Ragam Contoh Proposal Non Formal Ini Bisa Menjadi Panduan

Tifani
Oleh Tifani
26 Januari 2023, 12:35
Ilustrasi Pembuatan Contoh Proposal Non Formal
Freepik
Ilustrasi Pembuatan Contoh Proposal Non Formal

Proposal adalah tulisan yang berisi rangkaian perencanaan sebuah kegiatan. Secara umum, proposal dibuat untuk memperoleh persetujuan dari berbagai pihak yang memiliki hubungan dengan kegiatan yang hendak dilaksanakan.

Dikutip dari laman Gramedia.com, secara umum format pembuatan proposal dibagi menjadi dua, yakni proposal formal, proposal non formal, dan proposal semi formal.

Contoh Proposal Non Formal

Ilustrasi Pembuatan Contoh Proposal No Formal
Ilustrasi Pembuatan Contoh Proposal No Formal (Freepik)

Proposal non formal adalah format proposal yang dibuat lebih fleksibel dan bebas. Proposal jenis ini tidak memiliki struktur resmi atau baku, sehingga proposal non-formal dapat dibuat bebas, tidak baku ataupun resmi.

Selain itu, proposal non formal sering dibuat dalam bentuk memorandum atau surat. Proposal non formal juga dapat dibuat sesuai kreatifitas si pembuat, dengan tujuan agar seseorang tertarik dengan apa yang ditawarkan dalam proposal.

Berikut contoh proposal non formal yang dapat menjadi panduan :

Contoh Proposal Non Formal Kerja Sama Usaha dan Bisnis

Ilustrasi, proposal usaha.
Ilustrasi, proposal usaha. (Freepik)

1. Membuat Pendahuluan dengan Baik

Bagian pertama dalam sebuah proposal adalah pendahuluan. Penting untuk memperhatikan ketepatan dalam membuat pendahuluan, mengingat posisinya berada di bagian paling depan sekaligus mengenalkan tujuan awal adanya proposal.

Pendahuluan perlu dibuat dengan rinci dan teliti. Anda bisa menuliskan secara lengkap latar belakang dibuatnya proposal, yang meliputi pondasi atas didirikannya usaha. Itu termasuk mencantumkan visi, misi dan tujuan usaha tersebut. Dengan begitu, proposal usaha bisa lebih meyakinkan pembacanya hingga calon investor. 

2. Menuliskan Profil Badan Usaha

Bagian kedua yang juga penting dicantumkan yaitu profil badan usaha. Di sini Anda perlu menuliskan apa nama perusahaan yang akan dibangun, jenis usaha yang akan dikerjakan, termasuk lokasi badan usahanya.

Pada bagian jenis usaha, silakan untuk menjelaskan jenis usaha yang hendak Anda jalankan. Yang perlu diingat saat menuliskan jenis usaha adalah kalimat yang dipakai. Buatlah kalimat menggunakan bahasa yang baik, padat, dan jelas.

Tidak perlu bertele-tele, yang penting sudah dapat diterima oleh pembaca dengan baik. Kemudian, dalam pemilihan nama perusahaan Anda juga harus memikirkannya dengan matang.

Jangan asal memilih nama perusahaan. Sebab nama ini akan menjadi brand yang akan dibawa ke mana-mana. Buatlah nama yang mudah diingat dan menarik perhatian pelanggan.

Terakhir, untuk lokasi perusahaan juga perlu dipilih dengan tepat. Pastikan lokasi yang telah ditentukan berada di lingkungan yang strategis. Sehingga dalam proposal, Anda bisa menjelaskan dengan yaki mengapa lokasi tersebut dipilih.

Dengan lokasi yang strategis, juga akan memungkinkan Anda untuk memperoleh pelanggan yang lebih banyak. Lokasi juga akan menjadi penentu perjalanan bisnis atau sebuah usaha.

3. Mencantumkan Struktur Organisasi Perusahaan

Hal selanjutnya yang ditemukan dari contoh proposal non formal kerja sama usaha dan bisnis adalah struktur organisasi. Perusahaan yang sehat, tentunya memiliki struktur yang jelas, sehingga alur kepemimpinan dan tanggung jawabnya menjadi lebih jelas. Selain itu, pihak-pihak yang terlibat dalam pembagian tugas akan lebih terstruktur dengan baik.

Sistem manajerial yang baik harus mencantumkan di antaranya pemilik usaha, pengelola, marketing, dan lain-lain, sesuai kebijakan pemilik usaha.

4. Memberikan Ulasan Produk Usaha

Hal keempat yang juga perlu dicantumkan adalah produk usaha. Mulai dari jenis produk yang akan dibuat sampai keunggulannya.

Tanpa mencantumkan jenis produk usaha, pembaca proposal tidak akan memiliki gambaran mengenai usaha yang akan dirintis. Setelah menjelaskan produk, Anda juga perlu menjelaskan cara membuat hingga sumber bahan baku diperoleh.

Jika semua itu sudah dijelaskan, maka orang yang membaca proposal akan mengetahui lebih dalam mengenai proses produksi usaha yang Anda rencanakan. Terakhir, Anda juga perlu mencantumkan keunggulan dari produk tersebut. Apalagi jika produk yang hendak dibuat sudah banyak di pasaran.

Keunikan dan inovasi baru harus dimasukkan guna menarik perhatian konsumen. Tanpa kebaruan dan keunggulan, tentu akan sangat sulit untuk bisa merintis usaha dari awal.

Cobalah untuk melakukan survei terhadap perusahaan atau usaha sejenis, sehingga Anda bisa memperkirakan keunggulan produk usaha yang akan direncanakan.

5. Menetapkan Target Pasar

Hal kelima adalah menetapkan target pasar. Dalam proposal, Anda perlu mencantumkan target pemasaran produk. Seperti dimana produk dipasarkan, untuk usia berapa saja, dan kelas mana yang hendak menjadi sasaran dari pemasaran produk tersebut.

Semua itu harus dijelaskan dan ditentukan, sehingga begitu produk siap diproduksi dan siap dijual, target pasar yang dituju sudah jelas.

6. Promosi dan Pemasaran

Keenam, Anda perlu melakukan promosi ketika hendak memasarkan produk. Setiap produk tentu butuh di branding, supaya dikenal luas oleh masyarakat.
Melalui promosi, Anda bisa memberikan penjelasan atau materi produk kepada calon konsumen yang menarik perhatian. Carilah strategi promosi yang baik dan tepat. Dengan begitu, proses pemasaran pun akan sangat terbantu.

Apalagi jika promosi berlangsung konsisten dan dapat meraup banyak pelanggan atau konsumen. Promosi yang berhasil dapat dilihat dari lancarnya proses pemasaran, sehingga lancar tidaknya proses pemasaran juga akan bergantung dengan proses promosi yang dilakukan.

7. Membuat Laporan Keuangan

Bagian ketujuh yang tak kalah penting untuk Anda tuliskan adalah laporan keuangan. Pada bagian laporan keuangan, Anda perlu mencantumkan alokasi dana, sumber perolehan dana, perhitungan laba, serta pembagian hasil usaha yang akan dilakukan.

Setiap usaha tentu memiliki resiko masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu membuat laporan usaha yang serealistis mungkin, supaya tidak menimbulkan kerugian.

8. Penutup

Di bagian kedelapan akan ada penutup. Setelah memberikan keterangan panjang kali lebar di halaman sebelumnya, Anda bisa menutup proposal dengan ulasan yang bagus. Yakinkan para investor maupun orang yang membaca proposal supaya tertarik dengan usaha yang akan Anda rintis.

Pakailah kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami namun memberikan kesan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan dukungan usaha. Jangan lupa pula untuk memberikan doa dan harapan untuk usaha yang akan dimulai.

Sampaikan pula kata terima kasih pada para investor yang bersedia memberikan dukungan finansial demi tercapainya cita-cita Anda dalam mendirikan usaha.

9. Lampiran

Terakhir, ada beberapa dokumen yang perlu Anda cantumkan. Anda bisa memberikan dokumen-dokumen pendukung yang kiranya dibutuhkan pada lampiran. Beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan yaitu surat izin usaha, biodata pemilik usaha, surat perjanjian, atau surat sertifikat usaha jika ada.

Contoh Proposal Non Formal Kerja Sama Usaha

Ilustrasi Contoh Proposal Sponsorship Pameran
Ilustrasi Contoh Proposal Sponsorship (Freepik)
  • Contoh Proposal Non Formal Kerja Sama Toko Kelontong

Judul : Proposal Penawaran Kerja Sama Toko Kelontong Citra Bumi

A. Pendahuluan

Sejak adanya pandemi COVID-19, usaha toko kelontong masih menjadi bisnis yang cukup menjanjikan dengan peluang yang terbuka besar.

Masyarakat banyak yang sulit untuk bisa bepergian berbelanja ke tempat yang lebih jauh seperti supermarket maupun pasar.

Alhasil, banyak masyarakat yang menjadi menggantungkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan membelinya di toko kelontong terdekat.

Toko kelontong memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang dimilikinya dan berbagai macam. Mulai dari sembako hingga produk digital seperti pulsa dan paket data.

Kelengkapan produk ini yang membuat toko kelontong juga ramai dan banyak digemari.

B. Visi dan Misi

Visi:

Memperluas akses pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat
Menawarkan harga yang bersaing dengan penjual lainnya
Misi:

Memberikan layanan terbaik dan terlengkap untuk pembeli
Mendapatkan keuntungan usaha semaksimal mungkin

C. Profil Usaha

Toko kelontong Citra Bumi sudah berdiri sejak tahun 2016 dan berlokasi di XXXXX. Pendiri toko ini yaitu XXXXX bersama dengan XXXXX setelah keduanya lulus dari XXXXXX.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement