Tempat Liburan di Bandung Kekinian Ini Cocok Dikunjungi Akhir Tahun

Tempat liburan di Bandung cukup beragam. Didukung cuaca yang sejuk, membuat kota Parahyangan ini menjadi pilihan tepat untuk berwisata. Ini rekomendasinya.
Image title
Oleh Tifani
6 Desember 2022, 10:11
Ilustrasi Gedung Sate Bandung, Salah satu Tempat Liburan di Bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Ilustrasi Gedung Sate Bandung

Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini menyuguhkan beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi yang tersebar di beberapa tempat mulai dari Kota Bandung hingga ke daerah pinggiran seperti Lembang.

Dikutip dari lama Disparbud.jabarprov.go.id, Lembang merupakan kawasan pegunungan yang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 Mdpl. Nuansa pegunungan dan pepohonan sejuk menjadi incaran para pelancong.

Tempat Liburan di Bandung

Selain itu, pilihan destinasi wisata di Bandung sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga tempat wisata kekinian yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki banyak uang, sebab di Bandung tersebar tempat wisata yang bisa dinikmati secara gratis alias tidak dikenakan biaya.

Bukan hanya karena banyaknya pilihan tempat libutan di Bandung, tetapi juga karena suasana yang sejuk membuat Bandung sering dijadikan pilihan untuk berwisata. Simak rekomendasi tempat liburan di Bandung berikut ini:

1. Kampung Korea

Tidak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan untuk bisa menikmati panorama Negeri Gingseng karena salah satu tempat wisata di Bandung menawarkan pengalaman seperti di Kampung Korea atau Little Seoul Bandung.

Lokasi tempat wisata di Bandung ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan karena berjarak sekitar 3-4 kilometer dari Stasiun Bandung. Seperti namanya, tempat wisata di Bandung ini menawarkan nuansa Seoul melalui desain tempatnya yang dibuat semirip mungkin.

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba aneka kuliner khas Korea Selatan yang ada di sana.

2. Kawah Putih Ciwidey

Objek wisata yang satu ini banyak diminati dan cukup hits karena terbentuk dari fenomena alam. Salah satu hal menarik dari tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey adalah warna air kawah yang terlihat berwarna putih seperti kapur.

Kawah Putih Ciwidey sendiri berada di Kawasan vulkanik yang memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi sehingga membuat airnya sangat putih seperti kapur. Panorama eksotis dari kawah berwarna kehijauan yang dipenuhi kepulan kabut putih jadi daya tarik utamanya.

Tempat wisata di Bandung yang berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey ini suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius. Jadi, jika memiliki alergi dingin, sebaiknya siapkan jaket yang tebal sebelum berkunjung disini.

3. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang sudah cukup populer sebagai tempat wisata untuk anak dan keluarga. Daya tarik dari Farmhouse Susu Lembang salah satunya karena menawarkan konsep suasana ala Eropa.

Pengunjung bisa menjajal berbagai aktivitas seru, seperti belajar soal pengolahan susu dari proses pemerahan hingga siap dikonsumsi. Selain bisa untuk bersantai dan berjalan-jalan, para pengunjung pun bisa mengenakan kostum pertanian khas warga Belanda di sini.

Sejumlah spot Instagramable tersedia di Farm House, seperti lapangan yang berlatar belakang rumah gaya Eropa klasik hingga area My Secret yang memiliki bangunan tua dan dikelilingi berbagai macam bunga serta pagar pembatas berbahan batang pohon.

4. The Great Asia Africa

Tempat wisata di Bandung ini Afrika berlokasi di Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata di Bandung ini menawarkan replikasi dari negara Asia dan Afrika. Di sini pengunjung bisa merasakan berada di tujuh negara sekaligus.

Negara-negara yang ditampilkan di sini adalah Indonesia, Korea, Jepang, Timur Tengah, Afrika, India, hingga Thailand.

5. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo merupakan kebun binatang yang hadir dengan yang modern. Pengunjung dapat mencoba berbagai aktivitas yang ditawarkan seperti naik kuda, berkeliling dengan skuter atau naik kano di danau buatan.

Berbagai kegiatan juga dapat dilakukan di tempat ini seperti e-scooter, riding school, panahan, water kiddy zone, perahu, paddle boat, playground, kereta, bianglala, storyland, dan carnival games.

6. Museum Gedung sate

Museum Gedung Sate merupakan gedung tua peninggalan masa penjajahan. Meskipun saat ini digunakan sebagai komplek perkantoran pemprov Jawa Barat, Museum Gedung Sate populer di kalangan para wisatawan. Tempat ini sangat cocok menjadi destinasi liburan bersama teman dekat maupun keluarga tercinta.

Lokasi Museum Gedung Sate adalah di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari kecuali hari Senin.

7. Bukit Teletubbies Cicalengka

Bukit Teletubbies juga termasuk wisata alam di Bandung yang bisa diakses secara gratis. Dari atas bukit, pengunjung akan disuguhkan pemandangan atmosfer kota Bandung. Keindahan momen sunset dari atas bukit juga sangat epic untuk diabadikan kamera. Berlokasi di Tanjungwangi, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

8. Jalan Braga

Jalan Braga adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Bandung. Semenjak penataannya di era Wali Kota Ridwan Kamil, banyak wisatawan yang berkunjung mendatangi kawasan Jalan Braga.

Di area Jalan Braga, banyak destinasi wisata yang bisa dicoba mulai dari pameran seni, spot foto unik, hingga beragam destinasi wisata kuliner yang tak patut dilewatkan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait