannya sangat menarik.

Motor ini didesain untuk dua orang. Motor ECGO dilengkapi storage bagian depan yang cukup lebar, hazard dan dim lamp serta bell yang nyaman. Jika tertarik membelinya, ECGOBike dijual dengan harga mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 12 juta.

4. GESITS

Gesit adalah sepeda motor listrik buatan Indonesia yang merupakan kerjasama dari Kementerian Riset dan Teknologi dengan Institut Teknologi Sepuluh November. Oleh karena itulah, pabrik motor ini terletak di Bogor, Jawa Barat.

Melansir website resmi e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Gesits G1 A/T dijual dengan harga motor listrik ini dibanderol Rp 28,7 juta.

Motor ini menyediakan garansi baterai hingga tiga tahun. Baterai yang terdapat pada motor ini yakni jenis baterai lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Pengguna dapat melakukan pengisian sekitar tiga hingga empat jam, dengan jarak tempuh sekali pengisian mencapai 50 km.

5. Viar

Viar menjadi salah satu motor listrik buatan Indonesia yang cukup dikenal. Produk Viar menawarkan motor bebas polusi, efisien, dan tidak berisik.

Jika tertarik membeli Viar, maka pengguna harus menyediakan dana hingga Rp 20 juta. Motor ini dilengkapi dengan power 800 watt dan kecepatan hingga 60 km/jam dengan jarak tempuh 60 km.
Baterai motor listrik Viar ini yakni Lithium Ion 60V 23 Ah yang pengisiannya membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam. Viar tersedia dalam warna merah, putih, hitam, biru, abu, dan kuning.

6. Volta Indonesia

Volta merupakan produk dari PT Volta Indonesia Semesta yang telah berdiri sejak 2017. Perusahaan ini terletak di Kawasan Industri Terboyo, Semarang.

Volta tersedia dalam berbagai pilihan warna yakni warna merah, hijau dan biru. Baterai yang digunakan adalah 60V20Ah Lithium-ion dengan tenaga 1,5 KWh yang menerapkan Battery Replacement System.

Keunggulan motor Volta 401 yakni adanya tombol percepatan dan tombol parkir yang berfungsi untuk mengatur kecepatan berkendara dan mengunci pedal gas saat berada di tempat parkir. Harga Volta 401 yakni mulai dari Rp 15,7 juta.

Demikian penjelasan terkait motor listrik buatan Indonesia dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan. Penggunaan motor listrik bisa menjadi bagian dari kontribusi Anda dalam menjaga lingkungan, karena mampu menekan angka polusi udara. 

 

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait