Lezat dan Bernutrisi, Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Image title
22 Juli 2021, 10:12
Lezat dan Bernutrisi, Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
ANTARA FOTO/Arnas Padda
Pembeli memilih bawang putih yang dijual di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (31/12/2019). Pedagang setempat mengaku harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut mengalami kenaikan seperti bawang putih naik dari Rp23 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram akibat kurangnya pasokan jelang pergantian tahun.

Memiliki nama latin Allium sativum, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 45-60 cm di bawah sinar matahari dan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 9 bulan untuk siap panen. Bawang putih merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia.

Dalam sebuah artikel oleh Eti Krestini yang dipresentasikan pada International Seminar on Tropical Horticulture 2018 menunjukkan, nilai ekonomi bawang putih meningkat pesat di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir dan diprediksi belanjut hingga 2033. 

Oleh karena itu, bawang putih menjadi bahan bumbu unggulan yang digunakan hampir di seluruh resep masakan. Mudah dan murah untuk didapatkan, bawang putih ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat kesehatan dari bawang putih telah diakui selama berabad-abad. Peneliti  Richard S. Rivlin menulis dalam Journal of Nutrition bahwa dokter Yunani kuno, Hippocrates, menggunakan bawang putih untuk mengobati semua jenis penyakit.

Bawang putih dapat dimakan mentah, dalam bentuk bubuk, atau dalam bentuk minyak bawang putih untuk masakan. Mengonsumsi bawang putih mentah lebih baik untuk kesehatan karena dapat mempertahankan semua nutrisi yang bermanfaat. Sebagian besar manfaat bawang putih mentah berasal dari enzim yang disebut allicin. Allicin memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antikanker. Allicin juga memberikan bau khas bawang putih.

Saat ini, bawang putih masih digunakan sebagai pengobatan modern yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan bernutrisi. Berikut adalah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan berdasarkan penelitian yang ada.

1. Mengobati pilek

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bermanfaat untuk membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Bawang putih dapat dihancurkan, dikunyah atau diiris untuk menghasilkan allicin. Menurut penelitian dalam Journal of Immunology Research, allicin telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus, termasuk yang menyebabkan pilek atau flu. Jika Anda sering sakit pilek atau flu, makan bawang putih dapat membantu mengurangi gejala bahkan mencegah terjadinya pilek.

2. Meredakan asam urat

Bawang putih memiliki manfaat untuk menyembuhkan asam urat. Efek anti-inflamasi dalam bawang putih dapat membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari sistem dan mengurangi peradangan. Caranya, hancurkan 1-2 siung bawang putih lalu konsumsi secara mentah untuk meredakan nyeri sendi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...