Perempuan Tangguh (PTI) Akan Lanjutkan Vaksin Massal untuk Disabilitas

Intan Nirmala Sari
5 September 2021, 20:28
Vaksin, Disabilitas, Covid-19, vaksin covid
Katadata/PTI

Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) mengadakan kegiatan vaksinasi massal Covid-19 bagi kaum disabilitas, pada Sabtu (4/9) di SMKN 15, Bandung. Aksi tersebut menyusul evaluasi pemerintah pusat yang menyatakan jumlah disabilitas yang divaksinasi di Jawa Barat baru 15%.

Ketua II PTI yang juga Ketua Panitia penyelenggara program vaksinasi massal tersebut, Hemasari Dharmabumi mengatakan jumlah penyandang disabilitas dengan identitas KTP Bandung mencapai 4.444 orang. Jika digabungkan dengan jumlah pendatang disabilitas, jumlahnya berkisar 7 ribu orang. 

Besarnya kebutuhan vaksin Covid-19 yang belum terpenuhi di kalangan disabilitas, PTI berencana untuk menggelar kembali vaksinasi massal untuk difabel pada pertengahan September 2021. Fokusnya, PTI Jawa Barat akan menyasar difabel dengan kategori 4P, yakni perempuan, pelajar, pesantren dan pekerja. 

"Kami berharap penyebaran dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) proporsional dengan banyaknya jumlah penduduk. Di Jabar ini, kami susah mendapat dosis vaksin, padahal kami sudah siap bergerak,” kata Hemasari dalam keterangan resminya kepada Katadata.co.id, Minggu (5/9).

Ketua PTI I Dede Radinal mengatakan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 38 juta orang dan yang memperoleh vaksinasi hingga saat ini masih jauh dari angka tersebut. Untuk itu, yayasan PTI berencana terus melanjutkan kegiatan vaksinasi di beberapa lokasi yang membutuhkan.

"Kami menyasar Jawa Barat yang serapan vaksinasinya masih sekitar 50% di bawah target jika mengejar 100% tervaksin di akhir 2021. Kami akan terus bekerjasama dengan pemerintah, komunitas, tenaga medis dan donatur-donatur yang bersedia mendukung gerak ini agar Indonesia cepat bertumbuh,” ujar Dede.

Kegiatan vaksinasi massal kemarin (4/9), PTI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bandung, Sesko TNI, Komunita Budha Tzu Chi, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat, Klinik Mawar, Relawan Youth Center Mitra Citra Remaja (MCR) dan donatur-donatur lainnya.

“Begitu antusias sambutan kaum disabilitas untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Ada 500 difabel dan 100 pendamping yang divaksin,” kata Hermasari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...