Menjawab Pertanyaan Interview Kerja dan Menghindari Jebakan Pertanyaan

Tifani
Oleh Tifani
14 Desember 2022, 20:56
Ilustrasi Pertanyaan Interview Kerja
Katadata
Ilustrasi Pertanyaan Interview Kerja

Interview adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan saat melamar kerja. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar interview kerja dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Cara Menjawab Pertanyaan Interiew Kerja

Pertanyaan seputar interview terkadang memang tidak terduga dan bisa saja menjebak. Maka dari itu para pelamar harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan interview kerja agar diterima. Dikutip dari Topkarir.com.,berikut ini ragam cara menjawab pertanyaan interview kerja

1. Ceritakan Tentang Pribadi Anda

Pertanyaan yang satu ini sering muncul pada saat wawancara kerja. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan asal kampus, jurusan, pengalaman, passion, dan segala sesuatu yang pembahasannya nanti mengarah ke pekerjaan.

Di sisi lain, jangan menceritakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti nama orang tua, jabatan orang tua, nama pacar, dan lain sebagainya.

2. Sampaikan Kelebihan Anda

Saat memperoleh pertanyaan interview kerja ini, maka Anda bisa mengutarakan tentang kelebihan yang dimiliki dari segi sikap, pengetahuan, atau prestasi. Misalnya seperti kemampuan leadership, public speaking, multitasking, dan lain sebagainya.

3. Alasan Melamar ke Perusahaan

Pertanyaan interview kerja yang berikutnya adalah alasan Anda untuk melamar pekerjaan. Jika memperoleh pertanyaan semacam ini, Anda bisa menjawab bahwa perusahaan ini adalah perusahaan yang memiliki reputasi dan branding yang baik di masyarakat. Oleh karena itu, Anda ingin menjadi bagian dalam mengembangkan bisnis di perusahaan tersebut.

4. Sampaikan Hal yang Ingin Diraih

Jawaban tentang pertanyaan yang berhubungan dengan goals hendaknya perlu disesuaikan dengan jabatan yang sedang dilamar. Contohnya, jika melamar di posisi marketing, maka goals Anda adalah menghasilkan omset besar dan membantu banyak karyawan lain memperoleh insentif

5. Ungkapkan Gaji yang Diharapkan

Hindari menjawab pertanyaan ini dengan nominal yang jelas. Aturan utama dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan riset soal kisaran gaji untuk posisi yang Anda lamar.

Ada baiknya, Anda mengajukan nominal dalam bentuk range. Tentukan range yang masuk akal, sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan skill yang Anda miliki.

6. Alasan Mempekerjakan Anda

Pastikan Anda menjawab pertanyaan interview kerja ini dengan tiga hal penting, yaitu Anda bukan hanya bekerja tapi bisa menghasilkan yang terbaik, Anda bisa dengan mudah beradaptasi dengan tim dan budaya kerja dan Anda adalah pilihan terbaik dibanding kandidat lain. Pertanyaan ini adalah waktu yang tepat untuk "menjual" skill pada sang pewawancara.

7. Alasan Berhenti dari Pekerjaan Lama

Bila Anda sudah bekerja lebih dari satu kantor, pasti pertanyaan ini akan muncul. Saat menjawab pertanyan interview sejenis ini pastikan untuk tidak menebarkan aura negatif tentang kantor lama. Sebaliknya, sampaikan bahwa Anda berniat untuk memulai perjalanan baru dengan kesempatan baru.

Seperti Anda ingin mendapatkan banyak kesempatan baru di karir yang selanjutnya dan bukan di perusahaan yang lama.

8. Sampaikan Kelemahan 

Pertanyaan interview kerja ini berguna untuk mengecek apakah Anda termasuk orang yang sadar diri atau tidak. Jawablah pertanyaan ini dengan sifat jelek yang biasanya ada di kebanyakan orang seperti susah bangun tidur dan lain sebagainya.

Tambahkan juga dengan cara apa yang kita gunakan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

9. Sumber Info Lowongan Pekerjaan

Sebagian HRD akan menanyakan kepada Anda dari mana mendapatkan info lowongan pekerjaan saat ini. Hal itu untuk mengetahui bagaimana Anda membangun koneksi, mencari informasi, atau melihat ketertarikan Anda terhadap perusahaan. Jawablah pertanyaan wawancara ini dengan jujur.

Jika mendapat info lowongan dari teman di perusahaan tersebut, Anda bisa menjadikan itu sebagai jawaban untuk memperlihatkan kemampuan membangun networking.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement