Mengenal Contoh Seni Rupa Terapan 2 dan 3 Dimensi

Dwi Latifatul Fajri
15 Desember 2022, 17:21
Memahami pengertian seni rupa terapan, jenis, dan contohnya
ANTARA FOTO/Suwandy/wsj.
Seorang pengunjung mengamati lukisan berjudul Rampak Gendang, karya pelukis Andriyadi

Seni adalah gagasan manusia yang melibatkan kreatifitas, kepekaan indera, kemampuan terampil, dan berpikir. Seni menghasilkan karya yang indah, selaras, dan bernilai. Seni termasuk unsur budaya yang berkembang hingga kini.

Seni menjadi bagian dari sejarah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jika kalian pergi ke museum seni, ada berbagai benda seni yang bernilai. Karya seni ini dibuat orang-orang terdahulu yang memiliki sejarah penting.

Istilah seni berasal dari bahasa Sansekerta, yang diadopsi dalam Bahasa Indonesia. Arti seni dalam bahasa Sansekerta adalah permintaan atau pencarian. Sedangkan arti seni (art) dalam bahasa Inggris adalah kemahiran.

Apa itu Seni Rupa?

PAMERAN TIGA PELUKIS BERTAJUK SEQUEL
PAMERAN TIGA PELUKIS BERTAJUK SEQUEL (ANTARA FOTO/Dodo Karundeng/hp.)

Seni rupa adalah cabang seni yang menggabungkan elemen dan unsur rupa. Arti dari unsur rupa ini wujudnya dapat dilihat dan dihayati melalui indera mata. Dalam seni rupa terdapat elemen titik, garis, ruang, bentuk, warna, dan cahaya.

Mengutip buku Pembelajaran Seni Rupa, seni rupa terdiri dari dua kata yaitu seni dan rupa. Kata seni ini diartikan menampilkan keindahan yang diwujudkan dalam bentuk karya, gerakan, dan meto lain. Sedangkan wujud artinya dapat dilihat, dirasa, dan dinikmati.

Secara umum arti seni rupa dapat dilihat oleh mata dan bisa diraba dengan indera. Karya seni ini merupakan pengungkapan keindahan rasa dan kreativitas. Karya seni ini hasil keterampilan dan rasa keindahan.

Mengutip buku Seni Rupa untuk Anak Usia Dini, contoh seni rupa adalah gambar, lukisan, patung, perabot rumah tangga, dan pahatan. Karya seni rupa ini memiliki komposisi perspektif dan isi yang menarik untuk dilihat.

Fungsi Seni Rupa

1. Seni Rupa Terapan

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan terapan. Pengertian seni rupa terapan adalah jenis seni rupa yang mengutamakan nilai guna dan nilai keindahan. Jadi, seni rupa terapan memiliki nilai guna dan menonjolkan keindahan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...