Rekomendasi Pasar Thrifting di Jakarta, Surganya Pakaian Bekas

Tifani
Oleh Tifani
6 Desember 2022, 12:10
pasar thrifting di jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah warga memilah pakaian bekas (Thrifting) yang dijual di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat, (15/10/2021). Fenomena thrifting merupakan tindakan membeli barang bekas yang masih layak pakai guna menghemat pengeluaran dan membantu ekologi dengan mengurangi limbah tekstil. selain itu, aktivitas ini menjadi peluang bisnis di tengah pandemi.

Thrifting atau jual beli pakaian bekas pakai menjadi budaya populer di Indonesia. Dalam jurnal yang berjudul Thrift Shopping Trends In Building Word Of Mouth (2022) oleh Fitriyani dan Aditya Surya menyebutkan meski menuai pro dan kontra, thrifting dianggap mendukung gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Pasar Thrifting di Jakarta

Banyak anak muda, khususnya di Jakarta memilih untuk membeli pakaian dan barang lainnya di pasar barang bekas ketimbang di pusat perbelanjaan. Berikut beberapa rekomendasi pasar thrifting di Jakarta yang dapat dikunjungi.

Advertisement

1. Pasar Senen

Bicara tentang thrift pasti tidak akan terlepas dari nama pasar ini. Pasar Senen sudah terkenal di kalangan anak muda pecinta thrift sampai sering dijadikan destinasi orang luar Jakarta saat berkunjung ke ibu kota.

Pasar ini memiliki banyak toko barang bekas yang menjual berbagai jenis pakaian, mulai dari t-shirt, celana, jaket, topi, tas hingga sepatu import. Jika beruntung, barang bermerek dengan harga murah juga dapat ditemukan di pasar ini.

Salah satu pasar thrifting di Jakarta ini berlokasi di Senen, Jakarta Pusat. Waktu yang pas untuk mengunjungi pasar ini pukul 08.00 WIB karena belum terlalu ramai, dan banyak barang yang baru datang di jam-jam ini.

2. Pasar Baru

Salah satu pasar thrifting di Jakarta ini merupakan pasar tertua yang ada. Mengunjungi Pasar Baru, Anda dapat menemukan banyak toko barang bekas yang menjual beragam barang dari bermacam-macam brand atau merek.

Misalnya di pintu masuk dapat ditemui berbagai toko kacamata dan aksesori. Di lantai 2, sebagian besar terdapat toko yang menjual lensa dan kamera serta menyediakan layanan perbaikan kamera.

Sementara lantai 3 dan 4 menjual berbagai pakaian bekas. Harga yang dibanderol biasanya mulai dari Rp 15.000 untuk sebuah baju bekas bermerek.

3. Pasar Kebayoran

Pasar ini berada di bawah jalan layang di kawasan Kebayoran Lama. Berbagai macam barang bekas dijual di sini, mulai dari sepatu, tas, jam tangan, kipas angin, handphone, pakaian, kaset, peralatan dapur, kaset audio, kamera hingga barang antik.

Pedagang menjual dagangannya di toko semi permanen, gubuk kayu dan di bawah jembatan. Kebanyakan barang yang ada di salah satu pasar thrifting di Jakarta ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding pasar-pasar lainnya dengan harga yang masih pada batas wajar.

Tentunya para pembeli harus jeli membedakan mana barang asli dan barang KW saat berbelanja di pasar ini.

4. Pasar Santa

Pasar Santa juga menjadi salah satu pasar thrifting di Jakarta. Apalagi barang-barang bekas yang dijual di pasar thrifting ini sudah dipilah dengan baik, sehingga benar-benar hanya ada yang kualitasnya bagus. Tak hanya pakaian, sepatu dan aksesoris lainnya juga ada di sini.

5. Tanah Abang

Selain terkenal dengan barang-barang baru yang bagus, siapa sangka Tanah Abang juga banyak dikenal sebagai tempat thrifting yang recomended. Para pecinta thrifting akan menjumpai barang-barang bagus, pastinya harganya terjangkau di salah satu pasar thrifting di Jakarta.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement