9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Buah Sirsak mengandung nutrisi, serat, dan vitamin C. Selain kandungan buah yang bergizi, ternyata daun sirsak juga dapat dikonsumsi. Berikut manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan.
Dwi Latifatul Fajri
31 Agustus 2021, 20:45
9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan
Flickr
Ilustrasi. Obat dari ekstrak daun dan buah sirsak, menurut penelitian, dapat menekan jumlah sel kanker.

Tanaman buah sirsak merupakan jenis tanaman yang bisa berkembang di banyak tempat, salah satunya di negara tropis. Adapun buah sirsak memiliki ciri-ciri berduri di bagian luar, dengan warna kulit hijau, sedangkan untuk bagian dalam buah memiliki tekstur lembut dan berwarna putih. Jika dimakan buah sirsak memiliki rasa yang kuat seperti nanas atau stroberi.

Berikut klasifikasi pohon sirsak:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Polycarpiceae
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Annona
  • Spesies : Annona muricata Linn
  • Nama Umum : Graviola (Brazil), Soursop (Inggris), Guanabana (Spanyol), Nangka Sabrang atau Nangka Belanda (Jawa), Nangka Walanda atau Sirsak (Sunda)

Ukuran buah sirsak bervariasi, dari yang berukuran kecil hingga besar. Sirsak mengandung nutrisi, serat, dan vitamin C. Selain kandungan buah yang bergizi, daun sirsak juga dapat dikonsumsi serta memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Mengutip jurnal berjudul Potensi Daun Sirsak, Daun Binahong, dan Daun Benalu Mangga Sebagai Antioksidan Pencegah Kanker, daun sirsak memiliki beragam manfaat. Daunnya memiliki beberapa kandungan senyawa seperti acetogenin, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol. Mengutip dari nimedhealth.com, berikut manfaat dari daun sirsak:

1. Mengobati kanker

Di Indonesia, daun sirsak digunakan sebagai penelitian untuk menyembuhkan penyakit kanker. Daun sirsak menjadi obat herbal alternatif untuk mengobati pasien penderita kanker. Kandungan acetoginin pada daun sirsak dapat menyerang sel kanker secara alami dan efektif. Caranya dengan merebus daun sirsak, kemudian airnya dapat diminum.

2. Meningkatkan jumlah sperma

Daun sirsak merupakan obat alami untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Carannya dengan rutin mengonsumsi ekstrak dari buah sirsak.

3. Mengobati peradangan

Konsumsi daun sirsak secara rutin bisa untuk pengobatan peradangan dan stres. Hal ini karena kandungan anti oksidan dan anti peradangan. Caranya, rebus daun sirsak hingga air berwarna seperti daun teh. kemudian konsumsi air rebusan setiap hari.

4. Mengobati penyakit

Rutin mengonsumsi buah dan daun sirsak dapat mengobati beberapa penyakit. Mulai dari sakit perut, demam, asam urat, tekanan darah tinggi, rematik, sampai penyakit ginjal kronis.

5. Membantu fungsi otot

Daun sirsak ternyata mengandung Kalium dan Kalsium yang baik untuk membantu fungsi otot.

6. Mengatur dan mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, rutin mengonsumsi daun sirsak bisa mengontrol gula darah. Daun sirsak mengandung fitokimia yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah. Kadar gula dalam darah yang sehat membantu melancarkan aliran pembuluh darah untuk memasok darah ke organ penting.

7. Meningkatkan sistem kekebalan

Kandungan daun sirsak yang lain yaitu vitamin B1, seng, dan selenium. Kandungan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi rebusan daun sirsak bisa menambah kekebalan tubuh untuk mengantisipasi risiko serangan pandemi.

8. Mengendalikan parasit

Beberapa penyakit disebabkan karena parasit yang bisa masuk dalam tubuh. Contoh parasit tersebut seperti cacing kremi dan protozoa. Lingkungan kotor dan tidak sehat juga menjadi tempat tinggal parasit yang berpotensi masuk ke tubuh. 

Rebusan daun sirsak bisa mengendalikan parasit. Caranya, seduh daun sirsak dalam air mendidih selama 10 menit. Setelah itu, ambil daun sirsak dan minum air rebusannya.

9. Sifat antioksidan

Antioksidan berfungsi menetralkan senyawa berbahaya atau radikal oksigen bebas. Terpapar radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel, rematik, dan mempercepat penuaan. Sebuah studi menemukan kandungan antioksidan pada daun sirsak dapat mencegah kerusakan sel dan menurunkan penyakit kronis.

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

1. Mengobati penyakit kulit

Rebusan daun sirsak membantu mengobati beberapa penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis. Psoriasis merupakan kondisi sel-sel kulit yang menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik. Pemicu psoriasis adalah stress dan pilek, sehingga memunculkan ruam pada kulit. Penyakit kulit eksim yaitu alergi yang membuat rasa gatal dan ruam merah pada kulit. Sedangkan dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang gatal, kering dan bersisik.

2. Menurunkan berat badan

Rutin mengonsumsi air rebusan daun sirsak bermanfaat untuk membakar kalori, mengurangi berat badan, dan lemak tubuh.

3. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat rebusan daun sirsak dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Untuk wanita yang rutin meminum teh daun sirsak akan membantu meningkatkan ovulasi dan melancarkan menstruasi. Kombinasikan rebusan daun sirsak dengan daun jambu biji, untuk meningkatkan kesuburan dan ovulasi, jika diminum secaraa rutin.

Efek Samping Konsumsi Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki efek samping untuk beberapa orang, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan, sehingga memicu beberapa penyakit. Melansir laman Alodokter, suplemen yang mengandung daun sirsak jika dikonsumsi berlebih dan dalam waktu panjang dapat merusak saraf. Kondisi tersebut juga dapat berakibat fatal bagi otak, seperti munculnya halusinasi dan kerusakan kendali gerak tubuh. Selain itu, kerusakan saraf otak bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Jika Anda berada dalam kondisi atau menderita penyakit tertentu sebaiknya batasi konsumsi daun sirsak, misalnya:

  • Sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi dan diabetes
  • Memiliki tekanan darah rendah
  • Memiliki penyakit gangguan ginjal, gangguan hati, dan Parkinson
  • Rebusan daun sirsak tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Kandungan Senyawa Daun Sirsak

  • Acetogenins
  • Annocatin,
  • Annocatalin
  • Annohexocin
  • Annonacin
  • Annomuricin
  • Annomurine
  • Ananol
  • Kalsium Oksalat
  • Caclourine
  • Gentisic Acid
  • Gigantetronin
  • Linoleic Acid

Manfaat Tanaman Sirsak

Buah sirsak memiliki berbagai kandungan penting untuk tubuh seperti karbohidrat, vitamin C dan mineral. Buah ini baik untuk sistem perncernaan karena dapat mencegah diare, maag, dan disentri. Selain bagian buah dan daun, bagian kulit batang dan biji buah sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan.

Biji buah sirsak bisa digunakan untuk mengurangi muntah dan obat herbal sakit kepala. Sementara itu, bagian kulit batang tanaman sirsak dapat digunakan untuk pengobatan asma, batuk, hipertensi, obat penenang, dan kejang.

Adapun untuk bagian akar tanaman sirsak dapat digunakan sebagai obat penenang, kejang, dan pengobatan herbal diabetes. Sementara itu bagian bunga jika dikonsumsi bisa menyembuhkan batuk dan bronkhitis.

Itulah beberapa manfaat tanaman hingga rebusan daun sirsak untuk kesehatan. Meski memiliki manfaat kesehatan, namun mengonsumsi rebusan daun sirsak berlebihan juga tidak baik. Sebaiknya mengonsumsi daun sirsak secukupnya demi menjaga kesehatan tubuh.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait