10 Rekomendasi Tempat Liburan Populer di Indonesia

Tifani
Oleh Tifani
5 Desember 2022, 20:56
tempat liburan
Katadata/Agustiyanti
Pemadangan Labuan Bajo dari Puncak Waringin. Pelaku wisata Labuan Bajo meneken kesepakatan untuk menghentikan aktivitas wisata sepanjang Agustus, bentuk protes terhadap rencana penerapan tiket masuk Pulau Komodo Rp 3,7 juta yang mulai berlaku 1 Agustus.

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata 2022 yang dapat menjadi pilihan tempat liburan. Mulai dari wisata pantai, taman nasional, hingga desa adat masing-masing memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat liburan.

Bahan tempat liburan populer hingga yang tersembunyi dapat ditemukan di penjuru wilayah di Indonesia. Mengutip dari laman Kemenparekraf.go.id, berikut tempat liburan populer di Indonesia yang dapat menjadi tujuan wisatawan akhir tahun ini.

1. Labuan Bajo

Tempat liburan paling populer pertama ialah Labuan Bajo. Labuan Bajo dikenal sebagai surga tersembunyi di Indonesia bagian timur.

Tempat liburan populer ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan Selat Sape. Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas yang terkenal hingga ke mancanegara.

Keberadaan Pulau Komodo yang menjadi taman nasional telah diakui menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Ada berbagai objek wisata yang dapat dinikmati di Labuan Bajo, berikut diantaranya.

a. Pulau Rinca

Pulau Rinca terletak tidak jauh dari Pulau Komodo. Pulai ini juga masih berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Pulau Rinca dikenal memiliki pemandangan yang menawan dan indah. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti tracking atau penelusuran di pulau ini, lantaran memiliki jalur jelajah yang tidak kalah menangtang dari pulau komodo.

b. Pulau Padar

Pulau Padar berada tidak jauh dari Pulau Rinca dan hanya dipisahkan Selat Lintah. Namun jika para wisatawan tertarik untuk menikmati keindahan pemandangan alam di pulau ini, harus melakukan trekking yang cukup menantang menuju ke puncak bukit di Pulau Padar.

Namun, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan pantai tiga warna dan jajaran pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.

c. Pink Beach

Daya tarik dari pantai satu ini adalah pasir pantainya yang berwarna merah muda. Warna pink dari pasir ini merupakan campuran pasir putih dengan serpihan kerang, cangkang, serta invertebrata yang berwarna merah. Para wisatawan dapat melakukan snorkeling, diving maupun sunbathing di Pink Beach.

2. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan salah satu objek wisata Indonesia yang mendunia dan diakui UNESCO. Keindahan pemandangan bawah lautnya menjadi daya tarik utama Pulau yang ada di ujung timur Indonesia ini.

Dilansir dari situs UNESCO, kecantikan Raja Ampat terletak di sebaran pulau-pulau kecil yang berbatasan dengan air laut, teluk, dan formasi batu karst menciptakan gradasi warna yang apik. Raja Ampat ini terdiri dari beberapa pulau besar dan bergunung-gunung, dengan yang terbesar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool, yang dijuluki Four Kings.

Wilayah yang masuk dalam kepulauan Four Kings ini sangat besar. Meliputi 9,8 juta hektare tanah dan laut, tempat bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis karang, dan 700 jenis moluska. Hal ini menjadikannya perpustakaan hidup paling beragam untuk biota terumbu karang dan bawah laut dunia.

Menurut laporan yang dikembangkan The Nature Conservacy dan Conservation International, sekitar 75% spesies duni hidup di sini. Sistem terumbu karang yang masih asli menjadi destinasi impian bagi para penyelam maupun para perenang snorkel. Berikut beberapa lokasi populer yang dapat menjadi tempat liburan para wisatawan di Raja Ampat.

a. Kabui Passage (lorong yang sangat sempit antara Waigeo dan Pulau Gam)
b. Dermaga Pulau Arborek
c. Sawandarek
d. Yenbuba
e. Dinding Friwenm

Keindahan Raja Ampat tak hanya ada di pemandangan bawah air, tapi juga di hutan lebat yang ada di pulau-pulau. Mengutip situs Raja Ampat Geopark, Raja Ampat terdiri dari total ada 2.713 pulau, tujuh cagar alam, lima kawasan konservasi perairan daerah, dan dua suaka laut nasional.

3. Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Danau Toba ini diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat gunung api, Gunung Toba, yang terjadi 74 ribu tahun lalu.

Mengutip situs Kemenparekraf, dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Berikut lokasi-lokasi di sekitar Danau Toba yang terkenal dan dapat menjadi pilihan tempat liburan para wisatawan.

a. Bukit Gajah Bobok

Asal muasal bukit ini diberi nama Gajah Bobok karena sesuai dengan namanya karena mirip dengan seekor gajah yang sedang tidur. Salah satu pesona Bukit Gajah Bobok yakni keindahan sunrise dan sunsetnya.

b. Bukit Siadtaratas

Pemandangan bukit Siadtratas sama dengan Bukit Gajah Bobok. Hanya saja lokasi menuju ke bukit ini cukup ekstrem dan jalannya kecil, tapi itu semua terbayar ketika sudah tiba di atas Bukit Siadtaratas.

c. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit ini cocok buat Anda yang suka foto-foto. Ada spot ayunan ekstrem, papan titian, bunga berbentuk love, dan masih banyak yang lainnya.

d. Bukit Holbung Samosir

Daya tarik Bukit Holbung adalah perpaduan pesona Danau Toba, perbukitan yang dikelilingi tanaman ilalang yang apik. Bukit ini pun menawarkan spot foto instagenic yang kece.

e. Air Terjun Situmurun

Air terjun Situmurun merupakan salah satu air terjun di pinggir Danau Toba yang terkenal. Airnya yang langsung terjun ke Danau Toba menjadi salah satu daya tariknya.

4. Lombok

Objek wisata Lombok kini makin mendunia setelah menjadi tuan rumah gelaran Moto GP pada Maret 2022. Lombok populer dengan objek wisata pantai yang indah, dan Gunung Rinjani yang megah. Berikut tempat liburan populer di Lombok:

a. Bukit Merese

Bukit Merese menawarkan panorama perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan birunya pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini yakni saat sunset dan sunrise.

b. Pantai Kuta Mandalika

Wisata pantai ini bisa ditempuh 16 menit dari Sirkuit Mandalika. Hamparan pasir putih dikelilingi daerah perbukitan hijau menjadi lanskap yang memanjakan mata saat berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika.

c. Pantai Seger

Pantai Seger bisa menawarkan beragam atraksi wisata seperti berenang, snorkeling, maupun berselancar. Pantai ini menjadi lokasi perayaan tradisi khas Suku Sasak yakni Bau Nyale.

d. Pantai Gerupuk

Pantai ini menjadi salah satu lokasi andalan untuk berselancar di Indonesia. Selain ombaknya yang menantang, embusan angin di Pantai Gerupuk juga kencang. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini yakni panen rumput laut hingga melihat area konservasi di Pantai Gerupuk.

e. Pantai Tanjung Aan

Pantai ini berjarak 2,8 km dari Sirkuit Mandalika. Kamu bisa snorkeling dan melihat terumbu karang yang masih asri di pantai berpasir putih ini.

f. Pantai Mawun

Pantai ini bisa ditempuh 30 menit dari Sirkuit Mandalika. Pantai Mawun berpasir putih yang berpadu dengan air laut biru jernih.

g. Desa Adat Sade

Di Desa Adat Sade ini Anda bisa melihat rumah-rumah adat yang masih otentik serta tradisi menenun yang terus dilestarikan.

5. Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Gunung Bromo terletak di Probolinggo, Jawa Timur dan memiliki ketinggian 2.392 Mdpl.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...