Kenali Fungsi dan Manfaat Vitamin D untuk Tulang

Image title
12 Agustus 2021, 23:59
Ada banyak manfaat vitamin D yang berperan penting untuk tulang.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi tengkorak manusia

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Vitamin D bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, fosfat usus, dan banyak efek biologis lainnya.

Vitamin D berperan penting dalam tubuh untuk membuat tulang tetap kuat dan sehat dengan membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, yang merupakan mineral untuk kesehatan tulang.

Otot pada tubuh membutuhkan kalsium dan fosfor untuk bergerak. Sementara saraf membutuhkan itu untuk membawa pesan ke seluruh tubuh Anda.

Tubuh memproduksi vitamin D secara alami ketika terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh melalui makanan dan suplemen tertentu untuk memastikan kadar vitamin cukup dalam darah.

Manfaat Vitamin D untuk Tulang

Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus melakukan regenerasi sehingga terbentuk jaringan baru. Tubuh mencapai massa (ukuran dan kekuatan) tulang tertinggi pada usia sekitar 30 tahun, biasanya antara usia 20 hingga 25 tahun. Setelah itu, tubuh mulai kehilangan massa tulang.

Seiring waktu, pengeroposan tulang dapat menyebabkan osteopenia (massa tulang rendah). Begitu juga dengan osteoporosis, yaitu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan lebih mudah patah (fraktur).

Fraktur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kecacatan dan kematian dini. Mendapatkan cukup vitamin D dan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteopenia atau osteoporosis.

Adapun beberapa manfaat vitamin D untuk tulang dapat dipahami melalui pembahasan berikut.

1. Menjaga tulang tetap kuat

Memiliki tulang yang sehat dan kuat dapat melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk rakhitis. Rakhitis merupakan kelainan yang menyebabkan anak memiliki tulang yang lemah dan lunak. Hal tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D dibutuhkan agar kalsium dan fosfor dapat digunakan untuk membangun tulang. Pada orang dewasa, memiliki tulang lunak dikenal sebagai osteomalacia.

2. Menyerap kalsium

Vitamin D dan kalsium bermanfaat untuk membantu membangun dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Tulang yang lemah dapat menyebabkan osteoporosis atau hilangnya kepadatan tulang dan berisiko mengalami patah tulang.

Vitamin D yang diserap dari konsumsi makanan maupun sinar matahari, kemudian akan diubah tubuh menjadi bentuk aktif vitamin. Bentuk aktif inilah yang mendorong penyerapan kalsium secara optimal.

3. Bekerja dengan kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid terletak di belakang tiroid dan berfungsi untuk memproduksi hormon paratiroid (PTH). Itu berperan dalam mengatur kadar mineral kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Kelenjar juga bekerja menyeimbangkan kalsium dalam darah termasuk pada ginjal, usus dan kerangka. Ketika tubuh menyerap kalsium dan vitamin D aktif yang cukup, kelenjar paratiroid berfungsi dengan baik di seluruh tubuh.

Ketika tubuh kekurangan vitamin D, penyerapan kalsium di usus menjadi kurang. Akibatnya, kadar kalsium dalam darah turun dan kelenjar paratiroid bereaksi menjadi lebih aktif. Selanjutnya,  itu akan menghasilkan lebih banyak PTH dan menyebabkan kalsium keluar dan melemahkan tulang.

4. Membantu menyembuhkan tulang yang patah

Dalam jurnal Bones tahun 2014, dua studi klinis menemukan efek positif dari konsumsi vitamin D dan kalsium. Penelitian menunjukan, vitamin D dan kalsium dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada area yang mengalami patag tulang.

Vitamin D memainkan peran penting dalam penyembuhan tulang dan mengaktifkan respon imun. Selain itu, vitami juga membantu darah mengambil dan menggunakan kalsium untuk kembali membangun tulang.

5. Menjaga kesehatan gigi

Selain menjaga kebersihan mulut secara baik, kesehatan gigi dapat dijaga dengan asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D mampu meningkatkan kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi hingga penyakit gusi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...