Begini Cara Membuat Latar Belakang Skripsi, PKL dan Makalah Otomatis

Anggi Mardiana
12 Desember 2022, 11:26
cara membuat latar belakang, skripsi, penelitian
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sebelum bahas cara membuat latar belakang skripsi, PKL dan makalah, menurut Dermanan Wibisono (2004:304) dilansir dari Penaindo.com, latar belakang menjelaskan mengapa penelitian dilaksanakan dan apa yang ingin dicapai atau diketahui dari penelitian tersebut. Hal ini mencakup fakta dan data pendukung atas permasalahan yang diteliti.

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi, PKL dan Makalah Secara Otomatis

Selain membuat latar belakang, di artikel sebelumnya juga ada tips dan trik menulis kata pengantar Skripsi. Adapun  berikut cara mudah membuat latar belakang Skripsi, laporan PKL dan makalah secara otomatis:

Advertisement

1. Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir yang perlu dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Untuk membuat latar belakang skripsi, melansir dari Akuntansi-d4.stekom.ac.id:

Deskripsikan Topik Penelitian

Langkah pertama ketika membuat latar belakang skripsi ialah mendeskripsikan secara detail topik penelitian yang dipilih terlebih dahulu. Di bagian ini, jelaskan mengapa Anda memilih topik tersebut. Bisa dijelaskan mulai dari variabel hingga alasan memilih objek penelitian tersebut.

• Menemukan Fenomena

Latar belakang penelitian skripsi membahas fenomena yang terjadi di lapangan. Fenomena ini bisa dijadikan sebagai akar permasalahan yang dibahas di latar belakang. Mahasiswa perlu mengandalkan kepekaan untuk menemukan fenomena yang tengah dibicarakan.

• Melakukan Identifikasi Masalah

Untuk melakukan identifikasi masalah, hindari memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dikatakan memiliki masalah jika ada sesuatu yang tidak sesuai terjadi, misalnya ada penurunan penjualan pakaian olahraga di perusahaan X.

• Melakukan Identifikasi Masalah

Ketika melakukan identifikasi masalah, hindari memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dikatakan memiliki masalah jika ada sesuatu yang tidak sesuai terjadi, misalnya ada penurunan penjualan pakaian olahraga di perusahaan X.

• Fokus Pada Satu Masalah

Saat menyusun skripsi, Anda perlu fokus pada satu masalah. Masalah itu penting diperhatikan hingga dicari tahu bagaimana memecahkannya agar penyusunan latar belakang lebih mudah untuk dikerjakan. Batasi masalah terlebih dahulu agar pembahasannya tidak meluas ke mana-mana.

• Mengumpulkan Hasil Penelitian Sebelumnya

Di latar belakang, masukan juga beberapa hasil penelitian sebelumnya sebagai pendukung bahwa topik masalah itu layak diteliti. Misalnya jika mengambil topik kebijakan terkait pendirian rumah ibadat di Kota Bandung maka bisa cari data terkait pelaksanaan kebijakan. Contohnya data agama tertentu masih kesulitan untuk membangun rumah ibadat.

2. Cara Membuat Latar Belakang Makalah

Untuk membuat latar belakang makalah, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan, berikut di antaranya:

• Memuat Data dan Fakta Pendukun

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement