10 Obat Sakit Perut Alami yang Aman dan Nyaman Digunakan

Sakit perut umum diderita oleh banyak orang. Penderita sakit perut dapat mengatasi rasa sakitnya menggunakan obat sakit perut alami.
Image title
1 September 2021, 22:55
Ilustrasi penderita sakit perut. Sakit perut umum diderita oleh banyak orang. Penderita sakit perut dapat mengatasi rasa sakit menggunakan obat sakit perut alami.
cottonbro/pexels
Ilustrasi penderita sakit perut.

Semua orang pasti pernah merasakan sakit perut setidaknya sekali dalam hidup mereka. Umumnya, penyebab sakit perut dapat diatasi dengan obat sakit perut dan tidak mengkhawatirkan. Biasanya, sakit perut ringan akan hilang dengan sendirinya. Dokter juga dapat mendiagnosa dan mengatasi masalah tersebut.

Ada empat jenis sakit perut, yaitu sakit perut bagian atas, bawah, sisi kanan dan sisi kiri, menurut dr. Charles Patrick Davis seperti dikutip dalam artikel Abdominal Pain Causes. Setiap jenis sakit perut memiliki gejala dan penyebab tertentu. Penderita sakit perut dapat menggambarkan intensitas sakit perut dengan menunjukkan:

  • Lokasi sakit perut.
  • Jenis sakit perut.
  • Intensitas rasa sakit.

Istilah sakit perut umumnya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berasal dari organ di dalam rongga perut. Organ-organ ini termasuk lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantong empedu, dan pankreas.

Obat sakit perut dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit. Obat tersebut tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, cair, dan serbuk. Ada beberapa obat sakit perut alami yang dapat Anda gunakan.

Obat Sakit Perut Alami

Saat sakit perut, tidak perlu terburu-buru mengonsumsi obat kimia. Sakit perut ringan dapat diatasi dengan aman menggunakan obat sakit perut alami. Anda dapat mencoba obat sakit perut alami berikut ini.

1. Jahe

Jahe mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi mual dan peradangan. Jahe bisa menjadi obat sakit perut alami yang sangat efektif untuk beberapa jenis sakit perut, karena memiliki sifat anti-inflamasi alami, menurut penelitian oleh Fakultas Kedokteran Pascasarjana dan Ilmu Kesehatan Universitas Exeter dalam British Journal of Anaesthesia.

Cukup tambahkan irisan jahe kupas ke dalam teh panas atau air panas biasa. Jika Anda tidak nyaman menggunakan jahe segar, cobalah bentuk kapsul atau bubuk. Pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat digunakan sebagai obat sakit perut alami. Teh ini ringan, beraroma, dan menenangkan. Fungsi teh chamomile adalah mengendurkan otot pencernaan dan mengobati masalah seperti gas, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, mual, muntah, dan diare, menurut artikel Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future dalam jurnal Molecular Medicine Reports.

Untuk membuatnya, rendam kantong teh yang sudah jadi atau 1 sendok makan (2 gram) daun chamomile kering dalam 1 cangkir (237 ml) air panas selama 5 menit. Minum satu hingga dua cangkir teh chamomile setiap hari membantu meredakan sakit perut secara alami.

3. Pisang

Pisang digunakan sebagai obat sakit perut alami karena mudah dicerna dan dikenal dapat meredakan sakit perut. Pisang memiliki efek antasid alami untuk menetralkan asam perut, sehingga mampu meredakan gangguan pencernaan dan mulas, menurut Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry.

Kandungan kalium dalam pisang juga dapat meningkatkan produksi lendir di perut sehingga membantu mencegah iritasi pada lapisan lambung. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 1-3 pisang ukuran sedang.

4. Daun Mint

Minyak daun mint adalah obat alami untuk sakit perut. Daun mint berfungsi sebagai antispasmodik, yaitu obat yang meredakan, mencegah, atau menurunkan kejadian kejang otot, terutama otot polos seperti pada dinding usus, menurut National Health Service di Britania Raya.

Konsumsi daun mint membantu meredakan kram perut dan kembung, terutama jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Daun ini bekerja dengan membantu otot dinding usus untuk rileks.

Daun mint tersedia dalam ekstrak berbentuk kapsul. Ada pula minyak daun mint yang dapat digunakan untuk memijat perut Anda atau diteteskan dalam diffuser. Minum teh daun mint juga dapat menenangkan sakit perut.

5. Susu

Terkadang sakit perut dapat menyebabkan nyeri lain, seperti mulas dan iritasi pada kerongkongan dan terasa seperti terbakar. Susu merupakan obat alami untuk mengatasi masalah tersebut. Susu dapat menetralkan asam yang diproduksi lambung, menurut Jeffry A. Katz, ahli gastroenterologi di University Hospitals Case Medical Center, Cleveland seperti dilansir dari Women’s Health.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan solusi alami untuk sakit perut. Panasnya air dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan gangguan pencernaan. Selain mandi air hangat, Anda juga dapat menggunakan kompres air panas selama 20 menit pada perut Anda.

7. Kayu Manis

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nature menemukan, kayu manis bermanfaat sebagai obat sakit perut alami, terutama untuk usus. Studi mengungkapkan, kayu manis dapat membantu menurunkan asam lambung dan sekresi pepsin (enzim pencernaan) dari dinding perut setelah makan.

Kayu manis mampu mengurangi gas karbon dioksida, meningkatkan pH, dan mendinginkan perut Anda. Hal itu membantu menjaga dinding perut dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kayu manis juga mengandung antioksidan polifenol, besi, dan kalsium yang seluruhnya dapat meredakan gangguan pencernaan, perut kembung, mulas, mual, dan kram perut.

8. Pepaya

Makan buah pepaya menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi sakit perut, dan membantu sembelit. Manfaat pepaya diperoleh dari enzim papain dan chymopapain, berdasarkan penelitian dalam buku Biotechnology for Beginners.

Enzim papain adalah enzim pencernaan alami yang memecah makanan yang mengiritasi lambung. Sedangkan enzim chymopapain membantu memecah protein dan menenangkan perut.

Pepaya merupakan sumber serat yang baik, yang membantu proses eliminasi tubuh, mengurangi kembung dan ketidaknyamanan pencernaan. Cera mengonsumsinya cukup dengan memakan pepaya segar atau masukkan ke dalam smoothie untuk meningkatkan kapasitas pencernaan dan mengurangi kembung.

9. Cuka Apel

Jika Anda sedang mengalami sakit perut yang disebabkan gas atau gangguan pencernaan, cuka apel dapat membantu mengatasinya. Menurut ahli gizi, Rania Batayneh, dalam Healthline, cuka apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu masalah usus umum yang disebabkan oleh bakteri, seperti diare.

Fermentasi dalam pembuatan cuka apel menghasilkan probiotik yang membantu mengatur pencernaan yang sehat secara keseluruhan. Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat sakit perut alami, campur satu cangkir air hangat dengan satu sendok makan cuka apel. Minumlah campuran ini 2 hingga 3 kali sehari sampai gejala Anda mereda.

10. Cengkeh

Cengkeh dapat digunakan sebagai obat sakit perut alami karena mengandung senyawa yang membantu mengendurkan lapisan saluran pencernaan. Senyawa tersebut membantu masalah pencernaan, seperti muntah, diare, perut kembung dan sakit perut, menurut Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine.

Cengkeh juga mengandung zat yang dapat membantu mengurangi gas di perut dan meningkatkan sekresi lambung. Penderita sakit perut dapat mencoba mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu. Minum campuran tersebut sekali sehari sebelum tidur.

Untuk mual dan mulas, Anda dapat mencampur cengkeh dengan 8 ons air mendidih untuk membuat teh cengkeh. Minum teh ini sekali atau dua kali sehari.

Demikian pembahasan mengenai obat sakit perut alami yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait