Harga Tes PCR Turun, Arus Penumpang Bandara di Bali Naik 140%

Image title
Oleh Antara
5 September 2021, 16:18
tes pcr, Bandara, Tes PCR dan antigen, Bali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Penumpang pesawat udara berjalan menuju pintu keluar di area Terminal Kedatangan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (5/5/2021). Menjelang pemberlakuan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 6-17 Mei 2021, terjadi peningkatan arus penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dengan jumlah penumpang lebih dari 10 ribu orang per hari.

Arus penumpang pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, tercatat mengalami peningkatan sekitar 140%. Itu terjadi setelah penurunan tarif tes Covid-19 berbasis antigen maupun Polymerase Chain Reaction alias tes PCR, yang menjadi salah satu persyaratan perjalanan.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira mengatakan telah terjadi penurunan harga tes PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan udara di Bali. 

Yudhistira menjelaskan kalau peningkatan jumlah penumpang bandara tampak pada statistik penumpang yang datang dan meninggalkan bandara per Jumat (3/9) yang mencapai 6 ribu orang penumpang. Jumlah tersebut naik sekitar 140% dibandingkan catatan sebelumnya.

"Sebelumnya Bandara Ngurah Bali setiap harinya, melayani rata-rata sekitar 2.500-2.600 orang penumpang pesawat udara," katanya di Badung, Bali, Minggu (5/9).

Pada Jumat (3/9), harga untuk tes antigen di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sudah disesuaikan menjadi Rp 99 ribu dan disinyalir menjadi faktor naiknya jumlah penumpang di bandara. "Kemungkinan karena penurunan harga PCR dan antigen. Memang sejak pelaku perjalanan bisa menggunakan hasil antigen walaupun masih Jawa-Bali, itu sudah ada peningkatan," ujarnya.

Dia juga berharap, ke depan tren peningkatan jumlah penumpang di Bandara Ngurah Rai tersebut dapat terus berlanjut yang juga dibarengi dengan menurunnya kasus pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...