7 Cara Mengobati Kuku Cantengan dan Mengenal Penyebabnya

Image title
24 Januari 2023, 19:25
Cara mengobati kuku cantengan.
Unsplash
Ilustrasi, kuku cantengan.

Kuku merupakan bagian tubuh yang juga perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Selain untuk tampilan, hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari kondisi atau penyakit tertentu.

Salah satu imbas dari kurangnya kebersihan kuku adalah cantengan. Singkatnya, kuku cantengan merupakan kondisi ketika sudut kuku kaki melengkung dan tumbuh ke kulit di sekitarnya. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa sakit, kemerahan hingga bengkak bernanah.

Cantengan bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, di mana kuku yang umum mengalami cantengan adalah jempol.

Penyebab Cantengan

Sebelum membahas bagaimana cara mengobatinya, berikut apa saja penyebabnya.

1. Trauma kuku kaki
2. Memakai sepatu terlalu ketat
3. Memotong kuku kaki terlalu pendek
4. Memotong kuku kaki pada sudut tertentu
5. Kebersihan kuku kaki yang buruk
6. Keringat berlebih (hiperhidrosis)
7. Konsumsi obat-obatan tertentu.

Sementara itu, Anda juga perlu berhati-hati saat memotong kuku pada kaki maupun tangan. Tepian dari kuku yang terluka akibat menggunting juga rentan terhadap cantengan. Adapun hal mendasar yang bisa diterapkan untuk menghindari cantengan adalah dengan menjaga kebersihan kaki dan kuku.

Terkait dengan pembahasan ini, Katadata.co.id ingin memberikan cara mengobati kuku cantengan. Simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengobati Kuku Cantengan

1. Gunakan Air Hangat

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (Unsplash)

 

Cara mengobati kuku cantengan yang pertama adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat. Anda juga bisa menambahkan sabun agar lebih bersih dan harum.

Hal ini bertujuan untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan garam untuk menghilangkan bakteri pada bagian yang terluka.

2. Angkat Kuku Kaki

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (pexels)

 

Cara mengobati kuku cantengan ini merupakan tindakan medis yang biasa dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meluruskan kembali arah tumbuh sehingga menghindari pembengkakan berlebih akibat kuku yang kian memanjang ke dalam. Selain mempercayakan kepada perawat atau dokter, Anda bisa melakukannya di rumah.

Caranya yaitu dengan menyiapkan kapas, benang gigi, dan belat. Setelah kuku kaki terangkat, Anda harus merawatnya agar tetap higienis dan terhindar dari infeksi. Anda bisa menggunakan krim kortikosteroid untuk dioleskan secara teratur.

3. Cuka Apel

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (pexels)

 

Cuka apel memiliki berbagai kandungan yang bagus untuk tubuh. Di antaranya adalah vitamin B1, B2, B6, vitamin C, asam pantotenat niasin, asam folat, dan biotin. Anda bisa menggunakannya sebagai obat mengatasi kuku cantengan.

Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai rendaman untuk kaki. Dilansir dari Healthline, anda bisa mencampurkan ¼ cangkir cuka apel di dalam satu baskom air hangat. Rendam kaki selama 20 menit. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa melakukannya setiap hari. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki.

4. Gunakan Salep Antiseptik

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (pexels)

 

Cara mengobati kuku cantengan berikutnya adalah dengan salep atau krim antiseptik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi, terlebih kuku cantengan sangat rentan akibat kemerahan dan pembengkakan.

Adapun salep yang direkomendasikan untuk dipakai yaitu Neosporin, Polysporin, dan Bactroban. Setelah mengoleskan salep, Anda harus membalutnya kuku kaki dengan perban.

5. Menggunakan Pereda Sakit

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (pexels)

 

Cara mengobati kuku cantengan ini adalah dengan menggunakan pereda sakit. Lantaran kuku cantengan biasanya menimbulkan rasa sakit akibat pembengkakan. Parahnya, tak jarang cantengan mengeluarkan nanah akibat infeksi yang berlebih.

Untuk meredakan sakit sementara, Anda bisa mengonsumsi Tylenol yang bisa meringankan nyeri kuku kaki. Namun Anda juga harus memperhatikan dosis. Melansir Healthline, jangan melebihi 10 tablet dalam satu hari. Pastikan Anda tidak mengonsumsinya berbarengan dengan alkohol.

6. Menggunakan Pelindung Jari

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (pexels)

 

Pelindung jari ini berguna agar kuku cantengan terhindar dari kotoran yang memungkinkan menginfeksi. Tujuan lainnya juga untuk menghindari sudut kuku dari benturan yang bisa membuatnya semakin bengkak dan sakit.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menggunakan gel atau salep untuk melembutkan kuku kaki agar cantengan bisa dipotong. Anda bisa menerapkan carai ini sampai kuku cantengan benar-benar hilang.

7. Melepas Kuku

CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN
CARA MENGOBATI KUKU CANTENGAN (Unsplash)

 

Tindakan ini biasanya dilakukan oleh tenaga medis. Tentu akibat melepas kuku merupakan hal yang perlu kehati-hatian dan tidak mudah. Hal ini juga sebaiknya dilakukan apabila cara-cara sebelumnya tidak ada yang ampuh dalam mengobati kuku cantengan.

Tidak perlu khawatir akan rasa sakit, daerah sekitar kuku biasanya diberikan suntikan bius lokal. Selain diangkat, kuku juga dibersihkan dan bagian yang bengkak akan diobati terlebih dahulu. Tindakan ini sebenarnya juga meningkatkan risiko infeksi. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan lebih lanjut sebelum memutuskan.

Demikian penjelasan tentang cara mengobati kuku cantengan. Selain mengobatinya, penting untuk Anda bisa menjaga kebersihan kaki dan kuku untuk menghindari hal tersebut terjadi. Selain itu, Anda juga bisa secara rutin memotong kuku. Namun, perlu untuk memperhatikan bentuk dan komposisi potongan agar tidak terlalu pendek.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait