Value Proposition Canvas adalah Elemen Business Model Canvas

Destiara Anggita Putri
26 Desember 2022, 14:20
Value Proposition Canvas Adalah Elemen dalam Business Model Canvas
Unsplash

Penyusunan Business Model Canvas (BMC) sangat diperlukan untuk mempermudah dalam melihat gambaran ide bisnis dan juga realisasinya secara cepat. Dibandingkan dengan business plan lain, BMC jauh lebih ringkas karena bisa disusun dalam satu satu halaman saja. 

Value proposition canvas adalah salah satu dari sembilan elemen yang ada dalam business model canvas. Ini merupakan elemen di mana pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana bisnis mereka bisa bermanfaat bagi pelanggan.

Advertisement

Pada umumnya, elemen ini akan menjabarkan poin-poin atau nilai suatu bisnis untuk segmen pelanggan. Jika Anda ingin mengetahui value proposition canvas lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini. 

Komponen dalam Value Proposition Canvas 

Value proposition canvas memiliki komponen berbentuk salah satu dari dua lingkaran atau kotak atau pola geometris lainnya. Komponen tersebut yaitu customer segment/ customer profile dan value proposition map. Esensinya terletak pada isi yang akan dijelaskan di dalamnya. Struktur aslinya adalah berbentuk lingkaran dan kotak  sebagai cara yang paling nyaman dapat digunakan untuk memecah keduanya. Simak penjelasan lengkap berikut ini:

Value Proposition Canvas Adalah Elemen dalam Business Model Canvas
Value Proposition Canvas Adalah Elemen dalam Business Model Canvas (Unsplash)

1. Lingkaran (Customer Segment/Profile)

Customer segment adalah komponen yang menggambarkan konsumen ke dalam tiga karakteristik berikut, yaitu:

Customer Job

Karakteristik konsumen ini berisi hal-hal yang mencakup tugas fungsional, sosial, serta emosional yang dilakukan pelanggan. Selain itu, karakteristik ini juga mencakup masalah yang ingin diselesaikan hingga kebutuhan apa yang ingin dipenuhi oleh pelanggan.

Dengan demikian, Anda bisa menyaring segmen pelanggan dari perspektif fungsional (kepraktisan), sosial (reputasi, rasa kewajiban), dan emosional (preferensi, popularitas)

Customer Pain

Karakteristik konsumen ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman negatif, emosi, serta resiko yang dialami dan dirasakan pelanggan saat menyelesaikan pekerjaannya. Mengetahui hal ini bisa membantu Anda untuk memahami kelemahan dan aspek negatif dari bisnis. 

Customer Gain

Karakteristik konsumen ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan manfaat yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Selain itu, karakteristik ini juga berisi hal-hal terkait apa yang membuat pelanggan senang dan yang bisa meningkatkan proposisi nilai dari produk dan/atau jasa tersebut. 

2. Kotak (Value Proposition Map)

Value proposition map adalah respons tindakan dari setiap karakteristik konsumen yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Pain Relievers

Pain relievers adalah bagian yang berkaitan dengan bagaimana suatu produk dan/atau jasa yang dibeli atau digunakan bisa menghilangkan customer pain point yang dirasakan.

Pada dasarnya, Anda harus bisa bisa menjawab dan memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan. 

Products & Services

Products and Services adalah bagian yang yang berkaitan dengan suatu produk dan/atau jasa bisa mencapai customer gain dan menyelesaikan customer pain point. Selain itu, produk dan/atau jasa yang ditawarkan bisa menciptakan nilai bagi pelanggan. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement