Mendalami Contoh Pengamalan Sila ke-3 Pancasila dalam Masyarakat

Annisa Fianni Sisma
14 Desember 2022, 11:00
contoh pengamalan sila ke-3
bpip.go.id
Ilustrasi Lambang Sila Ketiga Pancasila: Pohon Beringin

Pancasila yang merupakan dasar negara dan pedoman hidup bangsa, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal itu, tentu menarik membahas contoh pengamalan sila ke-3 Pancasila.

Pancasila dicetuskan oleh Ir. Soekarno dan disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Hal ini pun menjadi norma dasar dalam pelaksanaan pemerintahan di Indonesia.

Advertisement

Pancasila tercantum pada Preambule Alenia ke-4 UUD NRI 1945. Dalam paragraf tersebut, terdapat 5 (lima) sila yang untuk memahami salah satu sila harus memahami juga makna masing-masing sila.

Sila-sila tersebut yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Masing-masing sila berkaitan dengan satu sama lain.

Contoh Pengamalan Sila Ke-3 Pancasila

Dalam menerapkan nilai-nilai sila ke-3 Pancasila, tentu harus memahami makna sila-sila di atasnya yakni sila ke-1 dan ke-2. Sila ke-1 menekankan terkait masyarakat yang beragama dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Sedangkan sila ke-2 menjunjung tinggi sikap yang beradab dan adil serta non diskriminatif.

Tak hanya itu, sila ke-3 juga wajib dipahami maknanya. Sila ke-3 menegaskan terkait persatuan dan ketertiban dunia. Sila ini menekankan cinta tanah air bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini beberapa contoh pengamalan sila ke-3 Pancasila yang dapat diterapkan di berbagai lingkungan dan kondisi sehari-hari.

1. Contoh Pengamalan Sila ke-3 Pancasila di Lingkungan Keluarga

a. Rajin belajar demi diri sendiri dan keluarga.
b. Menjaga dan melindungi keluarga.
c. Menunjukkan perilaku hormat kepada anggota keluarga.
d. Tidak diskriminatif terhadap anggota keluarga.
e. Saling menyayangi antar anggota keluarga.
f. Membantu kegiatan keluarga.
g. Menjaga perdamaian antar anggota keluarga.
h. Mengutamakan kepentingan dan kerukunan bersama antar anggota keluarga.
i. Bersikap adil terhadap sesama keluarga.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement