5 Contoh Karya Dekoratif, Salah Satunya Asli Indonesia

Ghina Aulia
2 Desember 2022, 18:06
Contoh karya dekoratif
Pixabay
Ilustrasi orang membatik.

Karya dekoratif adalah hasil karya yang dibuat dengan proses dekorasi. Termasuk ke dalam karya seni, unsur estetika juga sangat diperhatikan. Mengutip situs Britannica, dijelaskan bahwa dekoratif adalah seni yang memiliki kaitan dengan desain dan dekorasi benda-benda.

Selain itu, pada situs Hi Sour juga menerangkan bahwa karya dekoratif adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan seni atau kerajinan yang dirancang untuk menghasilkan benda-benda dengan tujuan baik kegunaan maupun sebagai hiasan semata.

Advertisement

Kali ini, Katadata.co.id akan menjelaskan tentang beberapa contoh karya dekoratif. Mulai dari guci hingga batik, berikut ini adalah pembahasannya.

1. Guci

Contoh karya dekoratif ini adalah guci yang merupakan salah satu karya seni yang terbuat dari keramik. Biasanya guci digunakan sebagai pajangan. Selain itu, guci juga bisa diperuntukkan sebagai tempat menampung air dan menyimpan barang. Namun seiring perkembangan zaman, guci dianggap sebagai barang antik dan banyak dikoleksi oleh sejumlah orang.

Pada awal ditemukan, guci terbuat dari tanah kotor yang ditempa hingga terbentuk dan bisa digunakan. Terbukti hingga sekarang, guci diolah dengan bahan dan metode mutakhir dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Tak lupa juga nilai seni yang biasanya terlihat dari bentuk hingga corak di permukaannya. Selain itu, guci bisa ditemukan dalam berbagai ukuran.

2. Perhiasan

Seperti namanya, perhiasan sengaja dibuat sebagai hiasan. Tidak lain untuk menghias diri. Jelas termasuk contoh karya dekoratif, perhiasan dibuat semenarik mungkin agar yang memakainya terlihat menawan.
Seiring berkembangnya zaman, perhiasan memiliki nilai jual yang tinggi. Di antaranya yang terbuat dari logam mulia, yakni emas, perak dan platinum. Beberapa juga ditambah dengan sentuhan bebatuan indah seperti berlian dan safir.

Termasuk ke dalam fashion, perhiasan juga berkembang dari segi desain. Setiap tahunnya, kita bisa menemukan tren model perhiasan yang terus berubah.

3. Keramik

Contoh karya dekoratif kali ini adalah keramik. Secara harfiah, keramik diambil dari bahasa Yunani, yaitu keramos. Artinya adalah periuk atau belanga yang dibuat dari tanah liat yang dibakar.

Sumitro, dkk (1984) dalam bukunya berjudul Teknologi Keramik di Indonesia Pertumbuhan dan Perkembangannya menerangkan bahwa keramik adalah produk yang terbuat dari bahan galian anorganik non – logam yang telah mengalami proses panas yang tinggi. Bahan jadinya mempunyai struktur kristalin dan non – kristalin atau campuran dari padanya.

Sementara itu, McLaren dalam Encyclopedia Americana (1996) menjelaskan bahwa keramik adalah suatu istilah yang sejak semula diterapkan pada karya yang terbuat dari tanah liat alami dan telah melalui perlakuan pemanasan pada suhu tinggi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement