Memahami Makna Sila Ketiga Pancasila dan Penerapannya

Annisa Fianni Sisma
12 Desember 2022, 14:46
MAKNA SILA KETIGA PANCASILA
bpip.go.id
Ilustrasi Lambang Garuda Indonesia

Makna sila ketiga Pancasila menjadi pemahaman yang wajib bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, Pancasila merupakan dasar negara.

Pancasila dicetuskan oleh Ir. Soekarno dan disahkan pada Sidang PPKI 18 Agustus 1945. Hal ini pun menjadi norma dasar dalam pelaksanaan pemerintahan di Indonesia.

Salah satu sila dalam Pancasila yang memiliki makna mengagumkan adalah sila ketiga. Sila ketiga Pancasila berbunyi “Persatuan Indonesia”. Sila ini mengandung makna dan butir pengamalan yang mendalam.

Arti dari sila ketiga Pancasila merupakan bangsa Indonesia yang dituntut mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi maupun antar golongan. Prioritas utama dalam bernegara tentunya persatuan dan kesatuan.

Makna dasar negara sila ketiga Pancasila ini juga menekankan bahwa manusia wajib memiliki kepribadian rela berkorban demi negara Indonesia. Selain itu, masyarakat juga wajib mencintai bangsa Indonesia dan tanah air serta rasa bangga kepada negaranya.

Makna Sila Ketiga Pancasila

Berkaitan dengan hal tersebut, tentu perlu memahami makna sila ketiga Pancasila lebih jauh. Berikut ini penjelasan terkait maknanya melansir dari Bpip.go.id.

1. Negara Indonesia bukan sekedar ada karena persatuan perangai yang timbul karena adanya persatuan nasib, melainkan lebih dari itu. Indonesia hadir karena ada persatuan antara orang dengan tanah air yang didiaminya.
2. Persatuan Indonesia bernafaskan semangat kebangsaan yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Bangsa ini memiliki nasib dan tanggungan yang sama dalam bingkai NKRI.
3. Persatuan Indonesia merupakan sikap kebangsaan yang menghormati perbedaan dan keberagaman masyarakat dan bangsa Indonesia.
4. Bangsa Indonesia juga mampu menempatkan persatuan serta kesatuan serta kepentingan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi maupun golongan.
5. Warga Negara Indonesia juga mengembangkan rasa cinta tanah air dan bangsa. WNI juga bersedia berkorban untuk kepentingan negara dan bangsanya jika diperlukan.
6. WNI juga mampu mengembangkan rasa bangga berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.

Itulah enam makna sila ketiga Pancasila yang dapat dipahami dengan mudah. Dapat diketahui bahwa pemaknaan sila ketiga ini menekankan adanya keadilan dan persatuan masyarakat Indonesia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...