9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
31 Agustus 2021, 20:45
9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan
Flickr
Ilustrasi. Obat dari ekstrak daun dan buah sirsak, menurut penelitian, dapat menekan jumlah sel kanker.

Tanaman buah sirsak merupakan jenis tanaman yang bisa berkembang di banyak tempat, salah satunya di negara tropis. Adapun buah sirsak memiliki ciri-ciri berduri di bagian luar, dengan warna kulit hijau, sedangkan untuk bagian dalam buah memiliki tekstur lembut dan berwarna putih. Jika dimakan buah sirsak memiliki rasa yang kuat seperti nanas atau stroberi.

Berikut klasifikasi pohon sirsak:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Polycarpiceae
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Annona
  • Spesies : Annona muricata Linn
  • Nama Umum : Graviola (Brazil), Soursop (Inggris), Guanabana (Spanyol), Nangka Sabrang atau Nangka Belanda (Jawa), Nangka Walanda atau Sirsak (Sunda)

Ukuran buah sirsak bervariasi, dari yang berukuran kecil hingga besar. Sirsak mengandung nutrisi, serat, dan vitamin C. Selain kandungan buah yang bergizi, daun sirsak juga dapat dikonsumsi serta memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Mengutip jurnal berjudul Potensi Daun Sirsak, Daun Binahong, dan Daun Benalu Mangga Sebagai Antioksidan Pencegah Kanker, daun sirsak memiliki beragam manfaat. Daunnya memiliki beberapa kandungan senyawa seperti acetogenin, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol. Mengutip dari nimedhealth.com, berikut manfaat dari daun sirsak:

1. Mengobati kanker

Di Indonesia, daun sirsak digunakan sebagai penelitian untuk menyembuhkan penyakit kanker. Daun sirsak menjadi obat herbal alternatif untuk mengobati pasien penderita kanker. Kandungan acetoginin pada daun sirsak dapat menyerang sel kanker secara alami dan efektif. Caranya dengan merebus daun sirsak, kemudian airnya dapat diminum.

2. Meningkatkan jumlah sperma

Daun sirsak merupakan obat alami untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Carannya dengan rutin mengonsumsi ekstrak dari buah sirsak.

3. Mengobati peradangan

Konsumsi daun sirsak secara rutin bisa untuk pengobatan peradangan dan stres. Hal ini karena kandungan anti oksidan dan anti peradangan. Caranya, rebus daun sirsak hingga air berwarna seperti daun teh. kemudian konsumsi air rebusan setiap hari.

4. Mengobati penyakit

Rutin mengonsumsi buah dan daun sirsak dapat mengobati beberapa penyakit. Mulai dari sakit perut, demam, asam urat, tekanan darah tinggi, rematik, sampai penyakit ginjal kronis.

5. Membantu fungsi otot

Daun sirsak ternyata mengandung Kalium dan Kalsium yang baik untuk membantu fungsi otot.

6. Mengatur dan mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, rutin mengonsumsi daun sirsak bisa mengontrol gula darah. Daun sirsak mengandung fitokimia yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah. Kadar gula dalam darah yang sehat membantu melancarkan aliran pembuluh darah untuk memasok darah ke organ penting.

7. Meningkatkan sistem kekebalan

Kandungan daun sirsak yang lain yaitu vitamin B1, seng, dan selenium. Kandungan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi rebusan daun sirsak bisa menambah kekebalan tubuh untuk mengantisipasi risiko serangan pandemi.

8. Mengendalikan parasit

Beberapa penyakit disebabkan karena parasit yang bisa masuk dalam tubuh. Contoh parasit tersebut seperti cacing kremi dan protozoa. Lingkungan kotor dan tidak sehat juga menjadi tempat tinggal parasit yang berpotensi masuk ke tubuh. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...