Jarang Terjadi, Ini 6 Perempuan Wasit Piala Dunia 2022

Tifani
Oleh Tifani
12 Desember 2022, 14:23
Ilustrasi Wasit Piala Dunia
Unsplash
Ilustrasi Wasit Piala Dunia

Sejarah baru akan tercipta pada perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar. Untuk pertama kalinya, beberapa laga turnamen sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia itu akan dipimpin oleh wasit perempuan.

Tiga dari enam wanita tersebut bertugas sebagai wasit utama, sementara tiga sisanya berperan sebagai asisten wasit. Dikutip dari laman Bola.net, bahkan Kepala Komite Wasit FIFA, Pierluigi Colinna mengatakan, penunjukan ofisial perempuan ini mengacu pada kualitasnya sebagai wasit, alih-alih dari jenis kelamin.

Advertisement

Pierluigi Collina juga memastikan keenam official wasit wanita ini tidak akan didiskriminasi maupun dibatasi. Berikut enam perempuan yang menjadi wasit Piala Dunia 2022 Qatar:

Neuza Back (Brasil)

Wanita berkebangsaan Brasil ini lahir pada 11 Agustus 1984. Neuza Back bertugas menjadi asiten wasit Piala Dunia 2022.

Debut Back di ajang pertandingan sepak bola pria internasional bermula saat mengawal laga Copa Sudamericana antara Penarol vs Velez Sarsfield. Namanya mulai mencuat saat ditunjuk menjadi asisten wasit Piala Dunia antar Klub 2020 bersama kompatriotnya, Edina Alves Batista.

Ia pun menjadi wanita Amerika Latin pertama yang menjadi wasit Piala Dunia dan ditunjuk untuk mengawal laga kejuaraan dunia pria. Pada laga tersebut, ia bertugas sebagai asisten wasit cadangan pada laga Tigers vs Ulsan Hyundai dan babak perempat final antar Ulsan Hyundai vs Al Duhail.

Salima Mukansanga (Rwanda)

Wanita kelahiran 25 Juli 1988 ini memiliki ketertarikan pada dunia wasit sepak bola sejak 2006. Saat itu, Salima Mukansanga tengah menempuh pendidikan tahun terakhir di sekolah menengah St Vincent de Paul Musanze.

Sebenarnya, saat kecil Salima lebih tertarik pada bola basket. Namun, kesulitan akses dan hal lain membuat ia mengalihkan fokusnya ke sepak bola.

Sebelum ditunjuk sebagai wasit Piala Dunia 2022 Qatar, ia telah menorehkan beberapa catatan bergengsi sebagai wasit. Salah satu catatan bergengsinya adalah menjadi wasit di Piala Dunia Wanita U-17 FIFA di Uruguay pada 2018 serta memimpin laga Piala Dunia Wanita dan Olimpiade Tokyo pada 2019.

Yoshimi Yamashita (Jepang)

Yoshimi Yamashita lahir di Tokyo pada 20 Februari 1986. Sebelum ditunjuk menjadi wasit utama dalam laga Piala Dunia 2022 di Qatar, ia pernah menjadi wasit Piala Dunia Wanita 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Yamashita juga menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit pada laga sepak bola pria liga Jepang atau J-League. Selain itu, ia juga pernah memimpin laga pertandingan sepak bola tingkat Asia, AFC Champions League.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement