10 Obat Sakit Perut Alami yang Aman dan Nyaman Digunakan

Image title
1 September 2021, 22:55
Ilustrasi penderita sakit perut. Sakit perut umum diderita oleh banyak orang. Penderita sakit perut dapat mengatasi rasa sakit menggunakan obat sakit perut alami.
cottonbro/pexels
Ilustrasi penderita sakit perut.

Semua orang pasti pernah merasakan sakit perut setidaknya sekali dalam hidup mereka. Umumnya, penyebab sakit perut dapat diatasi dengan obat sakit perut dan tidak mengkhawatirkan. Biasanya, sakit perut ringan akan hilang dengan sendirinya. Dokter juga dapat mendiagnosa dan mengatasi masalah tersebut.

Ada empat jenis sakit perut, yaitu sakit perut bagian atas, bawah, sisi kanan dan sisi kiri, menurut dr. Charles Patrick Davis seperti dikutip dalam artikel Abdominal Pain Causes. Setiap jenis sakit perut memiliki gejala dan penyebab tertentu. Penderita sakit perut dapat menggambarkan intensitas sakit perut dengan menunjukkan:

Advertisement
  • Lokasi sakit perut.
  • Jenis sakit perut.
  • Intensitas rasa sakit.

Istilah sakit perut umumnya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berasal dari organ di dalam rongga perut. Organ-organ ini termasuk lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantong empedu, dan pankreas.

Obat sakit perut dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit. Obat tersebut tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, cair, dan serbuk. Ada beberapa obat sakit perut alami yang dapat Anda gunakan.

Obat Sakit Perut Alami

Saat sakit perut, tidak perlu terburu-buru mengonsumsi obat kimia. Sakit perut ringan dapat diatasi dengan aman menggunakan obat sakit perut alami. Anda dapat mencoba obat sakit perut alami berikut ini.

1. Jahe

Jahe mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi mual dan peradangan. Jahe bisa menjadi obat sakit perut alami yang sangat efektif untuk beberapa jenis sakit perut, karena memiliki sifat anti-inflamasi alami, menurut penelitian oleh Fakultas Kedokteran Pascasarjana dan Ilmu Kesehatan Universitas Exeter dalam British Journal of Anaesthesia.

Cukup tambahkan irisan jahe kupas ke dalam teh panas atau air panas biasa. Jika Anda tidak nyaman menggunakan jahe segar, cobalah bentuk kapsul atau bubuk. Pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat digunakan sebagai obat sakit perut alami. Teh ini ringan, beraroma, dan menenangkan. Fungsi teh chamomile adalah mengendurkan otot pencernaan dan mengobati masalah seperti gas, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, mual, muntah, dan diare, menurut artikel Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future dalam jurnal Molecular Medicine Reports.

Untuk membuatnya, rendam kantong teh yang sudah jadi atau 1 sendok makan (2 gram) daun chamomile kering dalam 1 cangkir (237 ml) air panas selama 5 menit. Minum satu hingga dua cangkir teh chamomile setiap hari membantu meredakan sakit perut secara alami.

3. Pisang

Pisang digunakan sebagai obat sakit perut alami karena mudah dicerna dan dikenal dapat meredakan sakit perut. Pisang memiliki efek antasid alami untuk menetralkan asam perut, sehingga mampu meredakan gangguan pencernaan dan mulas, menurut Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry.

Kandungan kalium dalam pisang juga dapat meningkatkan produksi lendir di perut sehingga membantu mencegah iritasi pada lapisan lambung. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 1-3 pisang ukuran sedang.

4. Daun Mint

Minyak daun mint adalah obat alami untuk sakit perut. Daun mint berfungsi sebagai antispasmodik, yaitu obat yang meredakan, mencegah, atau menurunkan kejadian kejang otot, terutama otot polos seperti pada dinding usus, menurut National Health Service di Britania Raya.

Konsumsi daun mint membantu meredakan kram perut dan kembung, terutama jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Daun ini bekerja dengan membantu otot dinding usus untuk rileks.

Daun mint tersedia dalam ekstrak berbentuk kapsul. Ada pula minyak daun mint yang dapat digunakan untuk memijat perut Anda atau diteteskan dalam diffuser. Minum teh daun mint juga dapat menenangkan sakit perut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement