Telemarketing adalah Pemasaran Lewat Telepon, Begini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
23 Juni 2022, 15:52
Telemarketing adalah Pemasaran Lewat Telepon, Begini Penjelasannya
pixabay.com
Ilustrasi Telemarketing

Salah satu posisi pekerjaan yang mungkin Anda jumpai di sebuah perusahaan yaitu telemarketing. Perlu diketahui, telemarketing adalah salah satu posisi yang membantu meningkatkan penjualan di sebuah perusahaan.

Walaupun saat ini semua hal dilakukan serba digital, namun telemarketing masih dianggap sebagai cara ampuh untuk meningkatkan pemasaran. Maka dari itu, masih banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi ini.

Lantas, bagaimana tugas dan tanggung jawab dari posisi telemarketing? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Definisi Telemarketing

Berdasarkan keterangan dari Marketing-schools.org, telemarketing adalah strategi pemasaran dengan menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan lewat sambungan telepon. Seseorang yang berada di posisi ini disebut dengan telemarketer.

Posisi telemarketing ini sangat penting dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, mereka yang bekerja di posisi ini memiliki tanggung jawab atas keberlangsungan sistem pemasaran barang atau jasa dari perusahaan tersebut.

Namun, menurut penjelasan di Investopedia, cara pemasaran seperti ini terkesan mengganggu pelanggan, terutama jika dilakukan secara spam. Maka dari itu, agar proses pemasaran berjalan dengan lancar, ada baiknya untuk mengidentifikasi terlebih dahulu calon pembeli potensial.

Dengan menghubungi calon pembeli potensial, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa diminati dan berkemungkinan besar dibeli oleh orang yang tersebut.

Tugas Telemarketing

Setiap posisi dalam sebuah perusahaan pasti memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, tak terkecuali untuk posisi telemarketing. Mengutip dari glints.com, berikut ini sejumlah tugas dan tanggung jawab seorang telemarketer.

1. Berkomunikasi dengan Konsumen

Jika Anda bekerja di posisi telemarketing, maka tugas utama yang harus dijalankan yaitu berkomunikasi dengan calon konsumen. Komunikasi dalam hal ini meliputi; menerima pesanan, menjawab pertanyaan, mengatasi kekhawatiran konsumen atas barang atau jasa yang dibelinya, dan memberi saran yang dibutuhkan konsumen tersebut.

2. Melakukan Follow Up atas Tawaran yang Pernah Diberikan

Seorang telemarketer juga bertugas untuk melakukan follow up atas tawaran yang pernah diberikan. Nantinya, telemarketer akan bertugas untuk menanyakan kembali kepada konsumen terkait keinginan mereka untuk memiliki produk atau jasa yang pernah ditawarkan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...