Motor Listrik vs Motor Bensin, Mana Lebih Unggul?

Ghina Aulia
2 Desember 2022, 17:55
Motor listrik vs motor bensin
pexels
Ilustrasi orang mengendarai motor.

Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan. Seiring perkembangannya, motor terus hadir dengan versi terbaru. Mulai dari pembaharuan mesin dan tampilannya.

Adapun yang sedang hangat belakangan ini adalah motor listrik. Diketahui bahwa penggunaan motor listrik sangat dianjurkan oleh pemerintah. Hal ini mengacu pada pembenahan masalah lingkungan hal harus diatasi.

Advertisement

Kementerian Perhubungan RI sudah menerbitkan regulasi mengenai regulasi kendaraan bermotor listrik. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (P) No. 44 Tahun 2020 tentang Pengujian Tipe Fisik dan PM No. 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Meski begitu, hal ini juga tidak terlepas dari pro kontra penggunaan listrik. Selain itu, tak sedikit juga yang membandingkannya dengan motor listrik.

Maka dari itu, kali ini Katadata.co.id akan membahas motor listrik vs motor bensin. Menurut Anda, manakah yang lebih unggul? Simak pembahasan di bawah ini.

Kelebihan Motor Listrik

1. Mampu Mengurangi Emisi

Hadirnya motor listrik merupakan salah satu bentuk penanggulangan dari permasalahan lingkungan. Emisi adalah istilah lain untuk menjelaskan pencemaran udara.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021, Emisi adalah Pencemar Udara yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang masuk dan/atau dimasukkannya ke dalam udara, mempunyai dan/atau tidak mempunyai potensi Pencemaran Udara.

Dilansir dari situs Momotor, motor listrik tidak menghasilkan emisi gas. Pasalnya, sumber energi motor ini berasal dari listrik yang tersimpan pada baterai.

2. Irit Energi

Poin ini berkaitan dengan isu harga bahan bakar yang semakin melambung. Seiring dengan itu, motor listrik mungkin bisa jadi solusi untuk Anda. Masih dilansir dari situs Momotor.id, dijelaskan tentang kasus di bawah ini.

Sebuah motor listrik memiliki kapasitas baterai 1,5 kwh dan mampu menempuh jarak 40 km. apabila biaya listrik sebesar dua ribu rupiah per kwh, maka untuk menempuh jarak 40 km hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar tiga ribu rupiah. Sangat jauh perbandingannya dengan motor dengan mesin diesel atau motor bensin.

3. Suara Halus

Berbeda dengan motor bensin, motor listrik tidak mengeluarkan suara bising yang mungkin bisa mengganggu. Hal ini disebabkan tidak adanya proses pembakaran sumber energi seperti motor bensin yang menggunakan bahan bakar tertentu.

4. Perawatan Mudah

Motor bensin perlu dirawat dalam setiap kurun waktu tertentu. Hal tersebut bertujuan agar mesin dan tarikannya tetap nyaman ketika digunakan. Apabila tidak dilakukan, kemungkinan motor akan mudah rusak.

Sedangkan motor listrik tidak memerlukan hal tersebut. Motor listrik hanya perlu perawatan seperti mengganti kampas rem, minyak rem, dan ban.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement