Begini Cara Membuat Latar Belakang Skripsi, PKL dan Makalah Otomatis

Image title
12 Desember 2022, 11:26
cara membuat latar belakang, skripsi, penelitian
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sebelum bahas cara membuat latar belakang skripsi, PKL dan makalah, menurut Dermanan Wibisono (2004:304) dilansir dari Penaindo.com, latar belakang menjelaskan mengapa penelitian dilaksanakan dan apa yang ingin dicapai atau diketahui dari penelitian tersebut. Hal ini mencakup fakta dan data pendukung atas permasalahan yang diteliti.

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi, PKL dan Makalah Secara Otomatis

Selain membuat latar belakang, di artikel sebelumnya juga ada tips dan trik menulis kata pengantar Skripsi. Adapun  berikut cara mudah membuat latar belakang Skripsi, laporan PKL dan makalah secara otomatis:

1. Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir yang perlu dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Untuk membuat latar belakang skripsi, melansir dari Akuntansi-d4.stekom.ac.id:

Deskripsikan Topik Penelitian

Langkah pertama ketika membuat latar belakang skripsi ialah mendeskripsikan secara detail topik penelitian yang dipilih terlebih dahulu. Di bagian ini, jelaskan mengapa Anda memilih topik tersebut. Bisa dijelaskan mulai dari variabel hingga alasan memilih objek penelitian tersebut.

• Menemukan Fenomena

Latar belakang penelitian skripsi membahas fenomena yang terjadi di lapangan. Fenomena ini bisa dijadikan sebagai akar permasalahan yang dibahas di latar belakang. Mahasiswa perlu mengandalkan kepekaan untuk menemukan fenomena yang tengah dibicarakan.

• Melakukan Identifikasi Masalah

Untuk melakukan identifikasi masalah, hindari memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dikatakan memiliki masalah jika ada sesuatu yang tidak sesuai terjadi, misalnya ada penurunan penjualan pakaian olahraga di perusahaan X.

• Melakukan Identifikasi Masalah

Ketika melakukan identifikasi masalah, hindari memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dikatakan memiliki masalah jika ada sesuatu yang tidak sesuai terjadi, misalnya ada penurunan penjualan pakaian olahraga di perusahaan X.

• Fokus Pada Satu Masalah

Advertisement

Saat menyusun skripsi, Anda perlu fokus pada satu masalah. Masalah itu penting diperhatikan hingga dicari tahu bagaimana memecahkannya agar penyusunan latar belakang lebih mudah untuk dikerjakan. Batasi masalah terlebih dahulu agar pembahasannya tidak meluas ke mana-mana.

• Mengumpulkan Hasil Penelitian Sebelumnya

Di latar belakang, masukan juga beberapa hasil penelitian sebelumnya sebagai pendukung bahwa topik masalah itu layak diteliti. Misalnya jika mengambil topik kebijakan terkait pendirian rumah ibadat di Kota Bandung maka bisa cari data terkait pelaksanaan kebijakan. Contohnya data agama tertentu masih kesulitan untuk membangun rumah ibadat.

2. Cara Membuat Latar Belakang Makalah

Untuk membuat latar belakang makalah, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan, berikut di antaranya:

• Memuat Data dan Fakta Pendukun

Dalam makalah, data dan fakta pendukung perlu dicantumkan. Data dan fakta pendukung ini bisa dihubungkan dengan teori yang digunakan.

• Analisis

Hal yang perlu dilakukan dalam membuat latar belakang makalah berikutnya yaitu mencantumkan analisis terkait permasalahan yang diangkat di makalah.

• Alasan Penelitian

Sama halnya dengan membuat latar belakang skripsi, latar belakang makalah juga perlu disertai dengan alasan mengapa Anda meneliti permasalahan yang diangkat dalam makalah tersebut.
Perlu diketahui, latar belakang makalah bisa dibuat secara otomatis dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

• Pertama buka aplikasi Google Chrome atau yang lainnya di HP, laptop maupun PC
• Kunjungi laman website Connected Papers, Anda bisa mengaksesnya di link https://www.connectedpapers.com/
• Jika sudah masuk ke halaman web Connected Papers, di halaman pertama, Anda bisa langsung memasukan judul makalah yang dibuat
• Pastikan judul sudah benar dan berkaitan dengan makalah. Jika sudah, silahkan tekan tombol Build a Graph atau bisa menekan enter pada keyboard smartphone, laptop maupun PC
• Jika sudah menekan tombol Build a Graph, selanjutnya akan muncul beragam pilihan topik yang sesuai denga judul makalah.
• Copy-Paste teks yang ada di sebelah kanan, ditandai dengan kotak warna ungu. Membuat latar belakang makalah otomatis pun selesai dilakukan.

3. Cara Membuat Latar Belakang Laporan PKL

Membuat latar belakang laporan PKL mencakup gambaran umum mengenai kegiatan atau program yang telah diselesaikan. Dengan membaca bagian latar belakang, pembaca bisa mengetahui garis besar dari isi laporan tersebut beserta kegiatannya. Untuk membuatnya harus mencakup unsur berikut:

• Visi Misi 

Hal pertama yang ditulis saat membuat latar belakang laporan PKL yaitu menjelaskan visi misi kegiatan. Misalnya jika dilakukan di puskesmas, berikan penjelasan terkait puskesmas terlebih dahulu. Masukan teori, literatur dan pendapat ahli yang sesuai.

• Mencakup Kondisi Aktual

Ketika membuat latar belakang, usahakan mencakup kondisi aktual yang sedang terjadi atau dibahas di lingkungan masyarakat. Misalnya pentingnya kegiatan PKL dilakukan.

• Memasukan Jalan Keluar atau Solusi

Sebelum masuk ke bagian penutup, di latar belakang laporan PKL, wajib mencantumkan jalan keluar atas permasalahan yang diangkat. Solusinya disesuaikan dengan tujuan masing-masing kegiatan PKL yang dilakukan oleh siswa.

• Penutup Latar Belakang

Di bagian ini, bisa dijelaskan garis besar hasil yang didapatkan dari program kerja lapangan tersebut. Bisa ditambah dengan harapan bahwa kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi siswa maupun lingkungan sekitar.

Beberapa cara membuat latar belakang penelitian ini bisa Anda jadikan pedoman agar lebih mudah saat membuatnya. Terlebih ketika menyusun skripsi, bagian latar belakang merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan agar usulan penelitian skripsi cepat disetujui.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait