Kementan Siapkan 1,7 Juta Hewan Kurban di Tengah Lesunya Permintaan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
19 Juli 2021, 18:59
Penjual hewan kurban menjajakan hewan dagangannya di Pasar Hewan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021). Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H aktivitas jual beli hewan kurban di Pasar Hewan Jonggol terpantau padat tanpa menjalankan protokol
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penjual hewan kurban menjajakan hewan dagangannya di Pasar Hewan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021). Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H aktivitas jual beli hewan kurban di Pasar Hewan Jonggol terpantau padat tanpa menjalankan protokol kesehatan hingga berpotensi menjadi klaster baru penyebarkan COVID-19 di masa PPKM Darurat.

Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban di puncak perayaan Idul Adha 1443 Hijriah mencukupi dan aman. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan terdapat 1.767.522 ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebelumnya sudah memastikan kesiapan dan ketersediaan pasokan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) dan sentra penjualan hewan kurban yaitu depo 1000 sapi kurban di Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/7). Mentan didampingi Walikota Bogor, Bima arya memantau pergerakan jual beli hewan, serta memastikan kesehatan dan ketersediaannya.

"Persiapan Idul Kurban Insyaallah semua bisa berjalan baik karena harga di lapangan dalam kendali. Kurang lebih seperti apa yang ada masih dalam kondisi cukup," kata Syahrul dalam keterangan pers, Senin (19/7).

Selain di Kota Bogor, Mentan sempat meninjau RPH Manggala di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/7). Dia memastikan persiapan dan kesiapan penyelenggaraan kurban dalam kondisi aman dan terkendali serta tertib dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Harganya stabil, dimana ada sedikit kenaikan sekitar Rp 500 ribu per ekor. Tetapi di hari raya ini memang harus naik, kalau tidak berarti daya beli turun," ujarnya.

Direktur Jenderal Kesehatan Hewan, Nasrullah memprediksikan jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini mengalami penurunan sekitar 10%, dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir. "Ada kemungkinan tahun ini ada penurunan 10% dari tahun sebelumnya. Data kami di 2020 tercatat ada 1.683.354 ekor hewan kurban," katanya.

Sementara itu, Pemerintah dan pelaku usaha, serta  pemerintah daerah telah melakukan koordinasi untuk menjamin ketersediaan hewan kurban di pasar.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...