5 Rekomendasi Buku Filsafat Ini Menarik untuk Dibaca

Tifani
Oleh Tifani
19 Desember 2022, 18:55
Ilustrasi Rekomendasi Buku Filsafat
Katadata
Ilustrasi Rekomendasi Buku Filsafat

Filsafat adalah sebuah ilmu dasar yang berkaitan dengan eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa. Filsafat merupakan ilmu umum yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rekomendasi Buku Filsafat

Istilah filsafat sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu "philein” yang mengandung arti “cinta” dan "sophos" dalam artinya "hikmat atau kebijaksanaan". Oleh karena itu, filsafat sering kali disebut sebagai jalan menuju kebijaksanaan.

Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu yang ada secara mendalam dengan mempergunakan akal sampai pada hakikatnya. Dikutip dari buku Filsafat Ilmu (2011) oleh Drs.A. Susanto, M.Pd., belajar tentang filsafat bisa membantu untuk berpikir lebih kritis.

Selain itu membaca buku filsafat dapat membuka cara pandang menjadi lebih luas, dan mengontrol pikiran serta emosi sebelum melakukan sebuah tindakan. Dikutip dari laman gramedia.com, berikut rekomendasi buku filsafat yang menarik untuk dibaca.

1. Dunia Sophie

Rekomendasi buku filsafat yang pertama adalah Dunia Sophie. Buku filsafat yang satu ini ditulis oleh Jostein Gaarder.

Buku ini terbit pada 2 Desember 1991, dan memiliki 518 halaman. Buku Dunia Sophie ini cocok bagi anda yang ingin mempelajari cabang keilmuan filsafat.

Salah satu rekomendasi buku filsafat ini menceritakan tentang kisah seorang gadis remaja bernama Sophie, dia bertemu dengan seorang pria misterius bernama Alberto Knox.

Pertemuannya dengan Knox membuat Sophie mulai mempelajari filsafat. Ajaran dan nilai-nilai filsafat digambarkan oleh sang penulis melalui aktivitas dan kehidupan sehari-hari Sophie.

Pengetahuan mengenai filsafat yang mudah untuk dipahami dituliskan dengan kalimat yang ringan melalui buku ini. Dalam buku ini, Sophie banyak memberikan pelajaran tentang filsafat abad pertengahan hingga bagaimana Sophie mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenaknya.

Meskipun pada beberapa bagian, novel ini terkesan tidak masuk akal, Dunia Sophie masih menjadi salah satu rekomendasi buku filsafat untuk pemula terbaik karena mudah dipahami.

2. Philosophy 101

Rekomendasi buku filsafat selanjutnya ialah Philosophy 101 dari Plato dan Socrates hingga Etika dan Metafisika, Primer Penting tentang Sejarah Pemikiran.

Buku yang ditulis langsung oleh Paul Kleinman, dan diterbitkan oleh Adams Media. Buku ini terbit pada tanggal 18 September 2013, dan memiliki 384 halaman.

Buku filsafat ini cocok untuk pemula yang mulai mempelajari tentang filsafat. Sebab, buku Philosophy 101 mengemas kajian filsafat secara ringkas dan ringan, sehingga mudah untuk dipahami.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement