Seni Rupa Terapan Memiliki Pengertian Bernilai Guna, Ini Penjelasannya

Ghina Aulia
1 Desember 2022, 16:33
Seni rupa terapan memiliki pengertian
pexels
Ilustrasi seni arsitektur.

Seni biasa digunakan sebagai media untuk menunjukkan suatu kebebasan. Selain itu, seni juga bisa menghasilkan karya. Adapun seni yang populer adalah seni rupa, musik, tari, peran, dan lain-lain.

Kali ini, Katadata.co.id akan membahas tentang seni rupa terapan. Singkatnya, seni rupa terapan memiliki pengertian seni yang mengutamakan nilai guna dibanding estetika.

Advertisement

Termasuk ke dalam seni rupa, ternyata seni rupa terapan memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan seni rupa murni. Meski begitu, seni rupa terapan sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Menurut Tri Aru Wiratno dalam bukunya yang berjudul Karakter Estetika Seni Rupa (2021), seni rupa terapan memiliki pengertian karya seni rupa yang diciptakan dengan tujuan utama memberi nilai fungsi atau nilai guna sebagai benda dibandingkan nilai estetisnya. Maka dari itu, seni rupa terapan juga disebut dengan ‘applied art.’

Berdasarkan Oxford Dictionary of Art, seni rupa terapan bermakna semua seni termasuk desain, dekorasi, dan benda-benda yang memiliki fungsi tertentu dan tanpa meninggalkan aspek keindahan estetis.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa seni rupa terapan sangat menonjolkan aspek fungsional. Namun penciptanya juga harus memastikan adanya nilai seni.

Jenis Seni Rupa Terapan

1. Seni Grafis
Susanto (2002) menjelaskan, seni grafis adalah karya seni rupa yang mempunyai bentuk dua dimensi dan dibuat dengan teknik cetak, baik manual maupun digital. Selain itu, pada situs Saintif.com juga tertulis bahwa istilah seni grafis biasa digunakan untuk mengungkapkan gagasan ataupun sebagai media ekspresi atau visualisasi gagasan atau ide pada hal yang menarik perhatian. Membuat seni grafis biasanya menggunakan cat air, pastel, cat minyak, pensil warna atau secara digital menggunakan perangkat lunak tertentu.

2. Seni Keramik
Keramik menjadi seni rupa terapan yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Biasa digunakan untuk lantai dan hiasan dinding. Keramik terbuat dari tanah liat, pasir, kaolin atau tanah liat putih, lengkap dengan bahan pengikutnya. Adapun definisi keramik menurut Sumitro, dkk (1984) adalah, produk yang terbuat dari bahan galian anorganik non logam yang telah mengalami proses panas yang tinggi. Bahan jadinya mempunya struktur kristalin dan non kristalin atau campuran dari padanya.

3. Seni Desain Produk
Desain produk merupakan rancangan tentang bentuk, esensi dan segala hal berkaitan dengan produk. Termasuk aspek fungsional yang akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Desain produk juga mencakup pengawasan pasar.

4. Arsitektur
Arsitektur adalah seni yang merancang struktur fisik suatu bangunan. Seorang arsitek bernama Francis Dai-Kim Ching dalam salah bukunya menjelaskan, arsitektur merujuk pada sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyusun sebuah tautan sehingga mempersatukan bentuk, ruang, fungsi, dan kiat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement