7 Obat Sakit Kepala yang Ampuh dan Cara Meredakannya

Sakit kepala dapat disebabkan berbagai hal. Untuk meredakannya, Anda bisa meminum obat. Berikut tujuh rekomendasi obat sakit kepala yang ampuh.
Image title
25 Januari 2023, 18:45
Obat sakit kepala yang ampuh.
Unsplash
Ilustrasi, sakit kepala.

Sakit kepala merupakan hal yang dapat mengganggu aktivitas. Lantaran nyeri dapat memberikan tekanan dan rasa pusing.

Umumnya, sakit kepala disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat. Selain itu, juga terdapat beberapa hal yang memicunya. Berikut pembahasannya.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala dapat diakibatkan beberapa hal. Merangkum dari situs Nhs, berikut daftarnya.

1. Demam atau flu
2. Stress
3. Konsumsi alkohol berlebih
4. Masalah penglihatan
5. Tidak makan cukup
6. Konsumsi obat pereda nyeri berlebih.

Selain penyebab sakit kepala, Katadata.co.id juga ingin mengulas tentang beberapa obat sakit kepala yang ampuh. Dapat ditemukan di apotek, berikut ulasannya.

Obat Sakit Kepala yang Ampuh

1. Poldan Mig

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (Tokopedia)

 

Obat sakit kepala yang ampuh kali ini adalah Poldan Mig. Obat ini memiliki klaim dapat meredakan sakit kepala dan sakit kepala sebelah. Di dalamnya terkandung parasetamol, asetosal, dan kafein.

Adapun harga Poldan Mig juga relatif murah, yaitu di bawah Rp 5 ribu. Sebelum mengonsumsinya, Anda wajib sudah makan untuk mendapatkan manfaat dari obat secara maksimal.

2. Puyer Bintang Toedjoe

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (GoApotik)

 

Obat sakit kepala yang ampuh ini cocok untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi tablet. Puyer merupakan bentuk obat yang sudah dihaluskan. Jenis ini juga merupakan salah satu obat tradisional.

Puyer Bintang Toedjoe merupakan obat yang sudah menjamur di pasar sejak dahulu. Selain mengatasi sakit kepala, obat ini juga cocok untuk nyeri haid dan sakit gigi.

3. Biogesic

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (Tokopedia)

 

Rekomendasi obat sakit kepala yang ampuh berikutnya yaitu Biogesic. Berbentuk tablet, obat ini memang memiliki klaim sakit kepala, nyeri, dan demam.

Di dalamnya terdapat kandungan kafein. Melansir dari situs Bodrex, kafein terbukti ampuh menghambat kerja adenosine dengan cara mengecilkan pembuluh darah sehingga meredakan sakit kepala.

4. Proris

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (K24Klik)

 

Melansir dari K24klik, proris merupakan obat sakit kepala yang ampuh dan mengandung ibuprofen. Diketahui bahwa ibuprofen bersifat anti-radang dan bisa meredakan nyeri. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid, nyeri gigi, dan lain-lain.

Selain itu, juga mampu menghambat produksi hormon prostaglandin. Merangkum Halodoc, hormon ini merupakan senyawa dalam tubuh yang terbuat dari lemak yang dilepaskan oleh kelenjar. Prostaglandin lebih efektif untuk penyembuhan nyeri di perut.

5. Minyak Angin Polar Bear

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (Halodoc)

 

Selain obat, untuk meredakan sakit kepala bisa menggunakan minyak angin. Salah satunya adalah Minyak Angin Polar Bear yang memiliki aroma kuat dan menenangkan. Penggunaan minyak merupakan salah satu metode pengobatan tradisional yang masih lestari hingga sekarang.

Kandungan di dalamnya juga dominan bahan herbal alami. Di antaranya adalah minyak mint sebagai mentol dan minyak eukaliptus.

6. Panadol Extra

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (Halodoc)

 

Panadol merupakan salah satu merk obat yang khusus untuk sakit kepala. Salah satunya adalah Panadol Extra. Anda bisa menjadikan obat ini menjadi pertolongan pertama saat merasakan pusing.

Obat ini mengandung kafein yang bisa meredakan sakit kepala. Harganya juga relatif murah. Dilansir dari situs resmi K24, Panadol Extra dijual pada harga sekitar 13 ribu rupiah.

7. Dumin Sirup

OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH
OBAT SAKIT KEPALA YANG AMPUH (Halodoc)

 

Dumin sirup merupakan obat sakit kepala yang ampuh untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat kandungan paracetamol. Melansir Klik Dokter, paracetamol merupakan obat untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang.

Obat ini tidak mengandung alkohol dan memiliki rasa manis sehingga ramah untuk anak-anak. Selain sakit kepala, Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi demam dan sakit gigi.

Cara Meredakan Sakit Kepala

1. Kurangi Minuman Beralkohol

Alkohol merupakan salah satu hal yang dapat memicu sakit kepala migrain. Asupan alkohol menjadi penyebab tegangnya kepala. Masih mengutip dari Healthline, alkohol dapat mengakibatkan peradangan, mengaktifkan jalur saraf tertentu, dehidrasi,hingga memperlebar pembuluh darah.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol untuk mengatasi masalah sakit kepala. Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan pengar yang menimbulkan rasa tidak enak badan hingga kebingungan.

2. Kompres Dingin

Cara meredakan sakit kepala berikutnya adalah dengan menggunakan kompres dingin. Anda bisa menepuk-nepuk secara perlahan kompres di daerah leher hingga kepala. Tujuannya adalah mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi rasa sakit kepala.

Berdasarkan rilisan National Institutes of Health, terapi menggunakan kompres dingin bermanfaat untuk sakit kepala yang disebabkan obat nitrat. Diketahui bahwa obat nitrat biasa dikonsumsi untuk mengurangi nyeri pada dada.

3. Tidur Cukup

Cara meredakan sakit kepala berikutnya adalah dengan tidur cukup. Diketahui bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan. Menurut penelitian yang termuat di situs Healthline, kualitas tidur yang buruk dan insomnia berkaitan dengan peningkatan frekuensi dan keparahan sakit kepala.

Selain itu, juga ada yang namanya Sleep apnea, yaitu kondisi kesehatan dimana pernapasan berulang kali berhenti selama tidur. Diketahui bahwa gangguan tersebut memiliki kaitan dengan sakit kepala di pagi hari. Perlu diperhatikan juga bahwa terlalu banyak juga memicu sakit kepala.

Itulah pembahasan tentang beberapa obat sakit kepala yang ampuh. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan tiga cara untuk meredakan sakit kepala. Cara tersebut juga bisa untuk mencegah sakit kepala.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait