9 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dan Bakteri Penyebabnya

Keringat pada kaki dapat mengendap dan mengeluarkan bau kurang sedap jika tidak sering dibersihkan. Untuk menghindari aroma tidak sedap, berikut cara menghilangkan bau sepatu.
Image title
4 Januari 2023, 15:38
Cara menghilangkan bau sepatu.
pexels
Ilustrasi, sepatu.

Sepatu merupakan salah satu benda yang sering digunakan kemana-mana. Sebagai alas kaki, sepatu tergolong rentan terhadap timbulnya bau-bauan.

Keringat dari kaki akan mengendap mengeluarkan bau kurang sedap apabila tidak sering dibersihkan. Terlebih ketika bagian dalam sepatu terkena air yang menyebabkannya menjadi lembab.

Terkait dengan hal itu, kali ini Katadata.co.id ingin membagikan sejumlah cara menghilangkan bau sepatu yang bisa diterapkan. Mulai dari menggunakan bumbu dapur hingga alkohol, simak pembahasan berikut.

1. Kertas Koran

Melansir dari Bob Villa, ternyata menggumpalkan kertas koran dan memasukkannya ke dalam sepatu bisa menjadi cara menghilangkan bau sepatu. Diamkan selama satu malam, kertas akan menyerap kelembaban yang mampu membantu memberantas bau di dalam sepatu.

Apabila Anda tidak memiliki kertas koran, bisa gunakan jenis kertas apa saja. misalnya kertas tulis atau tisu yang digumpal agar tebal. Untuk menghilangkan bau dengan maksimal, Anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak pewangi aroma vanilla di atas kertas koran sebelum memasukkannya ke dalam sepatu.

2. Baking Soda

CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU
CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU (pexels)

 

Apabila memiliki baking soda di rumah, gunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Caranya, taburkan baking soda di dalam sepatu dan diamkan selama semalam. Jangan lupa keluarkan bubuk baking soda sebelum Anda menggunakannya.

Untuk menghilangkan dan memberi aroma segar, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan 1-2 tetes minyak pewangi sebelum mengaplikasikannya pada sepatu.

3. Sinar Matahari

Cara menghilangkan bau sepatu ini merupakan yang paling mudah dilakukan. Pasalnya, Anda hanya perlu meletakkan sepatu di bawah sinar matahari. Apabila tidak memiliki akses atau cuaca sedang tidak baik, Anda bisa meletakkan sepatu dekat dengan penghangat. Mengutip dari Apma, jangan lupa mengeluarkan tali dan menjulurkan lidah sepatu ke atas agar lebih cepat kering.

Disarankan untuk membiarkan sepatu dijemur selama 24 jam untuk memastikan benar-benar kering. Mengeringkan sepatu mampu membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Marc Sigal, seorang Spesialis Perawatan Sepatu menyampaikan, Anda juga bisa menggunakan kipas angin untuk membantu sepatu lebih cepat kering.

4. Dryer Sheet

Benda ini biasa digunakan untuk mengeringkan pakaian. Melansir Whirlpool, dryer sheet merupakan lembar kain yang digunakan untuk mencuci pakaian. Selain mengeringkan, manfaatnya juga bisa melembutkan. Demikian juga sepatu, bend aini bisa membantu mengeringkan dengan.

Gunakan dua lembar dryer sheet yang dilipat atau digumpal. Masukkan ke dalam sepatu selama semalaman. Dilansir dari Readers Digest, dryer sheet akan memberikan aroma yang segar ketika Anda menggunakan sepatu keesokan harinya. Apabila sepatu masih bau setelah 24 jam, ganti dryer sheet dengan yang baru dan diamkan lagi selama sehari semalaman.

5. Garam

CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU
CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU (pexels)

 

Caranya adalah dengan menaburkan garam ke dalam sepatu. Goncang sepatu untuk memastikan garam tersebar di seluruh bagian dalam sepatu. Setelah itu, diamkan selama 34 jam.

Diketahui bahwa garam mampu menyerap kelembaban dan mengatasi bau tidak sedap secara alami. Cara ini akan sangat efektif apabila diterapkan pada sepatu kanvas dan jala. Perlu dipertimbangkan untuk Anda yang memiliki sepatu suede atau kulit karena penggunaan garam tidak begitu menjanjikan untuk menghilangkan bau.

6. Alkohol

Cara menghilangkan bau sepatu berikutnya adalah dengan alkohol. Selain mengatasi luka, alkohol ternyata juga bisa untuk mengatasi aroma tidak sedap di dalam sepatu. Caranya adalah dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Setelah itu, gosok-gosok bagian dalam sepatu.

Readers Digest menjelaskan bahwa alkohol mampu menghilangkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri dan desinfeksi pada sepatu. Cara ini juga bisa diterapkan pada bagian luar sepatu. Disarankan untuk melakukan cara ini di luar ruangan karena alkohol memiliki bau yang cukup kuat. Maka dari itu, pastikan terdapat ventilasi yang layak atau Anda melakukannya di luar ruangan.

7. Air dan Cuka

Cara menghilangkan bau sepatu ini dirangkum dari situs Bob Villa yang menjelaskan bahwa campuran 1:1 dari air dan cuka mampu berantas aroma tidak sedap. Caranya adalah dengan mengeluarkan sol dalam dan meletakkannya di dalam mangkuk atau baskom. Campurkan larutan air dan cuka ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, diamkan selama 24 jam.

Cuka dianggap sebagai pemakan bebauan yang bisa kembali menyegarkan sepatu. Pastikan sol dalam benar-benar kering sebelum Anda memasangkan di badan sepatu.

8. Bersihkan Sol Sepatu

Membersihkan sol seperti biasanya juga bisa mengatasi bau sepatu. Anda bisa mencucinya dengan mesin atau manual. Caranya, masukkan ke dalam mesin cuci dengan kecepatan standar. Jangan lupa untuk menambahkan sabun pewangi agar lebih segar. Setelah itu, keringkan seperti biasa sebelum Anda menggunakannya.

Apabila sol masih berbau setelah dicuci, lebih disarankan membeli yang baru dan hanya mengganti bagian dalamnya saja. Anda juga bisa mencoba mencucinya menggunakan tangan dengan campuran air hangat dan sabun pencuci piring. Hal ini untuk menghindari kerusakan bentuk dan tekstur sol.

9. Cuci Sepatu

CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU
CARA MENGHILANGAKAN BAU SEPATU (pexels)

 

Apabila cara-cara di atas masih belum ampuh, Anda disarankan untuk mencuci sepatu secara keseluruhan. Caranya adalah dengan memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci. Sebelum itu, pastikan Anda sudah melihat tag sepatu untuk memastikan metode pencucian yang dilakukan sudah tepat. Bersihkan sepatu seperti biasa dengan menggunakan sabun, lalu keringkan selama 24 jam.

Cara ini lebih dianjurkan untuk sepatu kanvas dan jala, misalnya sneakers dan sepatu olahraga. Namun untuk sepatu kulit, karet, dan suede, sebaiknya dihindari. Perlu diingat bahwa boleh mencuci sepatu dengan mesin cuci bukan berarti Anda boleh memasukkannya ke dalam mesin pengering. Jangan lakukan hal itu apabila tidak ingin sepatu Anda berakhir tidak bisa dipakai.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang bisa Anda gunakan. Penting untuk membasmi aroma tidak sedap pada sepatu agar kaki Anda juga tidak mengeluarkan bau.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait