PPKM Berlanjut, Dana Bantuan Sosial Bertambah Rp 55 T

Intan Nirmala Sari
20 Juli 2021, 20:42
bantuan sosial, PPKM, Jokowi,
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Warga menunjukkan uang bantuan sosial tunai atau BST usai mengambil di ATM Bank DKI, Jakarta, Selasa (20/7/2021).

Pemerintah mengumumkan penambahan alokasi anggaran bagi masyarakat terdampak Covid-19. Presiden Joko Widodo mengatakan, itu untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi, menyusul pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat yang diperpanjang hingga Minggu (25/7).

Pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 55,21 triliun berupa bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet dan juga subsidi listrik. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar sebesar Rp 1,2 juta untuk sekitar 1 juta Usaha Mikro.

Advertisement

"Saya sudah memerintahkan kepada para Menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak," kata Jokowi dalam pernyataan daringnya, Selasa (20/7).

Selain itu, pemerintah juga terus membagikan paket obat gratis untuk pasien Covid-19 dengan ketentuan orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. Rencananya, akan ada 2 juta paket obat yang disiapkan untuk pasien positif Covid-19.

Pemerintah akan terus memantau dan menimbang tren kasus Covid-19 ke depan. Presiden Joko Widodo mengatakan, jika kasus terus mengalami penurunan maka Senin 26 Juli 2021 akan dilakukan relaksasi dengan pembukaan pembatasan secara bertahap. 

Melansir Antara pada Selasa (20/7), Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim menyarankan agar perpanjangan PPKM dipimpin langsung oleh Presiden dan bukan lagi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves). Dengan begitu, dapat dibentuk team leader yang terdiri dari beberapa kementerian dan lembaga.

Adapun anggota team leader seperti Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menkopolhukam, Mendagri, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Sekretaris Negara, Kapolri hingga Panglima TNI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement