Contoh Teks Prosedur Singkat dengan Struktur Lengkapnya

Tifani
Oleh Tifani
16 Februari 2023, 19:00
Ilustrasi Contoh Teks Prosedur Singkat
Freepik
Ilustrasi Contoh Teks Prosedur Singkat

Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal. Teks prosedur menjelaskan cara membuat atau mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah atau cara-cara tertentu yang ditulis secara terstruktur dan sistematis.

Tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca atau pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Contoh Teks Prosedur Singkat

Contoh teks prosedur
Contoh teks prosedur (hemat.id)

Disandur dari buku Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, teks prosedur dibedakan dalam tiga kategori. Salah satunya ialah teks prosedur singkat.

Berikut contoh teks prosedur singkat dan strukturnya:

Bagian tujuan:

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen atau surat resmi yang harus dan wajib dimiliki oleh seluruh pengguna kendaraan, sebagai syarat untuk bisa berkendara di Indonesia. SIM akan diberikan dan diterbitkan oleh kepolisian Indonesia.

Bagian langkah-langkah:

  1. Langkah pertama adalah mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran SIM bisa dilakukan secara manual maupun online.
  2. Selanjutnya lampirkan fotokopi KTP atau paspor.
  3. Lampirkan pula fotokopi atau sertifikat pendidikan atau pelatihan mengemudi.
  4. Selanjutnya melakukan proses rekaman biometri seperti pengenalan wajah, retina mata dan sidik jari.
  5. Setelah itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan rohani, pemeriksaan fisik seperti penglihatan, pendengaran dan anggota gerak. Pemeriksaan rohani seperti kemampuan kognitif, psikomotorik dan tes kepribadian.
  6. Jika sudah semua dilakukan, akan diberi tahu apakah Anda lulus dalam ujian atau test yang telah disebutkan.
  7. Setelah itu kamu bisa mengambil SIM yang sudah dicetak.
  • Contoh Teks prosedur Singkat tentang Cara Membayar Shopee PayLater di Indomaret

Bagian Tujuan:

Shopee PayLater adalah layanan pinjaman yang memungkinkan Anda belanja di Shopee dan membayarnya nanti saat jatuh tempo. Ketika sudah jatuh tempo, Anda diharuskan langsung melunasi tagihan tersebut. Ada banyak metode pembayaran yang bisa dipilih, salah satunya melalui Indomaret.

Bagian langkah-langkah:

Adapun cara bayar Shopee PayLater melalui Indomaret sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Shopee.
  2. Kemudian masuk ke menu “Saya”.
  3. Lalu buka menu “Shopee PayLater”.
  4. Klik “Tagihan Saya”, kemdian pilih “Tagihan Shopee PayLater”.
  5. Berikutnya pilih “Bayar Sekarang”.
  6. Pilih metode pembayaran Indomaret.
  7. Catat kode pembayaran dan total tagihan yang muncul dilayar.
  8. Lalu klik “Ok”.
  9. Datang ke Indomaret terdekat.
  10. Informasikan kepada kasir bahwa Anda hendak membayar tagihan SPayLater sembari menunjukan kode pembayaran.
  11. Bayar tagihan sesuai dengan jumlah yang tertera di aplikasi Shopee. Tunggu sebentar dan kasir akan segera memproses pembayaran Anda.
  12. Setelah selesai, terima struk bukti pembayaran SPayLater dari kasir.
  • Contoh Teks prosedur Singkat tentang Cara Daftar IPOT di HP

Bagian tujuan:

IPOT merupakan aplikasi invesitas milik Indo Premier Sekuritas. Cara daftar IPOT yang mudah dan praktis, menjadi alasan aplikasi mobile ini banyak digermari.

Bagian langkah-langkah:

Sebelum berinvestasi di IPOT, Anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi. Cara daftar IPOT di HP cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi IPOTGo di smartphone yang Anda miliki.
  2. Buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan mengisi alamat email beserta nomor HP dengan benar.
  3. Lalu klik “Lanjut”.
  4. Kemudian ketik ulang alamat email yang Anda daftarkan untuk konfirmasi, kemudian klik “OK”.
  5. Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS kemudian pilih opsi “Lanjut”.
  6. Isikan nomor KTP dan jika Anda memiliki NPWP, masukan juga nomor NPWP. Lalu klik “Lanjut”.
  7. Setelah itu, akan muncul menu pop up untuk konfirmasi nama e-KTP.
  8. Jika benar, klik “OK”.
  9. Isi data pekerjaan, kemudian klik “Lanjut”.
  10. Jika Anda memilih “profesional”, maka tuliskan juga nama profesi Anda.
  11. Isi juga detail perusahaan, seperti nama perusahaan, bidang usaha, dan nomor telepon kantor.
  12. Pilih opsi tujuan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) dan rekening efek.
  13. Berikutnya pilih data korespondensi calon investor.
  14. Isi data tambahan yang meliputi rekening bank pribadi, nomor rekening, dan nama gadis ibu kandung.
  15. Unggah swafoto/ foto selfi dengan memegang KTP.
  16. Isi data penghasilan per tahun.
  17. Foto e-KTP yang Anda miliki dan tanda tangan di atas kertas putih.
  18. Cara daftar Indopremier selanjutnya yaitu buat username dan password.
  19. Kemudian lakukan verifikasi data dan cek kembali email untuk melihat pesan tentang pembukaan akun dan pemberitahuan SID dan SRE.
  20. Dengan demikian, akun telah berhasil dibuat dan bisa digunakan untuk berinvestasi.
  • Contoh Teks Prosedur Singkat tentang Cara Mendaftar Google Adsense YouTube
    Ide Konten Youtube Modal HP
    Ide Konten Youtube Modal HP (Unsplash)

Bagian tujuan:

Sebagai salah satu produk Google, YouTube turut diikutsertakan dalam layanan Google Adsense. Jadi untuk para YouTuber, bisa memonetisasi channel YouTube yang dimiliki ketika sudah memenuhi syarat yang ditentukan Google.

Bagian langkah-langkah:

  1. Buka Aplikasi Google Chrome
  2. Masuk ke Situs YouTube. Buka YouTube Studio dengan cara klik logo channel YouTube lalu pilih “YouTube Studio”.
  3. Pilih menu monetisasi yang ada di pojok kiri atas channel tersebut. Mengisi data dengan benar dan lengkap.
  4. Kirimkan data dan tunggu sampai pihak YouTube selesai meninjau data yang Anda kirimkan.
  5. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  6. Cek berkala status monetisasi yang Anda ajukan.
  7. Jika pada daftar video sudah dilengkapi ikon dollar berwarna hijau, maka artinya permohonan adsense Anda disetuju.
  • Contoh Teks Prosedur Singkat tentang Cara Mengirimkan Lamaran Pekerjaan Via Email
    Ilustrasi cara melamar kerja lewat email
    Ilustrasi cara melamar kerja lewat email (Katadata)

Bagian tujuan:

Saat ini, berkat bantuan teknologi, melamar pekerjaan cukup mudah dan bahkan tidak memerlukan banyak biaya untuk datang ke kantor ataupun mencetak dokumen. Kamu bisa melamar pekerjaan melalui media daring dan mengirimkan lamaran pekerjaan melalui surat elektronik atau e-mail.

Bagian langkah-langkah:

Berikut cara mengirim lamaran pekerjaan dengan benar:

  1. Siapkan seluruh berkas yang disyaratkan, seperti surat lamaran pekerjaan, biodata diri, dan juga portofolio pekerjaanmu sebelumnya (jika ada).
  2. Pastikan kamu menulis judul email, kata pengantar berupa maksud dan tujuan di bagian badan email, dan jangan lupa mencantumkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam bentuk soft file dalam e-mail.
  3. Cek kembali seluruh kelengkapan, alamat email tujuan, dan hindari kesalahan penulisan dalam surat elektronik lamaran pekerjaanmu.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...