15 Makanan Khas Jawa Tengah dan Daerah Asalnya

Image title
9 September 2021, 13:35
Brambang asem merupakan makanan khas Jawa Tengah di Kota Solo
pariwisatasolo.surakarta.go.id
Brambang asem merupakan makanan khas dari Solo, Jawa Tengah

Kuliner Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti alam, sejarah, dan budaya. Dengan keragaman geografis dan budaya di seluruh nusantara, terbukti Indonesia kaya akan makanan khas.

Provinsi Jawa Tengah memiliki makanan khas yang cenderung manis atau tidak terlalu pedas, menggunakan bumbu bawang putih dan sedikit rempah, serta santan, menurut Dra. Wahyuningsih, M.Pd. dalam buku Pengolahan Makanan Nusantara.

Beberapa makanan ini mungkin sudah dikenal karena kepopulerannya. Ada pula makanan khas lain yang jarang diketahui. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut makanan khas Jawa Tengah dan daerah asalnya.

1. Bandeng Juwana

Olahan bandeng dengan tulang empuk ini berasal dari daerah Juwana di Kota Pati. Meski berasal, diproduksi, dan diproses di Juwana, makanan khas ini menjadi oleh-oleh populer yang dijual di Semarang.

Bandeng diolah dengan cara presto, yaitu cara memasak dengan uap air bertekanan tinggi. Bandeng dimasukkan ke dalam panci dan dikunci rapat-rapat. Durasi waktu memasak sekitar 45 - 60 menit.

2. Lumpia

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang (123RF.com)

Lumpia adalah makanan khas Semarang dengan varian lumpia goreng dan kukus. Isinya bervariasi, tetapi sebagian besar terdiri dari daging dan rebung. Hidangan ini disajikan dengan kecap manis fermentasi (tauco) atau saus bawang putih manis. Lumpia biasa dimakan bersama acar mentimun asam manis dan cabai.

3. Botok

Botok adalah masakan tradisional khas Jawa Tengah yang terbuat dari daging kelapa parut dan diperas santannya. Kelapa parut dicampur dengan cabai, garam, merica, kemangi dan daun salam.

Adonan kemudian ditaruh di atas selembar daun pisang lalu daun tersebut dibungkus rapat dan diikat dengan lidi, kemudian ditaruh di atas kapal uap. Botok paling sederhana biasanya menggunakan bahan yang murah dan mudah didapat, seperti tempe cincang, tahu atau ikan teri.

4. Nasi Ayam

Nasi Ayam adalah salah satu makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Nasi dimasak menggunakan bumbu santan, daun salam, serai, dan garam agar gurih. Sajikan nasi dengan ayam, telur, tahu, dan kuah santan.

5. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel (perpus.jatengprov.go.id)

Roti ganjel rel adalah makanan khas Jawa Tengah yang terinspirasi dari roti gambang Jakarta. Roti ini berwarna kecoklatan dan berbentuk persegi panjang dengan biji wijen, dengan adonan yang terbuat dari tepung, kayu manis dan gula aren.

Roti ganjel rel merupakan roti khas Jawa dan biasanya disajikan pada saat Dugderan, Ramadhan, Idul Fitri, dan acara Jawa lainnya.

6. Bongko Mento

Makanan khas ini berasal dari keraton Jepara. Bongko mento adalah makanan ringan yang dibungkus dengan daun pisang. Dalam gulungan telur dadar tersebut terdapat isian dada ayam suwir tumis yang dicampur jamur tiram, bihun, dan santan.

7. Lontong Krubyuk

Hidangan ini mirip dengan masakan lontong pada umumnya. Lontong krubyuk berasal dari Jepara dan terdiri dari lontong yang disajikan dengan suwiran daging ayam rebus, kemudian disiram kuah bakso dan ditaburi campuran taoge setengah matang dan irisan seledri.

8. Wingko

Wingko merupakan makanan khas Semarang yang sering dipilih sebagai oleh-oleh. Hidangan ini merupakan kue berbahan dasar beras ketan dan kelapa kering, dipanggang dan dijual hangat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...